DEBAT PEMIRA 2020 SECARA DARING, SERUKAN JANGAN GOLPUT


DEBAT PEMIRA 2020 SECARA DARING, SERUKAN JANGAN GOLPUT

Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) tiap tahunnya. Meski dengan adanya pandemi saat ini, kegiatan Pemira 2020 diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) berjalan lancar secara daring pada Kamis dan Jumat, 5 – 6 Juni 2020.

 

Acara debat online diikuti oleh 15 pasangan calon. Total tersebut terbagi menjadi dua paslon dari organisasi DPM KM dan 13 pasangan paslon Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari setiap fakultas di Udinus. Kegiatan Pemira terbagi pada menjadi dua hari, hari pertama dilaksanakan debat oleh DPM Keluarga Mahasiswa, BEM Fakultas Ilmu Budaya, BEM Fakultas Teknik dan BEM Fakultas Ekonomi Bisnis.

Sedangkan pada hari kedua debat dilakukan oleh paslon BEM Keluarga Mahasiswa, BEM Fakultas Ilmu Komputer, dan BEM Fakultas Kesehatan. Kegiatan debat online dilakukan sesuai aturan pemerintah dengan melakukan protokol kesehatan. Tentunya tidak melakukan debat secara tatap muka. “Kami selaku KPUR sudah mempersiapkan semuanya di jauh hari, kegiatan debat dan kampanye yang biasanya dilakukan dengan tatap muka kini harus dilakukan secara daring dengan menaati peraturan pemerintah,” ungkap Yoga Wahyu Riyadi selaku Ketua Umum KPUR.

 

Debat online dibagi menjadi enam sesi yang harus diikuti setiap paslon dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Sesi pertama dilakukan dengan pembacaan visi dan misi dari setiap paslon. Dilanjutkan dengan sesi kedua dan kelima diisi dengan sesi pertanyaan dimana pertanyaan tersebut berasal penonton  hingga paslon lainnya. "Pada sesi terakhir tiap paslon memberikan yal-yel atau jargon yang mereka miliki,” tambah Yoga.

Kegiatan yang dilakukan menggunakan platform zoom tersebut diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa Udinus. Tidak hanya itu, debat tersebut juga ditayangkan secara live melalui akun KPUR Udinus. Antusias yang diberikan penonton pada kedua platform tersebut terlihat sangat antusias. Hal itu terpantau dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari para penonton.

Rindra Yusianto S.Kom, MT selaku Kepala Biro Kemahasiswaan, berpesan pada seluruh mahasiswa Udinus untuk memilih pasangan unggulan mereka dan tidak golput. “Walaupun saat ini sedang di uji dengan adanya pandemi Covid-19 ini, tapi tidak menyurutkan semangat untuk tetap menyuarakan aspirasi secara online melalui siAdin Mahasiswa Udinus,” ujarnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto : Haris Rizky)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)