Kurangi abrasi di pesisir Kota Semarang, Universitas Dian Nuswantoro Semarang berikan 4000 bibit di kelurahan Mangunharjo. Ribuan bibit tersebut secara simbolik diberikan kepada kelurahan Mangunharjo di Aula Gedung E lantai 3.

Kegiatan Udinus Care Conservation  (UCC) menjadi agenda rutin bagi Udinus. Penyerahan secara simbolik dari Kelurahan Mangunharjo diwakili oleh Lurah Mangunharjo, Mohammad Khoirul Amir S.Sos dan penggiat pelestarian mangrove, Sururi. Sedangkan dari pihak Udinus diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM dan Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto S.Kom,MT dan Kepala Biro Akademik, Achmad Wahid Kurniawan, M.Kom. Terdapat perwakilan para mahasiswa baru dari berbagai fakultas di Udinus, yang ikut membantu jalannya kegiatan tersebut.

Dalam pidatonya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM menjelaskan pengikisan karena air laut dipesisir Kota Semarang semakin hari semakin parah, melihat hal itu Udinus fokus dan rutin untuk membantu memberikan bibit sekaligus membantu melakukan penanaman di daerah tersebut. Ungkap Kusni, Udinus sudah melakukan penanaman mangrove sejak tahun 2015 silam.

“Kami bekerjsama dengan pengelola disana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya akan mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi disana. Keesokan harinya perwakilan mahasiswa akan melakukan penanaman langsung namun tetap patuh dengan protokol kesehatan,”Ungkap dia.

Sementara itu, Lurah Mangunharjo, Mohammad Khoirul Amir S.Sos berterimakasih kepada Udinus yang rutin membantu memberikan bibit mangrove kepada Kelurahan Mangunharjo untuk mengurangi abrasi di pesisir Semarang. Ia berharap masyarakat juga membantu untuk merawat hutan mangrove di daerah tersebut.

“Jika menanam dan memberikan bibit sudah banyak, Udinus juga rutin membantu untuk merawat saya salut untuk Udinus. Setiap tahunnya kami membutuhkan 10 ribu hingga 50 ribu bibit,” jelasn dia.

Pemberian bibit mangrove sebagai satu diantara kegiatan dalam menyanmbut mahasiswa baru. Terdapat 3.857 mahasiswa baru yang terdiri dari 1841 mahasiswa dari Fakultas lmu Komputer (FIK), 859  mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 291 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 491 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES),  237 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) dan 138 dari pasca sarjana. Selain itu,terdapat 172 mahasiswa baru dari kampus Udinus Kediri dilantik dalam Dinus Inside kali ini secara daring.(Humas Udinus/Alex. Foto :Alex)