PEDULI DENGAN PESISIR KOTA SEMARANG, UDINUS AJAK MAHASISWA BARU MENANAM MANGROVE


PEDULI DENGAN PESISIR KOTA SEMARANG, UDINUS AJAK MAHASISWA BARU MENANAM MANGROVE

Peduli dengan keadaan alam di pesisir, puluhan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro Semarang melakukan penanaman 4000 mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang. Kegiatan Udinus Care Conservation  (UCC) menjadi agenda rutin bagi Udinus dalam menyambut mahasiswa baru.

UCC sendiri merupakan bagian dari rangkaian Dinus Inside 2020. Penyerahan secara simbolik dilakukan pada Rabu lalu, Kelurahan Mangunharjo diwakili oleh Lurah Mangunharjo, Mohammad Khoirul Amir S.Sos. Sedangkan dari pihak Udinus diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM dan Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto S.Kom,MT dan Kepala Biro Akademik, Achmad Wahid Kurniawan, M.Kom.

Proses penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa pada Dinus Inside hari terkahir (23/9). Para mahasiswa baru langsung dikoordinasi dan diarahkan oleh penggiat pelestarian mangrove di Mangunharjo, yakni Sururi.

Dalam pidatonya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM menjelaskan pengikisan karena air laut dipesisir Kota Semarang semakin hari semakin parah, melihat hal itu Udinus fokus dan rutin untuk membantu memberikan bibit sekaligus membantu melakukan penanaman di daerah tersebut. Ungkap Kusni, Udinus sudah melakukan penanaman mangrove sejak tahun 2015 silam.

“Kami bekerjsama dengan pengelola disana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya akan mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi disana. Keesokan harinya perwakilan mahasiswa akan melakukan penanaman langsung namun tetap patuh dengan protokol kesehatan,”Ungkap dia.

Sururi pada wawancaranya, mengungkapkan banyak dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan kembalinya fungsi hutan mangrove di daerah Mangunharjo. Satu diantaranya, para nelayan mudah untuk mendapatkan ikan dan tak perlu mencari ikan hingga tengah laut. Tak hanya itu saja, daratan di Mangunharjo kini telah bertambah panjang sekitar 150 meter dan lebar 600 meter.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit ini. Dampaknya positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Di lokasi ketiga penanaman mangrove sudah cukup berhasil dan sudah ada penambahan daratan,”ungkap dia.

Pemberian bibit mangrove sebagai satu diantara kegiatan dalam menyanmbut mahasiswa baru. Terdapat 3.857 mahasiswa baru yang terdiri dari 1841 mahasiswa dari Fakultas lmu Komputer (FIK), 859  mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 291 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 491 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES),  237 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) dan 138 dari pasca sarjana. Selain itu,terdapat 172 mahasiswa baru dari kampus Udinus Kediri dilantik dalam Dinus Inside kali ini secara daring.(Humas Udinus/Alex. Foto :Alex)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)