International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan wadah bagi para peneliti maupun dosen untuk saling bertukar gagasan dalam mengadapi digital distruption. Lebih dari ratusan peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Acara Isemantic 2020 bertemakan IT Challenges for Sustainability, Scalability, and Security in the Age of Digital Disruption’ dan diselenggarakan pada 19-20 September 2020. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembicara dari mancanegara maupun dalam negeri. Tiga pembicara tersebut yakni Prof. Zainal A. Hasibuan, PhD, Profesor di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Dr Nirmal Nair. BE, ME, PhD, Associate Profesor dari University of Auckland. Narasumber terakhir yakni Prof. Masanori Kakimoto merupakan Profesor di Tokyo University of Technology, Jepang. Pada Isemantic kali ini, kegiatan diadakan secara daring melalui zoom maupun youtube.

 

Ketua Isemantic 2020, Dr. M Arief Soeleman M.Kom mengatakan pemilihan tema yang menyinggung perkembangan teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi seluruh kalangan. Menurutnya gangguan digital bukan suatu hal yg harus dihindari, namun harus dihadapi. Ia juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memeprtemukan mahasiswa, profesional hingga peneliti di satu forum untuk membahas mengenai hasil paper.

 

Ia juga menjabarkan berbagai topic yang terdapat didalam Isemantic 2020. Topic tersebut yakni mengenai Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Listrik dan Elektronik, Teknologi E-computing, Teknologi untuk Studi Bahasa dan Sastra, dan Teknologi E-health.

 

“Melalui kegiatan ini dapat menemukan tren penelitian terbaru. Terdapat 111 paper yang akan dipaparkan dan telah diterima. Penerimaan paper itu sebelumnya telah dilakukan seleksi, dilihat dari kesesuaian dengan topic dan sebagainya,”jelas dia.

Ungkap dia, paper yang telah diterima nantinya akan dipublikasikan melalui Institute Electrical and Electronic Enginneers (IEEE) dan akan terindeks discopus.

“Scopus ini sangat diminati oleh peneliti, ilmuan dan professional. Kegiatan ini sangat ditunggu oleh para peserta,” ungkap dia.

Sementara itu, Prof. Masanori Kakimoto membahas mengenai perkembangan dunia teknologi grafik dan visual. Menurutnya perkembangan teknologi tersebut terus berkembang sangat pesat. Ia juga menjelaskan simulasi secara visual yang terdapat pada perkembangan teknologi grafik dan visual membantu manusia dalam melihat fenomena yang ada.(Humas Udinus/Alex. Foto :Alex)