DKV UDINUS KEMBANGKAN SKILL MAHASISWA MELALUI WORKSHOP DASAR 3D DESAIN


DKV UDINUS KEMBANGKAN SKILL MAHASISWA MELALUI WORKSHOP DASAR 3D DESAIN

“Perkembangan profesi 3D artist saat ini sangat kompetitif karena sangat dibutuhkan oleh advertiser. Banyak peluang bagi lulusan DKV yang ingin terjun dalam dunia 3D, yang terpenting adalah bagaimana kita mengembangkan karakter yang dibuat agar lebih kreatif dan menarik,” ujar Z.A. Setiawan saat memberikan materi dalam acara Workshop Pengenalan Dasar 3D Desain 2021.

 

Dalam pemaparannya, Setiawan mengatakan sebagai seorang 3D artist harus memiliki kreativitas tinggi sehingga perlu adanya referensi dari berbagai sumber, ia menyarankan kepada mahasiswa yang hadir dalam kegiatan workshop tersebut untuk terus menambah pengetahuan dan teknik dalam membuat 3D art maupun desain. 

“Menjadikan 3D art sebagai bagian dari promosi merupakan sesuatu yang telah marak dalam dunia advertising di era industri 4.0 saat ini. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan jasa pembuatan iklan 3D art, dan peluang tersebut sangat besar. Oleh karena itu, perbanyak wawasan dan carilah banyak referensi agar skill yang dimiliki dapat berkembang lebih baik,” ujarnya

 

Selain itu, ia juga memberikan penjelasan mengenai pemakaian aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang 3D artist, salah satunya adalah Blender. Dalam workshop tersebut, Setiawan mempraktikkan langsung dengan menggambar sebuah karakter melalui aplikasi Blender. Ia juga menegaskan kepada mahasiswa lulusan DKV untuk tidak berhenti mengeksplor kemampuannya dalam berbagai aplikasi. “Gunakan aplikasi yang menurut kalian sangat kalian pahami, lalu asah kemampuan kalian dengan baik,” lanjutnya.

 

Acara Winner #3 yang bertemakan ‘Pelatihan Dasar-Dasar 3D untuk Media Promosi’ ini merupakan acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang pada Sabtu, 24 April 2021 lalu. Selain dihadiri oleh Desainer Grafis dan 3D Artist serta sebagai Art Director Z.A. Setiawan sebagai pemateri juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., Ketua Prodi DKV Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D. serta 60 mahasiswa DKV Udinus.

 

Kegiatan tersebut merupakan acara tahunan yang rutin digelar oleh Himpunan Mahasiswa DKV untuk meningkatkan skill  tentang dunia desain.

 

Disamping itu, Dekan FIK Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., berharap dengan adanya workshop yang menghadirkan langsung pemateri yang berkompeten mampu memupuk semangat mahasiswa dalam berkreasi dan berinovasi. “Harapan saya, workshop ini mampu menambah wawasan dalam desain yang kreatif dan baru bagi mahasiswa. Serta menciptakan warna baru dengan porsi pengetahuan yang berbeda agar ilmu yang didapat semakin luas,” pungkas Guruh. (Humas Udinus/Nuvia. Foto: Humas Udinus)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)