TINGKATKAN JUMLAH WIRAUSAHAWAN MUDA, UDINUS RUTIN GELAR KULIAH UMUM


TINGKATKAN JUMLAH WIRAUSAHAWAN MUDA, UDINUS RUTIN GELAR KULIAH UMUM

Era modern, wirausawahan menyumbang peranan penting dalam kehidupan bernegara dan memiliki peluang luas, satu diantaranya yakni sektor ketenagakerjaan. Melihat peluang dan peranan tersebut, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terus meningkatkan jumlah wirausahawan muda Indonesia dengan menanamkan mindset berwirausaha kepada mahasiswa. (Senin, 7/06/2021)

 

Penanaman mindset tersebut dilakukan melalui kuliah umum yang diikuti lebih dari 4000 mahasiswa di Udinus. Acara yang memiliki tema ’Find Your Passion and Reach Your Success’, mengundang narasumber yang ahli di bidang wirausaha. Mereka yakni Kepala UPT Kewirausahaan dan UMKM Udinus, Dr. Nila Tristiarini, S.E., MSi, CSRA dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Dr. Lukman ST., M.Hum. 

 

Kedua narasumber itu, berbagi pengalaman dalam berwirausaha dan berbagai trik dalam memulai usaha. Selain itu, tips agar usaha mampu bertahan di masa pandemi, juga dibagikan oleh kedua narasumber tersebut. Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko,M.Kom juga turut memberikan sambutan dan memotivasi seluruh peserta yang hadir.

 

Pada kesempatan itu, Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Dr. Lukman ST., M.Hum mengutarakan bahwa dalam membentuk anatomi entrepreneur di generasi muda, harus mampu memaksimalkan indera yang dimiliki. Seperti indera penglihatan yang kita miliki dapat menjadi alat untuk mencari peluang dan mencari investor.

 

Ia mencontohkan, para mahasiswa mampu mengemas sebuah produk yang dianggap biasa menjadi luar biasa menjadi langkah membentuk anatomi entrepreneur. Selain membentuk anatomi tersebut,  mahasiswa juga harus terus meningkatkan kreativitas dan mampu berinovasi. Keduanya merupakan kunci utama menjadi entreprenuer sukses. 

“Saya tekankan mahasiswa harus berkolaborasi dengan berbagai mahasiswa dari program studi lain,” imbuhnya.

 

Menurut Lukman, mental sukses juga harus dimiliki oleh generasi muda untuk menjadi seorang entrepreneur. Terdapat empat mental sukses yang bisa ditanamkan kepada para mahasiswa agar menjadi entreprenuer muda yang sukses. Empat mental itu seperti  berani, tidak takut gagal, sabar dalam proses, dan selalu belajar hal baru. Ia juga menegaskan kepada mahasiswa bahwa berhenti malas dan mendidik diri sendiri untuk berjejaring, menjadi dua langkah yang harus dilakukan oleh mahasiswa.

“ Selain dua langkah itu, saya berpesan untuk para mahasiswa membuat rencana dan tentunya mulai untuk berani mengambil tindakan. Menjadi langkah yang harus ditempuh menjadi seorang entreprenuer muda yang berhasil,” Tegasnya.

 

Sementara itu, pada acara yang digelar secara daring mealalui aplikasi zoom tersebut, Kepala UPT Kewirausahaan dan UMKM Udinus, Dr.Nila Tristiarini, S.E., MSi, CSRA dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Dr. Lukman ST., M.Hum mengungkapkan bahwa Udinus memberikan tiga mata kuliah yang fokus pada entrepreneur. Tiga mata kuliah itu, yakni dasar entrepreneur, startup bisnis dan entrepreneur lanjut,  terdapat juga lomba creanovative dan student expo setiap tahunnya. Udinus juga memiliki prestasi dibidang entrepreneur, satu diantarnya Udinus masuk dalam 20 besar perguruan tinggi yang memiliki proposal paling banyak lolos di KBMI.

“Kita tidak kalah dari perguruan tinggi negeri lainnya. Selain itu, Udinus juga rutin dalam mencetak wirausahawan baru tiap tahunnya. Saya dan rekan-rekan di UPT Kewirausahaan Udinus juga rutin mendampingi mahasiswa dalam memulai usaha,” imbuhnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)