Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang lolos dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2021. Dalam program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikti Kemendikbud).

 

Bersaing dengan lebih dari 4900 perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Udinus bersama dengan 142 perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya berhasil mendapatkan dana setelah lolos dalam beberapa tahap seleksi, yaitu tahap evaluasi administratif, tahap evaluasi kualitas dan kelayakan proposal serta tahap verifikasi kelayakan yang dilakukan dengan visitasi daring.

 

Dengan adanya pendanaan dalam PKKM ini untuk tercapainya relevansi terhadap kurikulum perguruan tinggi dengan dunia industri dan bisnis. Dana tersebut diberikan agar perguruan tinggi mampu menunjang beberapa kegiatan kampus merdeka.

 

Ucapan selamat turut disampaikan oleh Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Ia juga memaparkan bahwa kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi terbesar, dengan mengeluarkan dana total kurang lebih 415 miliar yang disebarkan kepada perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berhasil lolos.

“Dalam kegiatan ini tercatat bahwa jumlah dana tertinggi didapatkan oleh PTS swasta, dengan persentase perbandingan sebesar 76,06 persen untuk PTS. Hal ini membuktikan bahwa kami tidak membedakan antara perguruan tinggi negeri dan swasta selama semua persyaratan mampu terpenuhi,” jelasnya.

 

Perguruan tinggi yang telah lolos nantinya akan diberikan beberapa paparan mengenai tidak lanjut apa saja yang harus dilakukan. Dari mulai sosialisasi terkait pengurusan dokumen kontrak dalam perjanjian pelaksanaan terhadap PKKM, pencairan anggaran sampai dengan pertanggungjawaban terhadap PKKM. Serta penjelasan mengenai Fitur Pemenang Hibah di Aplikasi PKKM yang semuanya dijelaskan oleh pihak Dikti Kemendikbud. 

 

Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh sivitas Udinus, tak terkecuali oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Menurutnya Udinus terus menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Ia juga berharap dengan lolosnya Udinus dan mendapatkan dana untuk PKKM ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan. 

“Semoga mampu memberikan motivasi juga bagi seluruh sivitas hingga mahasiswanya untuk memperoleh wawasan lebih luas lagi, baik itu di luar lingkungan kampus maupun diluar kampus dengan adanya program kampus merdeka ini,” harapnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)