UDINUS BANTU PEMKOT SEMARANG DALAM PERCEPATAN VAKSINASI COVID-19


UDINUS BANTU PEMKOT SEMARANG DALAM PERCEPATAN VAKSINASI COVID-19

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ditunjuk Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk dijadikan lokasi sentra vaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mendukung tercapainya herd immunity di Indonesia khususnya di Kota Semarang.

 

Vaksinasi Covid-19  bagi peserta di Udinus dilakukan di tenda wirausaha  yang dijadikan bilik-bilik untuk vaksinasi. Kegiatan tersebut berada di area gedung D dan E Udinus. Protokol kesehatan di Udinus dalam proses vaksinasi,  diterapkan secara ketat dan terdapat juga bilik disinfektan. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi SE,MM atau akrab disapa Hendi juga melakukan tinjauan langsung ke Udinus. Dalam tinjauannya, ia didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam dan juga Koordinator Sentra Vaksinasi Udinus, Mohamad Sidiq, S.Si, M.Kom.

 

Selepas melakukan tinjauan di Udinus, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi SE,MM menjelaskan bahwa Kota Semarang membuka beberapa sentra vaksin satu diantaranya di Udinus. Ia menargetkan terdapat 5000-6000 warga tervaksin setiap harinya. Tegas Hendi,  penyelesaian masalah pandemi covid-19 ini terdapat dua hal utama yakni vaksinasi dan protokol kesehatan yang ketat. Kami harapkan masyarakat patuh dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

“Ini menjadi kegiatan prioritas kami dan kami terus pantau kedepannya Walaupun sudah divaksin masyarakat harus tetap menerapkan prokes yang ketat,” tegas Hendi saat diwawancara.

 

Menurutnya, vaksinasi di Udinus telah berjalan dengan baik dan tentunya menerapkan prokes secara ketat.  Ia pun berterimakasih kepada tim relawan Udinus yang telah membantu dalam proses vaksinasi di Kota Semarang.

“Saya tadi sempat bertanya beberapa warga yang melakukan vaksinasi di Udinus, merasa nyaman dan saya lihat antrian juga tidak bergerombol. Udinus sudah menerapkan vaksinasi protokol dengan baik,” imbuhnya.

 

Udinus sendiri telah menyiapkan relawan-relawan vaksin untuk membantu lancarnya kegiatan vaksinasi. Setiap hari, mulai Senin 28 Juni 2021, akan siap sekitar 55 orang yang terdiri dari 20 mahasiswa Fakultas Kesehatan Udinus, tenaga kesehatan Udinus yang terdiri dari 1 dokter dan 1 perawat, dosen, karyawan, security dan relawan lainnya.

 

Mahasiswa yang akan bergabung dalam proses vaksinasi nantinya akan membantu mulai dari pengarahan alur vaksinasi hingga pengecekan pengecekan suhu. Sedangkan petugas yang akan menyuntikkan vaksin adalah tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jumlah tenaga kesehatan yang berasal dari Dinkes sendiri akan ada sekitar 8 orang.

 

Sementara itu, Koordinator Sentra Vaksinasi Udinus, Mohamad Sidiq, S.Si, M.Kom mengatakan bahwa Udinus telah siap untuk membantu Pemkot Semarang dalam menyediakan lokasi percepatan vaksin di Kota Semarang. Tenda-tenda dan perlengkapan telah siapkan untuk mendukung kenyamanan bagi peserta.

“Kami menerapkan protokol kesehatan serta alur vaksinasi, agar kondisi tetap kondusif dan tidak ada kerumunan,” jelasnya.

 

Pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksin Udinus akan dimulai setiap pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Vaksinasi di Udinus ini hanya untuk yang sudah terdaftar di victori.semarangkota.go.id danmereka yang hadir telah sesuai dengan undangan dari sms blast yang dikirimkan pada masyarakat. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)