Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar pertemuan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri bahas teknis kerjasama antar keduanya. Pertemuan tersebut, diadakan di Balaikota Kediri.

 

Pertemuan dihadiri sejumlah petinggi Udinus beserta sejumlah pihak dari Pemkot Kediri, di antaranya, Kepala Barenlitbang, Dinas Kominfo, Kabag Perekonomian dan Plt Kabag Umum. Kerjasama antara Udinus dengan Pemkot Kediri  terjalin sejak tahun 2020 dan berawal saat Udinus membuka cabang kampus di Kota Kediri. Awalnya, kerjasama antar kedua instansi pendidikan dan pemerintahan ini,  ditandai dengan pemberian beasiswa kepada lima puluh warga Kota Kediri.

 

Dilansir dari Tribunnews Surabaya, Kepala Barenlitbang Pemkot Kediri, Chevy Ning Suyudi, ST., MT menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Pemerintah Kota Kediri dengan Udinus dua minggu lalu. Pada pertemuan lalu, telah dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antar kedua belah pihak.

 

Pemkot Kediri menilai Udinus merupakan perguruan tinggi dengan kredibilitas sangat baik yang menyandang akreditasi A. Tambahnya, selain faktor akreditasi, Udinus juga dinilai telah berpengalaman dalam bekerjasama dengan Pemkot Semarang dengan hasil capaian yang baik.

 

"Ada beberapa pengembangan-pengembangan teknologi yang nantinya akan ada kerja sama antara Udinus dengan Pemkot Kediri, termasuk pendidikan, utamanya adalah perguruan tinggi. Walaupun Udinus masih baru di Kota Kediri, tetapi eksistensinya diakui  baik di Semarang, bahkan di Indonesia,” terangnya.

 

Sementara Direktur Dian Nuswantoro Teknologi, Mohamad Siddiq, S.Si., M.Kom., memberikan penjelasan bahwa dalam perguruan tinggi terdapat Tri Dharma, yang berisi salah satunya menjalin kerjasama dengan pihak manapun, dalam hal ini Pemkot Kediri.  Tak hanya bersinergi dengan Kota Kediri maupun Kota Semarang, Udinus juga telah berkolaborasi dengan Kota-Kota di Pantura, bahkan dengan Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa.  Menurutnya, masyarakat mengenal Udinus sebagai perguruan tinggi IT,  sebenarnya terdapat bidang lain di Udinus yang memiliki potensi untuk bekerjasama dengan masyarakat.

 

Berbagai bidang kerja sama yang telah direalisasikan Udinus, di antaranya kegiatan percepatan vaksinasi. Udinus turut membantu Pemkot Semarang dalam percepatan vaksinasi sebagai sentra vaksinasi.

“Kami berharap dapat meningkatkan kerjasama, sehingga potensi yang ada dalam Udinus dan Pemkot Kediri bisa sinergi, sehingga menjadi suatu kekuatan yang besar. Melalui kerja sama ini juga bisa saling meningkatkan baik layanan kepada masyarakat maupun kinerja masing-masing organisasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Humas)