LLDIKTI WILAYAH VI BERIKAN SK PADA JUMANTO ATAS CAPAIAN SEBAGAI GURU BESAR DALAM BIDANG ILMU LINGUISTIK


LLDIKTI WILAYAH VI BERIKAN SK PADA JUMANTO ATAS CAPAIAN SEBAGAI GURU BESAR DALAM BIDANG ILMU LINGUISTIK

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali raih prestasi baru, Prof. Dr. Drs. Jumanto, M.Pd baru saja terima Surat Keputusan (SK) Guru Besar dalam bidang Ilmu Linguistik. 
 
Dikarenakan keadaan pandemi, penyerahan SK tersebut diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah di Udinus. Tepatnya di gedung H lantai 1 Udinus, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pada Rabu, 15 September 2021. 
 
Kegiatan yang dilaksanakan secara luring juga dihadiri oleh para petinggi di Udinus. Antara lain Rektor Udinus yakni Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr. Supriadi Rustad, M.Si., Wakil Rektor II Bidang Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. St. Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt, CA. 
 
Selain itu dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Kusni Ingsih, MM dan Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom, beserta seluruh jajaran civitas di Udinus.
 
Sebelumnya, di sepanjang tahun 2020 Udinus juga telah mengukuhkan tiga Guru Besar yakni dalam bidang Ilmu Komputer, Ilmu Ekonomi Manajemen dan Ilmu Akuntansi. Dengan bertambahnya Guru Besar baru dalam bidang Ilmu Linguistik ini Udinus ikut berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. 
 
Dalam pidatonya selepas menerima SK Guru Besar, Prof. Dr. Drs. Jumanto, M.Pd menyampaikan bahwa pencapaian tersebut bagaikan mimpi. Telah menjabat sebagai lektor kepala sejak 1 Juli 2007, kemudian bergabung dengan Udinus pada tahun 2014. Sampai kemudian berhasil menerima SK Guru Besar dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu selama 14 tahun. “Predikat ini tidak pernah terbesit di pikiran saya dan semua hanya mengalir, tentu sebuah anugrah yang luar biasa dapat menyandang gelar profesor. Saya berharap prestasi ini dapat menjadi kontribusi untuk Udinus yang luar biasa,” ucapnya.
 
Dalam kesehariannya, Prof. Dr. Drs. Jumanto, M.Pd merupakan dosen Program Studi S-1 Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Udinus. Lahir di Pati, 01 Agustus 1968, Prof. Jumanto sudah menggemari dunia linguistik yang berfokus pada komunikasi fatis, sejak dirinya mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2006. 
 
Proses penyerahan SK diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA. Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan selamat kepada Prof. Jumanto dan juga Udinus atas capaian yang telah diperoleh. “Kami ucapkan selamat, sekaligus berterima kasih dan mengapresiasi atas kinerja dan capaian dari Prof Jumanto beserta Udinus yang sudah progresif dan terstruktur, dalam pembinaan sumber daya manusianya,” ucapnya.
 
Pada acara penyerahan SK yang dilaksanakan secara luring tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu, menggunakan hand sanitizer serta masker. 
 
Sementara itu, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom yang juga mengikuti prosesi menyampaikan, bertambahnya satu guru besar merupakan suatu momen yang harus disyukuri. Bertambahnya guru besar di bidang Ilmu Linguistik ini menjadi pemicu semangat pagi dosen lainnya. 
 
“Prof Jumanto merupakan guru besar ke 10 di Udinus, tentu ini akan menambah kekuatan kami di bidang pendidikan. Karena perguruan tinggi memiliki salah satu peran penting dalam keberlangsungan peradaban bangsa, utamanya di bidang pendidikan,” tutup Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. (Humas Udinus/Haris. Foto : Haris Rizky)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)