ROTARY CLUB SEMARANG BERIKAN BANTUAN 50 JAMBAN KEPADA FKES UDINUS


ROTARY CLUB SEMARANG BERIKAN BANTUAN 50 JAMBAN KEPADA FKES UDINUS

Fakultas Ilmu Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang lakukan serah terima dan penandatanganan MoU dengan Rotary Club Semarang Soegijapranata. 
 
Kerjasama berupa pemberian bantuan 50 jamban tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan (PHP2D) yang sebelumnya telah dilakukan oleh mahasiswa Fkes Udinus.
 
Kegiatan tersebut dilakukan secara luring di ruang rapat rektorat gedung G lantai 1, dengan mengikuti protokol kesehatan pada Kamis, 23 September 2021. Penandatanganan dilakukan antara pihak Udinus yang diwakili oleh Dekan FKes yakni Enny Rachmani SKM, M.Kom, Ph.D dengan pihak Rotary Club oleh Presiden yang menjabat yakni Ratna Tusita Santosa. 
 
Selain itu, juga dihadiri langsung oleh Dr. Kusni Ingsih, MM., selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, DR Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom., selaku Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, dan beberapa dosen FKes lainnya Serta District Governor Rotary District 3420 Indonesia, Cindy Bachtiar. 
 
Dalam sambutannya, Ratna Tusita menyampaikan bahwa visi misi yang dimiliki sejalan dengan FKes Udinus. Yakni menjalankan program pengabdian masyarakat untuk desa-desa yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan berupa pemberian tambahan 50 jamban yang akan diletakan di rumah warga sekitar. 
 
“Kami menyadari bahwa jumlah jamban yang diberikan masih terbatas, sehingga kami bantu dengan memberikan tambahan jamban. Karena upaya tersebut selaras dengan salah satu area bantuan yang Rotary Club miliki yakni Water and Sanitizer,” jelasnya. 
 
Cindy Bachtiar dalam kesempatan yang sama juga menambahkan bahwa berdasarkan survei, sekitar 25 juta warga masih belum mempunyai akses jamban dan air bersih. Banyak warga yang masih melakukan kegiatan MCK di sungai. 
 
“Dari permasalahan tersebut kami dukung sepenuhnya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Saat ini kami juga sedang menjalankan project 5000 jamban untuk seluruh warta Indonesia,” tambahnya
 
Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pengabdian masyarakat PHP2D. Dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (BEM FKES) kepada Desa Penadaran, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Berupa pembangunan Clean Water Project untuk filterisasi air bersih dari sungai. 
 
Dekan FKes, Enny Rachmani SKM, M.Kom, Ph.D juga menyambut dengan terbuka dari kerjasama tersebut. Jamban tersebut nantinya akan diberikan kepada warta Desa sebagai solusi terhadap keresahan penduduk yang mengalami keterbatasan air bersih dan juga jamban. 
 
“Semoga melalui kerjasama ini kedepannya kami bersama dengan mahasiswa mampu memberikan harapan yang lebih besar kepada masyarakat. Juga nantinya bisa lebih erat lagi untuk melakukan berbagai macam kegiatan di Udinus,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto : Humas Udinus).


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)