BERDAYAKAN DESA DI TEMANGGUNG, UDINUS LAUNCHING APLIKASI SI ADIT


BERDAYAKAN DESA DI TEMANGGUNG, UDINUS LAUNCHING APLIKASI SI ADIT

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang launching aplikasi ‘Si Adit’ dan greenhouse sebagai bentuk pembinaan dan pemberdayaan desa di Temanggung. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Teknik Informatika. 
 
Aplikasi ‘siAdit’ yang merupakan kependekan dari Sistem Agrobisnis di Temanggung, dapat digunakan oleh petani untuk memanajemen hasil produksi agribisnis. Selain itu dengan aplikasi tersebut para petani dapat memasarkan produknya secara online dan mencakup pasar yang lebih luas. 
 
Berbagai fitur juga diberikan di aplikasi yang dihasilkan oleh tim Prodi S-1 TI, satu di antaranya dapat memantau hasil transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Aplikasi ‘Si Adit’ terdapat tiga akun user yang berbeda, yang akan memudahkan pengguna saat melakukan transaksi. 
 
“Tiga akun yang ada di aplikasi yang kami rancang,  yakni  terdapat akun penjual, pembeli dan admin. Dalam perancangan sistem ‘Si Adit’, Kami membutuhkan waktu sekitar 3 bulan,” jelas Ketua Pelaksana PHP2D, Anendyo Ananto.   
 
Rangkaian kegiatan mulai dari pembinaan, pelatihan hingga launching aplikasi dan greenhouse masuk dalam kegiatan program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). PHP2D menjadi  solusi agar mahasiswa mampu mengembangkan softskill nya. Hal tersebut sejalan dengan gagasan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam pelaksanaan program PHP2D tersebut,  didukung oleh 13 mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan di Fakultas Ilmu Komputer (FIK).
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih MM mengatakan melalui teknologi agribisnis yang dirancang di pedesaan ini, dapat meningkatkan produksi pertanian di Temanggung. Mulai dari penjualan bibit, pupuk, obat dan peralatan agar nantinya dapat meningkatkan produktivitas petani di daerah tersebut. 
 
“Kami melihat bahwa komoditi kopi di Temanggung ini mampu memproduksi kopi-kopi yang berkualitas dan kami mencoba membudidayakan komoditi itu menjadi potensi untuk dijual. Selain itu, kopi juga sebagai alternatif komoditi tembakau untuk dijual oleh para petani di Temanggung,” Kata Kusni saat diwawancarai mengenai kegiatan PHP2D. 
 
Selain Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan, dari tim Udinus turut hadir Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom, MT., Kepala Biro Kerja sama dan Internasional, Dr. Ir Dwi Eko Waluyo, MM., Wakil Dekan FIK Sumber Daya dan Umum, Affandy M.Kom., Ph.D, Ketua Prodi S-1 Teknik Informatika, Dr. Muljono S.Si, M.Kom. 
 
Hadir pula, pembina PHP2D Filmada Ocky Saputra ,M.Eng., dan Galuh Wilujeng Saraswati, MCS serta tim PHP2D lainnya. Launching ‘si Adit’ dan peresmian Green House dibuka dengan Memorandum of Understanding dengan Balai Latihan Kerja Temanggung. 
 
Lurah desa Pagergunung, Sukarman berterima kasih atas bantuan yang diberikan Udinus dalam membantu Kabupaten Temanggung khususnya di daerah Pagergunung. 
 
“Kami sangat terbantu dengan adanya Program PHP2D yang dijalankan oleh tim Udinus. Kami harap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan produksi di daerah Pagergunung, Temanggung,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)