Program Studi D-4 Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ajarkan berbagai ilmu kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bawen. Ilmu yang diberikan mulai dari towel art, barista hingga memasak di laboratorium Pengelolaan Perhotelan Udinus. 
 
Berbagai praktek yang ditunjukkan oleh mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, selain memberikan pengetahuan juga sebagai sarana siswa untuk mengenal Udinus secara dekat. Terlihat para siswa SMKN 1 Bawen takjub dengan keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa dari Salah satu Prodi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus. Pada kesempatan itu juga siswa berkesempatan mencicipi beberapa hidangan yang disajikan oleh mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus. 
 
Pada wawancaranya, Kepala Program Perhotelan SMKN 1 Bawen, R. Widodo Pramukanto, S.Pd.Kn., M.M., memilih Udinus untuk tempat melakukan study tour, dikarenakan kompetensi yang dimiliki Udinus sesuai dengan keahlian siswa SMKN 1 Bawen di bidang perhotelan. Selain itu, fasilitas yang dimiliki Udinus khususnya di Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan juga lengkap dan mampu menunjang perkuliahan mahasiswa.  
 
“Melalui kunjungan ini kami ingin siswa kami  dapat mendapatkan referensi yang sesuai dengan program yang kini sedang mereka tempuh di SMKN 1 Bawen. Kami lihat juga fasilitas Udinus sangat mirip seperti di hotel dan sangat menunjang mahasiswa,” jelasnya.   
 
Selain study tour, terdapat penandatanganan kerja sama antar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus dengan SMKN 1 Bawen. Penandatanganan itu sebagai sarana untuk  pengembangan institusi melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi dan peningkatan kualitas antara dua institusi. 
 
Proses penandatanganan diselenggarakan di gedung E lantai 3 dan dilakukan oleh Perwakilan SMKN 1 Bawen, R. Widodo Pramukanto, S.Pd.Kn., MM dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Dr. Dra. Sri Mulatsih M.Pd. Kemudian selepas melakukan penandatanganan, siswa juga diberikan dilanjutkan ilmu mengenai public speaking dan pemaparan seputar Program Studi yang ada di Udinus.
 
Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Dra. Sri Mulatsih M.Pd., ucapkan selamat datang kepada siswa SMKN 1 Bawen yang telah melakukan study tour ke Udinus. Harap Wakil Dekan FIB Udinus, para siswa dapat mengenal lebih dekat Udinus khususnya Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan. Selain itu, mereka dapat juga mengenal berbagai fasilitas yang ada di Prodi tersebut. 
 
“Mereka juga diperlihatkan berbagai proses yang ada di dunia perhotelan di Udinus. Kami harap dengan study tour ke Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, kami harap kedepannya mereka dapat bergabung dengan kami,” imbuhnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)