Sesuai dengan Surat Edaran Wakil Rektor I BIdang Akademik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, seluruh mahasiswa Udinus akan memulai Pertemuan Tatap Muka (PTM) pada Senin, 13 Juni 2022 mendatang. 
 
Keputusan tersebut tertuang dalam surat No. 288/B.21/UDN-01/IV/2022 yang berisi tentang Edaran Pelaksanaan PTM serta Ujian Akhir Semester (UAS) Genap 2021/2022. Usai dua tahun mengikuti kegiatan belajar secara daring, sebentar lagi semua mahasiswa akan melakukan pertemuan ke 13 dan 14 secara luring hingga Sabtu, 2 Juli 2022.
 
Kemudian, untuk UAS Semester genap 2021/2022 juga akan dilaksanakan secara luring sepenuhnya, untuk semua mata kuliah mulai tanggal 4 Juli sampai 16 Juli 2022
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustard, M.Si., menegaskan surat tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil dari rapat koordinasi bersama Pimpinan, Tim PTM serta Satgas Covid Udinus. Ujarnya, keputusan itu juga sesuai dengan arahan dari LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah yang sudah mengizinkan kegiatan PTM secara penuh.
 
“Meski begitu, semua ketentuan PTM sesuai dengan kebijakan dari setiap fakultas. Nantinya setiap fakultas akan memberi informasi seputar mata kuliah mana saja yang akan dilakukan secara PTM,” jelasnya.
 
Berikut merupakan ketentuan yang dikeluarkan oleh masing-masing fakultas. Untuk Fakultas Ilmu Komputer PTM akan difokuskan untuk Program Studi (Prodi) vokasi D3 dan D4, sedangkan sisanya menerapkan full PTM dan Online sesuai dengan mata kuliahnya. Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, PTM diprioritaskan untuk kegiatan praktikum, sedangkan mata kuliah lain akan menyesuaikan dengan jumlah kelasnya.
 
Fakultas Ilmu Budaya juga memprioritaskan PTM untuk prodi vokasi D4, sementara prodi lain PTM akan menyesuaikan dengan mata kuliahnya. Sedangkan untuk Fakultas Kesehatan dan Fakultas Teknik sudah menerapkan PTM sepenuhnya untuk mahasiswa yang berdomisili di Kota Semarang. Untuk info lebih lanjut, mahasiswa dapat menghubungi ke kepala TU masing-masing fakultas.  
 
Prof. Supriadi juga menyampaikan untuk seluruh mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PTM wajib melakukan vaksin dosis 1, 2 dan juga booster. Menanggapi adanya PTM itu, Udinus juga menyediakan dosis vaksin booster untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum di Kota Semarang. 
 
“Langkah ini kami ambil supaya seluruh kegiatan PTM dapat berjalan dengan aman, harapannya vaksin booster dapat disebarkan secara merata untuk seluruh mahasiswa Udinus,” tambahnya.
 
Sebagai informasi, vaksin booster tersebut akan dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022 di kampus dengan akreditasi Unggul itu. Jenis vaksin yang disediakan akan menyesuaikan stok yang disediakan. Upaya ini merupakan kerja sama antara Udinus dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)