Ciptakan pemimpin yang berintegritas, cerdas dan berkarakter, Biro Kemahasiswaan (Bima) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) latih calon ketua Organisasi Mahasiswanya. Pada kegiatan Dasar Kepemimpinan (LDK) Refreshing Kepemimpinan VIII 2022, baru-baru ini. 
 
Pelatihan yang diikuti oleh 155 mahasiswa tersebut diikuti oleh calon ketua Organisasi Mahasiswa Udinus periode 2022/2023 dan Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) 2021. Dengan mengusung tema ‘Menumbuhkan Mental Berintegritas, Cerdas, dan Berkarakter Bagi Aktivis Udinus’. Seluruh peserta ikuti kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan di Bumi Perkemahan Kebon Polo Ungaran.
 
Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Bidang Minat Bakat Biro Kemahasiswaan Udinus, Valentina Widya, S. SS., M.Hum., melaporkan terdapat 73 Ormawa dan 82 Mahasiswa KIP-K Udinus yang ikuti pelatihan LDK RK 2022. Semua peserta dibagi menjadi 14 kelompok dan akan menyusuri 5 pos berbeda untuk menyelesaikan permasalahan dan games yang merujuk ke kepemimpinan. 
 
“Pelatihan di alam terbuka dengan latar outbond ini kami lakukan sebagai cara untuk mempererat solidaritas antar mahasiswa. Diharapkan mahasiswa bisa saling berkomunikasi, bersinergi dan bersama-sama menjadi pemimpin yang baik,” ungkapnya.
 
Dipenghujung acara, seluruh Tim Kemahasiswaan Udinus bersama panitia berkumpul untuk menyaksikan inagurasi yang ditampilkan oleh para peserta. Dalam momen tersebut seluruh peserta mengelilingi api unggun untuk mengakrabkan satu dengan lainya.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., menjelaskan untuk LDK RK 2022 ini merupakan versi ringan dari pelatihan yang rutin digelar tiap tahunnya. Walaupun tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya, namun materi dan pelatihan yang diberikan tetap sama. 
 
“Untuk tahun ini kami persingkat menjadi satu hari yang biasanya diselenggarakan tiga hari. Mahasiswa KIP-K juga kami libatkan agar mereka selalu ikut serta di kegiatan Udinus,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)