CIPTAKAN INOVASI ACCES, MAHASISWA FIK UDINUS AKAN MAJUKAN PERTANIAN DESA SIDOMAKMUR


CIPTAKAN INOVASI ACCES, MAHASISWA FIK UDINUS AKAN MAJUKAN PERTANIAN DESA SIDOMAKMUR

Ciptakan inovasi sistem Agribisnis Circullar Ecconomy Sidomakmur (ACCES) dan bangun Green House 15 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang majukan pertanian di desa Sidomakmur, Kendal. Inovasi tersebut juga berhasil meraih pendanaan dari Program Penguatan kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) sebesar 46 juta rupiah.

Kelima belas mahasiswa itu tergabung dalam satu organisasi yang sama yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK Udinus. Dalam program itu, selain berinovasi dengan sistem ACCES dan Green House, mereka juga merancang buku mengenai pengembangan kapasitas dan soft skill ormawa pada pertanian masa depan. Dalam menjalankan PPK Ormawa, BEM FIK Udinus diketuai oleh Xunduz Taffany Khansa dan dibimbing langsung oleh Dosen FIK Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs.

Ketua tim BEM FIK Udinus, Xunduz Taffany mengatakan inovasi yang dirancang oleh BEM FIK Udinus berangkat dari beberapa masalah yang telah dipantau sebelumnya. Masalah itu seperti Pertanian Buah Desa Sidomakmur terbengkalai karena tidak ada aktivitas pengunjung yang berujung menyebabkan penurunan harga produk. Selain itu, kurangnya kemampuan sumber daya manusia untuk pengelolaan potensi desa sehingga hasil pertanian kurang maksimal. Penerapan sistem ACCES hingga pembuatan Green House mampu menjadi solusi untuk memecahkan masalah itu.

“Melalui ide kami, nantinya dapat meningkatkan kembali potensi desa dan perekonomian masyarakat. Hal itu dengan menerapkan pertanian masa depan yang telah kami rancang,” kata Xunduz Taffany.

Ungkap Xunduz, BEM FIK Udinus telah membentuk beberapa divisi yang memiliki perannya masing-masing. Divisi tersebut juga dibentuk untuk menjalankan roadmap yang telah disusun, agar dapat menghubungkan antara pihak internal dan eksternal dengan baik.

Roadmap telah kami rancang dan hasilnya nanti akan membuat desa yang memiliki luas wilayah 1.394 hektar pertanian sebesar 100 hektar menjadi desa mandiri,” ungkap mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Udinus itu.

Dalam PPK Ormawa, BEM FIK Udinus mampu meraih pendanaan puluhan juta dari proposal berjudul ‘Pertanian Masa Depan Melalui Inovasi Agribisnis Taman Buah Desa Sidomakmur Menggunakan Prinsip Bisnis Circular Economy Berbasis Teknologi’. 

Pembimbing tim BEM FIK Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs., ungkapkan rasa bangganya atas capaian dari mahasiswa FIK Udinus yang proposalnya berhasil didanai. Capaian tersebut menjadi prestasi yang membanggakan, dimana mereka mampu mengalahkan ribuan tim dari seluruh Indonesia. 

“Mahasiswa akan terus kami arahkan sampai berhasil mengimplementasikan roadmap yang telah disusun. Harapannya capaian ini dapat memberi motivasi bagi mahasiswa FIK Udinus lain untuk ikut menyumbangkan prestasi yang membanggakan,” harapnya.

Pembuatan proposal merupakan kolaborasi anggota dari berbagai Prodi, dari Prodi S-1 Teknik Informatika Udinus yaitu  Aslam Thariq A., Hajir Rizky N., Achmad Dhany T., dan Satria Widiasmara. Dari Prodi S-1 Sistem Informasi Udinus yaitu Ivana Aurelia C., Monika Belva C., dan Septia Rizky R. Sementara dari Prodi S-1 Desain Komunikasi Visual Udinus yaitu Theodora Vinnie C., dan dari Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus yaitu Parahita Nareswari, Shabrina Khairu Z., Rassya Firliyanza V., Irfan Ghani S., serta Dewa Ayu P. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. BEM FIK)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)