MAHASISWA ILKOM UDINUS DAPATKAN ILMU PRIVASI DIGITAL DARI NARASUMBER INTERNASIONAL


MAHASISWA ILKOM UDINUS DAPATKAN ILMU PRIVASI DIGITAL DARI NARASUMBER INTERNASIONAL

Perluas wawasan seputar privasi di kehidupan digital, mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ikuti kelas daring. Kegiatan ‘Visiting Professor Class’ tersebut mendatangkan narasumber akademisi internasional asal India, Janaki Srinivasan, belum lama ini.
 
Pembicara yang merupakan Associate Professor di International Institute of Information Technology Bangalore (IITB) itu juga telah mempublikasikan penelitian internasional dan bekerja sama dengan National Science Foundation Pemerintah Amerika, Oxford University, Inggris serta Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Jerman.
 
Kelas daring bertajuk ‘Privacy in Digital Communication’ itu diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 130 mahasiswa tersebut membuka pandangan soal kurangnya kesadaran pengguna internet terhadap keamanan privasi digital.
 
Janaki dalam paparannya menjelaskan bahwa di dalam dunia digital terhadap sebuah ‘data’. Selanjutnya ketika dihubungkan dengan ilmu komunikasi, data bisa berupa chat, email, sidik jari, kartu identitas hingga voice note. 
 
“Sebagai agen perubahan mahasiswa harus sadar akan adanya keamanan privasi digital, pasalnya data-data tersebut sangat rentan dan dapat merugikan ketika disalahgunakan,” pesannya.
 
Permasalahan privasi bukanlah sesuai yang baru, jauh sebelum adanya era digital. Berkas-berkas penting seperti jaminan sosial hanya disimpan di dalam almari. Tanpa adanya keamanan khusus, metode penyimpanan tersebut menimbulkan permasalahan privasi. Seiring dengan perkembangan teknologi persoalan privasi tidak pernah lepas. 
 
“Contohnya CCTV sebagai sistem keamanan di tempat umum sekalipun menjadi kontroversi karena menimbulkan pelanggaran privasi ketika digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.
 
Visiting Professor Class yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Prodi S-1 Ilmu Komunikasi udinus diikuti dengan antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta disaat sesi tanya jawab. 
 
Ketua Prodi S-1 Ilkom Udinus. Dr. Rahmawati Zulfiningrum, S.I.Kom., M.I.Kom., menyampaikan bahwa ilmu komunikasi memiliki hubungan erat dengan media digital. Hal itu tentu tidak lepas dengan adanya isu privasi, yang harus lebih dipahami oleh mahasiswa. Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa bisa lebih sadar akan adanya permasalahan tersebut.
 
“Pembicara kelas internasional kami hadirkan untuk memperluas kacamata para pakar dunia. Visiting Professor Class nantinya akan menjadi agenda rutin untuk Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus dengan menghadirkan akademisi dan praktisi dari berbagai negara,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Ilkom)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)