JALIN KERJA SAMA, PRODI S-1 SASTRA JEPANG UDINUS JADI TUAN RUMAH UJI TES BAHASA JEPANG


JALIN KERJA SAMA, PRODI S-1 SASTRA JEPANG UDINUS JADI TUAN RUMAH UJI TES BAHASA JEPANG

Program Studi (Prodi) S-1 Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sepakati kerja sama, dalam rangka pelaksanaan tes kemampuan bahasa Jepang standar internasional J Test. Kerja sama itu dilakukan dengan PT. Andalan Global Media, secara online pada Jumat (5/8/2022).
 
Tes yang ditujukan untuk wilayah Jawa Tengah itu, dihadiri langsung oleh Kepala Prodi S-1 Sastra Jepang Udinus, Andy Bangkit Setiawan, Ph.D., yang didampingi Dr. Bayu Aryanto, S.S., M.Hum. Sementara itu dari pihak PT. Andalan Global Media diwakili Ramasari.
 
Usai melakukan perjanjian kerja sama, Andy Bangkit Setiawan, Ph.D., menjelaskan bahwa telah disepakati bersama, nantinya Udinus akan menjadi tuan rumah pelaksanaan J-Test. Ungkapnya, J-Test merupakan salah satu tes pengujian kemampuan bahasa Jepang yang telah diakui pemerintah Jepang langsung. Tidak hanya itu, sudah banyak perusahaan di Jepang yang percaya dengan tes tersebut.
 
“Pelaksanaan akan dilaksanakan di Prodi S-1 Sastra Jepang Udinus. Imbal baliknya, akan banyak kolaborasi pelaksanaan program yang dikhususkan bagi mahasiswa Sastra jepang Udinus,” ungkapnya.
 
Andy Bangkit juga berpesan, agar mahasiswa memanfaatkan momen ini untuk mengikuti tes tersebut. Harapannya dengan pelaksanaan uji kompetisi yang semakin sering, pengukuran tingkat kemampuan bahasa Jepang mahasiswa Sastra Jepang Udinus akan semakin baik. Serta meningkatkan kualitas lulusan yang menjadi semakin maju.
 
Dijelaskan, J-Test merupakan tes pengujian yang dilaksanakan 6 kali dalam satu tahun. Untuk tahun ini, sudah direncanakan akan berlangsung pada bulan Juli, September dan November mendatang. 
 
“Dengan adanya kerja sama ini, Prodi S-1 Sastra Jepang Udinus ditunjuk sebagai pelaksana 2 pengujian bahasa Jepang standar internasional. Kedua tes itu adalah J-Tes dan juga JLPT yang rencananya akan dilaksanakan bulan Desember mendatang,” tambah Andy Bangkit.
 
Sementara itu, Ramasari ungkapkan rasa terima kasih atas respon baik dari Udinus. Melalui kerja sama itu, ia berharap pelaksanaan tes kemampauan bahasa Jepang untuk kedepannya akan dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah disepakati.
 
“Semoga kedepannya akan ada banyak kolaborasi lain yang terlahir untuk PT. Andalan Global Media dan Udinus khususnya Prodi S-1 Sastra Jepang. Kami akan beruasha untuk memberikan yang terbaik selama J-Tes mendantang,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FIB)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)