Dosen Program Studi (Prodi) D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil masuk nominasi dalam ajang fotografi Internasional Bara Api 2022. Karya dari Deddy Award Widya Laksana, S.Pd., M.Pd ditampilkan dalam galeri Museum Haji Widayat Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. 
 
Pameran yang berlangsung selama sebulan penuh dimulai pada 23 Juli- 23 Agustus mendatang. Berbagai karya yang memiliki berbagai makna ditampilkan dalam pameran itu. Karya yang berjudul ‘Ritual Waisak di Borobudur’ tentunya memiliki makna tersirat didalamnya. Salah satunya, menggambarkan bahwa borobudur itu bangunan yang harus dijaga dan tentunya menawarkan keindahan. 
 
Deddy Award Widya Laksana, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa foto tersebut ia ambil pada tahun 2017 lalu, saat dirinya mengunjungi warisan budaya Indonesia yang masuk dalam 7 keajaiban dunia UNESCO. Ungkapnya, dirinya sering mengikuti lomba-lomba foto baik itu nasional maupun internasional. 
 
“saya tentunya berlomba untuk mengirimkan foto yang unik dan tidak dimiliki orang lain. Keindahan itu sudah biasa didalam sebuah foto, tetapi makna human interest didalam foto itu menjadi nilai tersendiri dari berbagai karya saya,” ungkapnya. 
 
Ia pun berharap melalui foto yang ia ambil, Deddy ingin menyampaikan bahwa Borobudur tidak hanya diambil dari sisi komersialnya saja, namun dari aspek lainnya seperti keindahan dan panoramanya. Ia pun berpesan kepada para mahasiswa maupun dosen yang memiliki hobi fotografi, harus mencoba untuk mengikuti berbagai lomba foto yang ada.
 
“Dosen tidak harus gengsi untuk megikuti lomba-lomba fotografi. Jika sudah hobi, kenapa harus takut untuk ikut ajang-ajang nasional maupun internasional. Selain itu, juga dapat menambah jejaring melalui lomba itu,” imbuhnya. 
 
Internasional Bara Api 2022 diikuti para fotografer dari berbagai negara, seperti Internasional Bara Api 2022. Terdapat 222 fotografer yang berpartisipasi dalam ajang itu dengan sekitar 2000 karya foto yang telah dikirimkan kepada panitia. 
 
Ketua Prodi D4 Animasi Udinus Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom mengapresiasi atas keberhasilan dosen Prodi yang ia pimpin mampu berprestasi di kancah internasional. Ia berharap dosen di Prodi-D4 Animasi lainnya dapat terus berprestasi. ‘
 
“Kami bangga dengan capaian dari dosen dan rekan kami yang mampu menembus ajang internasional,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Pribadi)