PRODI D-4 PENGELOLAAN PERHOTELAN UDINUS KEMBALI SABET JUARA NASIONAL


PRODI D-4 PENGELOLAAN PERHOTELAN UDINUS KEMBALI SABET JUARA NASIONAL

Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) D-4 Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali raih prestasi di kategori creative event proposal. Prestasi itu diraih oleh tim Nusantara Entertainment pada ajang Entrance of Portal To Hospitable Competition dan Seminar (EPHICS), pada bulan Juli ini.
 
Dalam lomba berskala nasional itu, tim Udinus berhasil meraih juara dua. Diketuai oleh mahasiswi Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, Veronica Halim, bersama dengan dua anggota mahasiswa lain dari prodi yang sama di dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, yakni Joseph Aldo Irawan dan Aji Kusumah Ramdhani.
 
Gadis yang akrab disapa Veronica itu menjelaskan dalam proposal yang disusun oleh tim nya mengusung nama ‘Caruban Festival 2023’. Sebuah ide acara berskala internasional yang mengusung keanekaragaman budaya di Cirebon. Jelasnya, nama itu diusung untuk menggambarkan keberagaman budaya di Cirebon, dari mulai Sunda, Jawa hingga Chinese. 
 
“Nama Caruban Festival kami ambil karena menggambarkan Kota Cirebon, aspek lain yang diperhatikan yaitu sponsor, tata letak dan juga alat transaksi selama bazar. Menggunakan picis, yaitu koin kas dari Kota di Provinsi Jawa Barat itu,” imbuhnya.
 
Salah satu anggota tim, Aji, menambahkan bahwa sebelum proses penyusunan tim nya melakukan background checking tentang budaya Cirebon. Sehingga semua ide yang dituangkan benar-benar sesuai dengan apa yang ada di Kota yang dijuluki Kota Udang itu. Rasa bangga ia ungkapkan setelah mampu bersaing dengan 10 peserta lainnya di hadapan Juri. 
 
“Kami sudah memberikan yang terbaik di harapan ketiga juri, yang semuanya merupakan orang asli Cirebon. Dari mulai budayawan, lalu perwakilan dinas pariwisata dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) asosiasi pemeran Cirebon menjadi juri lomba kali ini,” tambahnya.
 
Sebelumnya, prestasi di kategori serupa sudah dimenangkan tim Nusantara Entertainment, yakni juara pertama dalam ajang Hospitour Competition 2022.
 
Menanggapi capaian itu, selaku dosen pendamping, Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi, S.E., M.Mpar., ungkapkan rasa bangganya atas capaian dari mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus itu. Harapannya melalui proposal ide acara ini mahasiswa akan terdorong untuk menciptakan Event Organizer (EO) sendiri kedepannya. Dapat menurunkan ilmu-ilmu nya ke mahasiswa lain utamanya adik tingkat.
 
“Dukungan untuk lomba terus diberikan oleh FIB Udinus, mahasiswa benar-benar kami bimbing untuk mengoreksi kesalahan dari lomba sebelumnya dengah harapan meraih prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.
 
Sebagai informasi, EPHICS 1.0 merupakan event pertama yang diselenggarakan oleh salah satu  Politeknik Pariwisata di Kota Cirebon. Dengan mengusung tema ‘Adaptasi’, lomba digelar pada tanggal 4 - 7 Juli 2024 mendatang. Selain creative event proposal, terdapat kategori lainnya seputar pariwisata. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)