UDINUS LANTIK 4157 MABA, WAMEN ATR/PBN RI, WALIKOTA SEMARANG DAN KEDIRI BERI ILMU KEWIRAUSAHAAN KEPADA SELURUH MAHASISWA


UDINUS LANTIK 4157 MABA, WAMEN ATR/PBN RI, WALIKOTA SEMARANG DAN KEDIRI BERI ILMU KEWIRAUSAHAAN KEPADA SELURUH MAHASISWA

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dan Kediri lantik mahasiswa barunya yang tersebar dari seluruh provinsi di Indonesia. Lima mahasiswa perwakilan dari setiap fakultas yang ada di Udinus, hadir dan dilantik langsung secara simbolis oleh Rektor Udinus.
 
Mahasiswa Udinus yang dilantik secara simbolis dalam kegiatan Dinus Inside 2022 itu, mewakili 4157 mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023. Ribuan mahasiswa baru tersebut terdiri dari 1855 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 892 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 254 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 565 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES), 279 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT), dan 155 mahasiswa Pasca Sarjana. Selain itu, terdapat 157 mahasiswa baru di kampus Udinus Kediri. 
 
Ditemui usai melantik ribuan mahasiswa baru Udinus, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., ungkapkan apresiasinya terhadap kepercayaan masyarakat dari seluruh Indonesia kepada Udinus. Dari total 4157 mahasiswa baru di Udinus, diharapkan dapat mengikuti seluruh kegiatan kampus dengan atmosfer yang baik. 
 
“Ini sebagai bukti bahwa Udinus merupakan perguruan tinggi unggul yang dipercaya oleh seluruh masyarakat.Mari bersama-sama mempertahankan kepercayaan itu agar masyarakat semakin tenang untuk memilih Udinus sebagai tempat untuk menempuh pendidikan lanjut,” ungkap Rektor Udinus mengenai Dinus Inside pada tahun 2022 ini.
 
Dinus Inside 2022 kali ini diselenggarakan di Aula gedung E lantai 3, dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., dan Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerja Sama, Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom. 
 
Dalam acara tahunan itu hadir pula seluruh Dekan Fakultas di Udinus yang ikut serta melantik secara simbolis lima mahasiswa perwakilan dari seluruh fakultas di Udinus. Mereka secara simbolis mengenakan jas almamater dan menjadi pertanda bahwa telah resmi menjadi bagian dari civitas akademika Udinus. 
 
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (ATR/BPN RI), Raja Juli Antoni, Ph.D mengucapkan selamat dan berhasil bergabung di Udinus kepada seluruh mahasiswa baru. Menurutnya seluruh mahasiswa Udinus yang kini telah resmi dilantik dan bergabung di kampus yang memiliki kualitas Unggul, diharapkan mahasiswa baru harus mampu memanfaatkan waktu saat di dunia perkuliahan nantinya.
 
Dalam paparannya itu, Raja Juli Antoni Ungkapkan pada tahun 2045 diprediksi Indonesia akan menjadi 4 negara besar di dunia bersama China, India, dan Amerika Serikat. Beberapa syarat Indonesia emas pada tahun 2045 yang akan datang dapat terwujud, satu diantaranya sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 
 
“Saya berharap para mahasiswa baru Udinus jadilah gelombang generasi yang optimis dan nantinya mampu berkontribusi lebih bagi negara. Mahasiswa baru Udinus Persiapkanlah diri kalian dan kita bersama-sama akan menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045 yang akan datang,” pesan Wakil Menteri ATR/BPN RI, Raja Juli Anoni, Ph.D. 
 
Walikota Semarang dan Kediri beri ilmu kewirausahaan
 
Usai pelantikan, Seluruh mahasiswa baru Udinus tahun ajaran 2022/2023 juga mendapatkan kuliah umum agar mampu mewujudkan mahasiswa cerdas, berkarakter dan tentunya berintegritas. Kuliah umum tersebut menghadirkan Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko, M.Komdan Wakil Kota Semarang, Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. Selain itu,  Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, S.E.,turut yang hadir langsung ke Semarang untuk memberikan ilmunya kepada para mahasiswa baru Udinus.  
 
Saat ini hanya 3 persen mahasiswa lulusan S-1 tertarik berwirausaha,  hal itu sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada tahun 2015 sesuai yang dijabarkan  Wali Kota Semarang, Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. Namun dalam berwirausaha tak dapat bekerja sendiri, tentunya harus membutuhkan tim yang bertugas sebagai kreator, kontraktor, konektor, dan investor. Udinus sebagai kampus yang telah terakreditasi Unggul tentunya mengajarkan mengenai ilmu kewirausahaan kepada para mahasiswanya. 
 
“Berwirausaha menjadi cara terbaik untuk berkontribusi dalam mendorong kemajuan Indonesia emas 2045.  Kunci dasarnya menuju hal itu ada 3 yakni Komitmen, konsistensi dan Kolaborasi, tentunya para mahasiswa baru Udinus nantinya dapat menerapkan 3 kunci itu,” jelasnya.    
 
Sependapat dengan Walikota Semarang, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, S.E. mengatakan, saat ini peluang berwirausaha di Indonesia sangat terbuka lebar.  Berbagai kelebihan akan dirasakan oleh generasi millenial jika memilih berwirausaha, dua diantaranya pendapatan akan meningkat dan tentunya tak perlu berebut dalam mencari pekerjaan. Generasi muda Indonesia khususnya Udinus tentunya memiliki peluang besar untuk sukses di dunia wirausaha. 
 
Abdullah Abu Bakar juga membagi tips menjadi entrepreneur kepada para mahasiswa baru Udinus. Menurutnya, dalam berwirausaha, mahasiswa baru Udinus dapat memulai dari hal kecil dan mengembangkan rencana bisnis. Selanjutnya, bangun tim dan jaringan pertemanan untuk dapat mengembangkan usaha tersebut. 
 
“Mahasiswa yang ingin berwirausaha harus percaya diri, berani dan harus kreatif, tentunya setelah semua terpenuhi harus melakukan action. Dalam membuat produk, saya berpesan kepada mahasiswa baru Udinus, produk harus mampu bermanfaat untuk orang lain dan tentunya harus terus dikembangkan,” tutupnya.


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)