SIR TAHUN 2022, NOBATKAN UDINUS SEBAGAI PT TERBAIK KE ENAM DI JAWA TENGAH


SIR TAHUN 2022, NOBATKAN UDINUS SEBAGAI PT TERBAIK KE ENAM DI JAWA TENGAH

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil masuk sebagai Perguruan Tinggi terbaik keenam se-Jawa Tengah Versi Scimago Institutions Rankings (SIR) tahun 2022. Sementara itu, pada bidang Computer Science versi SIR tahun 2022,Udinus berhasil menduduki peringkat tujuh sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. 
 
Pencapaian membanggakan itu berasal dari  terdapat tiga indikator dengan bobot penilaian berbeda yang digunakan SIR untuk memeringkatkan universitas di seluruh dunia, yakni Penelitian (50 persen), Inovasi (30 persen), dan Kemasyarakatan (20 persen).
 
Untuk kategori penelitian, beberapa penilaiannya mencakup jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, High Quality Publications (Q1), dan jumlah publikasi berkualitas yang banyak mendapatkan sitasi publik. Untuk kategori inovasi, penilaiannya antara lain meliputi jumlah publikasi yang di sitasi dalam paten dan jumlah aplikasi paten yang dihasilkan sedangkan untuk kategori dampak sosial penilaiannya di antaranya melalui jumlah ‘mention’ publikasi di berbagai platform media sosial serta jumlah kunjungan ke website institusi.
 
Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi. Noersasongko, M.Kom., menjelaskan bahwa peringkat tersebut juga membuktikan Udinus mampu menjadi kampus maju yang mampu memanfaatkan teknologi, serta memiliki posisi yang baik di level nasional maupun internasional. Menurutnya, Udinus akan terus bergerak dalam mengembangkan berbagai inovasi yang bisa membantu masyarakat serta terus meningkatkan jumlah penelitian dosen. 
 
“Dengan peringkat yang dikeluarkan SIR,  juga mengukuhkan kedudukan Udinus sebagai PT terbaik ke enam di Jateng versi SIR. Kami akan terus meningkatkan kualitas dari Udinus dan menciptakan terobosan-terobosan yang berguna bagi masyarakat,” tegasnya.
 
Prof Edi mengungkapkan bahwa posisi tahun ini, merupakan hasil kerja keras Udinus di segala sektor. Lebih lanjut, pihaknya juga akan terus meningkatkan penerbitan jumlah paper dengan harapan mampu menjadi sebuah inovasi yang berguna.
 
“Dengan prestasi ini, kami berharap Udinus menjadi kampus yang terus berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Luaran terkait publikasi, penelitian, dan produk inovatif yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa Udinus, akan tetap terus ditingkatkan,” tutupnya.
 
Scimago Institutions Rankings (SIR) merupakan klasifikasi institusi akademis terkait penelitian yang diukur dengan indikator komposit serta visibilitas web. SIR dibentuk sejak 2009 telah menerbitkan peringkat internasional lembaga penelitian di seluruh dunia yaitu SIR World Report.
 
The SIR World Report merupakan salah satu pekerjaan dari SCImago Research Group, sebuah organisasi penelitian yang berbasis di Spanyol yang terdiri dari Spanish National Research Council (CSIC), University of Granada, Charles III University of Madrid, University of Alcalá, University Extremadura, dan lembaga pendidikan lainnya di Spanyol. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)