Bagi sebuah program studi (prodi) akan mendapatkan jaminan dari pemerintah bahwa prodi tersebut telah memenuhi standar mutu, jika telah ditetapkan akreditasinya oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKES) Indonesia . Tim asesor LAM PTKES mengunjungi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk melakukan visitasi lapangan di Prodi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK). 
 
Dua asesor dari LAM PTKES yang melakukan visitasi yakni Dedi Setiadi, SKM, M.Kes., dan Dr. dr. Bambang Hadi Kartiko, MARS. Pada kesempatan tersebut mereka melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium di FKes dan beberapa fasilitas di Udinus. Dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari prodi D-3 RMIK Udinus. Visitasi itu diadakan pada 21-23 September 2022 lalu. 
 
Dekan Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus, Enny Rachmani, SKM., M.Kom., Ph.D., menjelaskan bahwa  kehadiran tim BAN-PT merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang Prodi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) beberapa waktu sebelumnya. Kegiatan visitasi yang berlangsung selama 3 hari ini memeriksa kesesuaian borang yang dikirim D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Udinus. 
 
“Kami terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus, khususnya Prodi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK). Tim Asesor pada saat ini juga  melakukan pengecekan mulai dokumen kebijakan hingga monev dan sistem yang ada di Udinus,” tambah Enny Rachmani. 
 
Hadir pula Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) Udinus Nova Rijati, SSi., M.Kom., dan tim KPM Udinus, Dr. Drs. Agus Prayitno M.M turut mendampingi para dosen di Prodi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) menjalani visitasi akreditasi. 
 
Di akhir sesi tersebut, tim KPM Udinus, Dr. Drs. Agus Prayitno M.M mengapresiasi Prodi D-3 RMIK Udinus yang telah menyiapkan dokumen-dokumen secara baik dan rapi saat pengajuan hingga visitasi ini. Ia bersama tim KPM Udinus berharap hasil yang nanti diberikan oleh LAM PTKes dapat sesuai harapan dari seluruh civitas Udinus. 
 
“Kami harap proses akreditasi ini dapat meningkatkan kualitas di prodi dari masukan-masukan yang diberikan oleh asesor. Kami harap penjaminan mutu di setiap prodi tetap diperhatikan untuk mempertahankan kualitas Udinus yang telah Unggul,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)