Puluhan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang meriahkan kegiatan ‘Expo Orma 2022-2023’. Dalam kegiatan itu mahasiswa mendirikan stand yang dihias semenarik mungkin, berlokasi di halaman gedung D Udinus.
 
Kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Udinus itu berlangsung selama dua hari, mulai Rabu, 28 September 2022. Pada kesempatan itu, setiap ormawa menampilkan berbagai kegiatan dan aktivitasnya. Untuk menarik perhatian mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri dan menjadi bagian dari Ormawa Udinus. 
 
Sambutan diberikan langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., dan dibuka secara simbolis dengan dipukulnya gong oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. Hadir dan ikut memeriahkan Expo juga, Dekan bersama Koordinator Kemahasiswaan dari lima Fakultas yang ada di Udinus. 
 
Saat memberi sambutan, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., melaporkan dalam expo ini terdapat 31 UKM universitas dan 5 stand dari ormawa fakultas. Expo ini sebagai upaya ormawa dan UKM untuk menyaring anggota barunya masing-masing. Dengan adanya stand yang menarik diharapkan mahasiswa baru dapat tertarik untuk menjadi bagian dari kemahasiswaan Udinus.
 
“Melalui kegiatan kemahasiswaan sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Udinus, baik itu prestasi akademik maupun non-akademik. Diharapkan melalui expo ini mahasiswa baru akan berkesempatan untuk melihat lebih dekat minat bakat apa yang akan mereka tekuni,” ungkapnya.
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., berharap agar ormawa bisa memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin. Ungkapnya, seluruh peserta dari mahasiswa Udinus terlihat antusias dapat melihat langsung keunikan dari masing-masing stand. 
 
“Antara ilmu hardskill dan softskill harus didapatkan mahasiswa secara seimbang. Sehingga tidak hanya ilmu hardskill dari kelas saja yang harus dikuasai, namun banyak  ilmu softskill yang bisa dipelajari di kemahasiswaan,” tegasnya.
 
Sementara itu, Presiden Mahasiswa Udinus Aufa Marzuq Alwi, mengaku bahwa kegiatan ini sudah dinantikan oleh seluruh ormawa Udinus. Pasalnya untuk expo ormwa di tahun-tahun hanya diselenggarakan secara offline dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. 
 
“Sebelumnya expo bersamaan dengan masa orientasi mahasiswa yakni Dinus Inside. Senang akhirnya dengan kondisi yang semakin membaik kami para ormawa bisa kembali menularkan passionnya pada mahasiswa baru Udinus,” tutupnya.
 
Setiap ormawa yang menampilkan stand dalam kegiatan ini juga berkompetisi untuk memenangkan stand terbaik. Penilaian akan dilakukan langsung oleh tim kemahasiswaan dan akan diumumkan di hari kedua. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)