Seluruh Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dikenalkan dan dijabarkan terkait peluang kerja Negara Jerman. Mereka pun juga dikenalkan langsung mengenai sistem pendidikan yang terdapat di negara tersebut. 
 
Pada kesempatan itu juga, para mahasiswa juga diberikan informasi mengenai proses hingga budaya magang di Jerman. Kegiatan itu diadakan di Ruang Auditorium Gedung H lantai 7 Udinus. Seminar internasional itu menghadirkan tiga narasumber yakni Direktur Goethe Institute Indonesia, dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand, Dr. Stefan Dreyer. Selain itu, Turut hadir pula, Kepala Bagian Bahasa Goethe institute, Ulrike Dribner dan Asisten Program Kemitraan Pendidikan dan Pelatihan vokasi IHK Trier Jerman, M Reza Nurhardyansyah. 
 
Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus Dr. Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum., menjelaskan bahwa kegiatan Seminar internasional memberikan ilmu dan informasi yang berguna kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Udinus. Nantinya mereka dapat melihat peluang bekerja dan magang di Negara Jerman yang ternyata sangat luas dan kaya akan ilmu-ilmu baru. Dalam seminar ini mereka juga dijabarkan secara terperinci peluang-peluang yang dapat dicapai oleh mereka. 
 
“Kegiatan ini menjadi ilmu yang sangat berguna bagi para mahasiswa kami. Para mahasiswa akan mengetahui bagaimana peluang kerja di luar negeri yang ternyata sangat luas khususnya di dunia perhotelan,” imbuhnya. 
 
Wakil Rektor IV Bidang Riset dan kerja sama, Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T, M.Kom., pun menyambut baik dengan adanya seminar internasional dan kerja sama yang telah disepakati antara Udinus dengan Kadin Jateng. Nantinya Kadin Jateng dan IHK Trier akan menjembatani para mahasiswa untuk menempuh magang dan bekerja di Jerman. 
 
“Kami juga mengundang Goethe Institute untuk datang ke Udinus agar para mahasiswa kami tertarik untuk belajar di Jerman,”jelasnya. 
 
Kegiatan itu juga terdapat penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Udinus dengan  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah (Jateng). MOU tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset dan kerja sama, Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T, M.Kom., dan Ketua Kadin Jateng, Harry Nuryanto. 
 
Direktur Goethe Institute Indonesia, dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand, Dr. Stefan Dreyer mengaku senang melihat antusiasme dari para mahasiswa Udinus. Para mahasiswa yang ingin melakukan magang di Jerman wajib menguasai Bahasa Jerman.    
 
“Kami harap mahasiswa Udinus dapat melakukan magang dan bekerja di sana. Nantinya mahasiswa yang bergabung  melakukan magang hingga bekerja di Jerman akan berlangsung sekitar tiga tahun,”  tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)