Tim Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan serangkaian acara Workshop Pengolahan Pisang Oleh Badan Latihan Kerja (BLK) dan UMKM Omah Gedhang Ainun. Berlangsung di Balai desa Sidomakmur, Kabupaten Kendal pada Selasa, 27 September 2022. 
 
Serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Kegiatan itu diselenggarakan untuk warga desa Sidomakmur, Kabupaten Kendal pada Selasa, 27 September 2022. 
 
Kegiatan yang membangun softskill itu dijalankan oleh Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) BEM FIK Udinus. Pengabdian masyarakat yang dilakukan antara lain, Workshop Pengolahan Pisang yang disampaikan oleh Badan Latihan Kerja (BLK), dan UMKM Omah Gedhang Ainun, diikuti langsung oleh ibu-ibu PKK di desa Sidomakmur. Adapun peresmian green house serta bibit tanaman yang diberikan untuk petani di warga sekitar Sidomakmur. 
 
Workshop disambut dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., dan dilanjutkan oleh Perwakilan Kepala Desa Sidomakmur, Tri Listiana. Hadir pula Dekan FIK Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M., Dosen Pembimbing PPK Ormawa BEM FIK Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.CS., serta ketua pelaksana, Xunduz Taffany, serta seluruh anggota tim PPK Ormawa BEM FIK Udinus.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Kusni Ingsih, M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKK Ormawa merupakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mahasiswa. Ungkapnya, melalui program tersebut mahasiswa mendapatkan platform untuk mengasah softskill nya di masyarakat. Dengan harapan ketika sudah lulus nanti dapat terjun langsung di lingkungan masyarakat dan memberikan dampak yang positif. 
 
 
“Desa Sidomakmur sudah memiliki potensi yang bagus, sudah ada taman sehingga perlu dioptimalkan. Semoga dengan adanya kegiatan PPK dari mahasiswa kami, mutu lingkungan dan ekonomi warga akan meningkat sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana, Xunduz Taffany Khansa dalam kesempatan yang sama memaparkan bahwa kegiatan ini berperan penting dalam menjawab berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. PPK merupakan program yang di inisiasi oleh kemendikburistek, yang diikuti oleh ormawa dari universitas di seluruh Indonesia. 
 
“Program ini sudah kami mulai sejak bulan Juli lalu hingga bulan Desember mendatang. Melalui program ini kami juga mendapat kesempatan untuk belajar langsung dengan warga sekitar sebagai upaya memajukan perekonomian Desa,” ungkap mahasiswa angkatan 2020 itu.
 
Materi workshop disampaikan dua narasumber, yakni materi pertama disampaikan oleh Tri Ruwanto sebagai perwakilan dari Balai Latihan Kerja Kabupaten Kendal. Pada kesempatan itu dijelaskan berbagai manfaat pisang apabila diolah dengan tepat. Bagaimana sebuah olahan pisang akan memiliki nilai jual yang lebih ketika itu juga dikemas dengan manarik.
 
“Melalui pelatihan ini kami berharap warga Sidomakmur dapat memanfaatkan hasil panen mereka dengan lebih tepat, sehingga akan mendapat nilai jual yang lebih tinggi. Terlebih dengan adanya greenhouse dan juga bibit tanaman yang sudah diberikan,” ujar Tri Ruwanto.
 
Sementara itu materi selanjutnya disampaikan oleh Nuraeni dari UMKM Omah Gedhang Ainun. Menyampaikan sekaligus memberi contoh berbagai macam produk yang dapat dimanfaatkan dari olahan pisang. (Humas/Diandra. Foto: Humas Udinus)