Berikan ilmu mengenai proses bisnis industri maggot, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ikuti kuliah umum dan workshop.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang Serbaguna gedung I lantai 2 Udinus Semarang. Puluhan peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai prodi di FT Udinus, mengikuti kuliah umum secara langsung dan daring. Terdapat sekitar 20 mahasiswa yang mengikuti kuliah umum secara langsung dan sekitar 30 mahasiswa mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom . Kuliah umum dan Workshop yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, menghadirkan narasumber dari PT Biomagg Sinergi Internasional, Aminudi.  

Dalam penjelasannya di depan mahasiswa Chief Executive Officer (CEO) Biomagg Sinergi Internasional, Aminudi mengatakan maggot berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. Maggot mengonsumsi sayuran dan buah. Karenanya maggot sangat cocok digunakan dalam pengelolaan sampah organik. Menurut Aminudi budidaya maggot memiliki berbagai keuntungan.

“Budidaya maggot kami lihat memiliki keuntungan seperti dapat mengurai sampah,  tidak Berbau, menghasilkan Pupuk dan tentunya sebagai alternatif pakan ternak,” jelasnya.

Antusiasme dari peserta yang berasal dari FT Udinus sangatlah tinggi terlihat banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara dari PT Biomagg Sinergi Internasional.  Peserta juga dijelaskan secara detail manfaat-manfaat pentingnya serangga di kehidupan sehari-hari.

Wakil Dekan Fakultas Teknik Udinus, Dr. Ratih Setyaningrum MT berharap para mahasiswa FT Udinus mampu menyerap ilmu-ilmu yang diberikan oleh narasumber. Workshop tersebut sebagai sarana mahasiswa FT untuk mempelajari ilmu baru khususnya di bidang Supply Chain Management.

“Kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan secara rutin untuk menambah wawasan baru bagi  mahasiswa kami. Harapannya mereka akan mendapat ilmu bermanfaat sesuai yang diharapkan,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)