Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat mahasiswa dituntut untuk mengikutinya dari berbagai bidang, salah satunya mengenai paradigma pemasaran digital. Pemahaman itu diajarkan langsung oleh pakar digital marketing Dr. Aristeidis Gkoumas, dari United International College (UIC), Zhuhai, China, Kamis (6/10/2022).
 
Pemaparan itu disampaikan dalam ‘Internasional Guest Lecturer Series’, yang menghadirkan pemateri berskala internasional. Acara rutin digelar oleh Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang itu, kali ini mengusung tema ‘Principle and Paradigms of Digital Marketing’. Diikuti secara daring melalui platform zoom meeting oleh 116 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Keuangan. 
 
Dalam pemaparannya, Dr. Aristeidis Gkoumas membagikan ilmu seputar prinsip dan paradigma pemasaran digital. Ungkapnya, digital marketing merupakan sebuah usaha mempromosikan produk maupun jasa. Promosi itu dilakukan secara online dan memanfaatkan internet untuk mencakup pasar yang lebih luas. Internet sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang.
 
“Sementara marketing dalam hal ini bukan diartikan menjual barang atau jasa. Melainkan sebuah proses membagikan informasi seputar barang atau jasa yang ditawarkan,” jelasnya.
 
Secara garis besar materi disampaikan melalui ilustrasi di sektor olahraga dan hiburan yang saat ini memanfaatkan digital marketing. Dengan adanya pandemi Covid-19 digital marketing semakin dijamah banyak sektor.
 
“Di dua sektor itu digital marketing digunakan sebagai sarana promosi informasi berbagai produk, seperti tiket, sponsor, dan merchandise. Adapun jasa digital marketing seperti platform streaming untuk pertandingan olahraga,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Dekan FEB Udinus Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D., berpesan agar mahasiswa dapat menyerap semua ilmu yang diberikan oleh dosen pakar itu. Khususnya terkait pemahaman digital marketing, yang mana nantinya ilmu tersebut dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk terjun langsung di bidang yang serupa.
 
“Narasumber ahli berskala internasional memang rutin kami datangkan untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswa FEB Udinus. Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)