Melalui program kedaireka matching funds 2022, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, luncurkan aplikasi Sistem Informasi Homestay Borobudur Kampus Kreatif Udinus (Simbok-Ku). Jawab berbagai permasalahan mitra pengelolaan homestay di zaman modern di kawasan desa Candirejo, Kab. Magelang pada Senin (21/11/2022)
 
Launching yang bertempatan di Balai Mijin itu dihadiri oleh seluruh tim pengusul kedaireka, yang diketuai oleh Dra. Emik Rahayu M.Par. Bersama tim nya yakni Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi, S.E., M.MPar. Karis Widyatmoko, M.Kom dan Dr. Imang Dapit Pamungkas, S.E., M.Si., Ak., CA., CIBA., serta beberapa mahasiswa FIB Udinus lainnya. Kegiatan itu juga disaksikan langsung oleh Dinas Pariwisata Magelang, camat Borobudur dan juga masyarakat desa Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.
 
Ketua tim, Dra. Emik Rahayu M.Par., menjelaskan bahwa aplikasi dalam penelitiannya mencakup pemasaran hingga pembayaran homestay, yang semuanya dapat diakses secara online. Aplikasi berbasis website dan android itu juga menyediakan fitur pelaporan yang dapat digunakan oleh para pemilik homestay. Simbok-KU juga hasil kolaborasi dengan mitra PT Wimbo.
 
“Aplikasi ini kami rancang untuk menjawab permasalahan pengelola homestay di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan semua fitur di dalamnya, mereka dapat mulai mengikuti digitalisasi zaman khususnya pada bidang pariwisata,” jelasnya.
 
Peluncuran aplikasi diresmikan langsung oleh Dekan FIB Udinus melalui Wakil Dekan FIB Udinus Dr. Dra. Sri Mulatsih, M.Pd., yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, ia berharap aplikasi itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pengelola homestay di desa Candirejo, di Kota sejuta Bunga itu. 
 
“Penelitian kedaireka tidak hanya berhenti sampai peluncuran saja, kedepannya seluruh tim kami arahkan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh pengelola homestay. Pelatihan itu nantinya juga di support oleh mahasiswa FIB Udinus,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FIB)