MUDAHKAN DAN TINGKATKAN TRANSAKSI JUAL BELI IKAN AIR TAWAR, DOSEN D-3 TI UDINUS CIPTAKAN PASARIWAK.COM


MUDAHKAN DAN TINGKATKAN TRANSAKSI JUAL BELI IKAN AIR TAWAR, DOSEN D-3 TI UDINUS CIPTAKAN PASARIWAK.COM

Dosen Prodi D-3 Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro ciptakan inovasi startup e-marketplace www.pasariwak.com. Inovasi tersebut memberikan kemudahan dalam transaksi jual beli industri jual beli UMKM ikan air tawar.

Inovasi  yang mendapatkan dukungan Program Kedaireka Matching Fund Vokasi 2022 itu, diketuai oleh Dr. Fikri Budiman, beranggotakan Asih Rohmani, M.Kom., dan dibantu Edi Sugiarto, M.Kom. Selain itu, inovasi tersebut juga melibatkan para mahasiswa Prodi D-3 TI Udinus.

Dalam wawancaranya, Ketua Inovasi Pasariwak.com, Dr. Fikri Budiman menjelaskan bahwa bertujuan untuk memberikan kemudahan transaksi jual beli yang tidak terbatas ruang dan waktu pada industri UMKM budidaya ikan air tawar. Ungkap Fikri,  pada implementasi marketplace Pasariwak telah mendapatkan dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal.

“Marketplace yang kami ciptakan ini, dapat membantu para pembudidaya dalam mengatasi permasalahan dalam proses penjualan secara konvensional,” jelasnya.

Setelah mendapatkan dukungan dari Kepala DKP Kabupaten Kendal drh. Hudi Sambodo beberapa waktu lalu, tim Marketplace pasariwak memberikan workshop kepada pembudidaya ikan air tawar. Kegiatan itu diselenggarakan di laboratorium Komputer Udinus dan diikuti puluhan peserta.

Fungsional Kesehatan ikan dan lingkungan Bidang Produksi Perikanan DKP Kabupaten Kendal, Sri Budiningsih mengapresiasi atas inovasi Marketplace yakni pasariwak.com yang dirancang dan dibuat oleh Udinus. Ia pun berharap marketplace tersebut dapat menjadi media untuk memasarkan produk perikanan, benih hingga produk pakan. Menurutnya, Pelatihan kali ini sangat bermanfaat dan memberikan ilmu lebih kepada DKP Kabupaten kendal.

“Dari marketplace itu akan terjalin komunikasi antar penjual dan pembeli dan nantinya dapat meningkatkan penjualan ikan di Kabupaten Kendal. Keberhasilan dan keberlanjutan pasariwak.com ini membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem lewat sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder,"tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved