AJAK MASYARAKAT JAGA LINGKUNGAN, MAHASISWA PRODI S-1 ILKOM UDINUS KAMPANYEKAN GENERASI DIET PLASTIK


AJAK MASYARAKAT JAGA LINGKUNGAN, MAHASISWA PRODI S-1 ILKOM UDINUS KAMPANYEKAN GENERASI DIET PLASTIK

Penggunaan plastik sekali pakai dalam berbagai hal tentunya membuat simple dalam segi penggunaan, namun dampak yang ditimbulkan pun mampu merusak dan mencemari lingkungan. Hal itu yang kini menjadi sorotan bagi mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk terus mengkampanyekan gerakan ‘Generasi Diet Plastik’.

Gerakan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik, dilakukan di dua titik sentral Kota Semarang. Lokasi pertama dilakukan di Kota Lama Semarang dan lokasi kedua di Stadion Tri Lomba Juang. Kedua tempat itu, menjadi lokasi tempat masyarakat Kota Semarang maupun luar kota untuk berkumpul dan berolahraga. Gerakan dalam upaya mengurangi sampah plastik dilakukan pada 27-28 Desember 2022 lalu.

Ketua Gerakan ‘Generasi Diet Plastik’ yang juga mahasiswi dari Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus, Denisa Aulia Ramadhanti menjelaskan gerakan tersebut merupakan kampanye tentang lingkungan dengan fokus sampah plastik. Kampanye itu bertujuan agar orang-orang disekitar dapat mengurangi jumlah penggunaan plastik sekali pakai. Salah satu gerakan utama yang dilakukan adalah turun langsung ke jalan untuk memberikan edukasi. Selain edukasi, mereka juga memberikan challenge kepada orang yg belum menggunakan plastik dan kemudian diberikan apresiasi berupa voucher.

“Masyarakat yang ikut dalam challenge ini, wajib memposting foto di snapgram menggunakan filter generasi diet plastik yang telah kami buat di media sosial. Mereka juga wajib  menunjukkan barang seperti tote bag, tumblr berbahan stainless steel dan segala benda yang tidak berbahan plastik  yg mengurangi sampah plastik,” jelasnya.

Kampanye itu beranggotakan 7 anggota dan diketuai oleh Denisa Aulia Ramadhanti. Ketujuh anggota itu yakni Shah Jeyhan M, Alif Akbar Imron, Ardelia Salsabila, Nabilla Iria Aqza , Gracea Dwi Onesiana , Retno Cahyaningrum dan  Cantika Putri Prihastini. Mereka pun didampingi secara langsung oleh dosen Prodi S-1 Ilmu Komunikasi, Heni Indrayani M.I.Kom.

Sementara itu, Heni Indrayani M.I.Kom berharap melalui kampanye yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi S-1 Ilkom Udinus,  mampu meningkatkan aware dari masyarakat terhadap langkah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Melalui campaign ini, kami menggugah kesadaran dari masyarakat agar mulai mengurangi penggunaan plastik. Harapan kami, mereka hadir di dua lokasi itu,mampu teredukasi dan mengajak rekan-rekan lainnya untuk mengganti plastik dengan produk yang bisa digunakan kembali,” tutupnya.  (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved