AJANG ITC DI DINUSFEST 2023, AJAK SISWA SMA/SMK KEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEPUTAR TEKNOLOGI


AJANG ITC DI DINUSFEST 2023, AJAK SISWA SMA/SMK KEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEPUTAR TEKNOLOGI

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan wadah bagi pelajar SMA/SMK dan mahasiswa untuk mengasah keterampilan di bidang teknologi. Hal ini diwujudkan melalui IT Competition (ITC) yang diselenggarakan pada 18-19 Januari 2023.

Tahun ini, ITC mengusung tema 'Technology Enrich Your Creativity and Build Your Capability'. Kompetisi tersebut diikuti oleh puluhan peserta yang menunjukkan bahwa tingginya animo dari pelajar. Terdapat dua bidang lomba di ITC yaitu lomba cerdas cermat dan web development. Pada lomba web developement, peserta diharuskan membuat website sesuai tema dengan kreativitas mereka masing-masing lalu dipresentasikan di depan dewan juri.

Ketua pelaksana ITC 2023, Dwi Prakoso menjelaskan terdapat beberapa tahapan di lomba cerdas cermat. Tahapan itu dimulai dengan tahapan penyisihan yang berlangsung dua kali, semifinal, dan tahap akhir yaitu final.

“Pada tahap penyisihan, kami menggunakan website yang sudah disiapkan. Sedangkan untuk tahap semifinal dan final, diadakan secara offline," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan terdapat perbedaan dari ITC tahun ini dengan tahun sebelumnya. Baik dari segi metode pelaksanaan, maupun jenis perlombaan. Pada Tahun ini, lomba ITC diselenggarakan di ruangan yang terbilang baru di Udinus, yaitu Workspace gedung H lantai 6. Jenis yang dilombakan pun terdapat perbedaan.

“Tahun lalu diadakan LCC dan bisnis TIK. Sedangkan tahun ini Bisnis TIK ditiadakan dan sebagai gantinya diselenggarakan lomba Web Development," tambahnya.

ITC tergabung dalam rangkaian kegiatan Dinusfest 2023 yang dilakukan secara offline, setelah tahun sebelumnya mengalami masa pandemi.

Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T. berharap Dinusfest 2023 dapat memberikan manfaat dan kesan yang baik untuk seluruh peserta. Pada tahun 2023, jumlah peserta juga mampu membludak hingga berjumlah 5124 peserta.

“Semoga, ini dapat menjadi titik balik diadakannya event-event besar yang bermanfaat di Udinus secara offline. Kami harap ajang Dinusfest mampu menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan dan tentunya peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas,” tutupnya.

Universitas Dian Nuswantoro sebagai kampus IT berakreditasi unggul, akan selalu memberikan wadah bagi mahasiswa dan khalayak umum untuk berinovasi serta mengasah keterampilan terutama di bidang teknologi. (Wtdn/Ika. Foto: Dok. HMTI Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved