D’COMBE 2023 SEBAGAI PLATFORM UNTUK PELAJAR SMA/SMK SAMPAIKAN PEMAHAMAN DI BIDANG TEKNOLOGI KEDOKTERAN


D’COMBE 2023 SEBAGAI PLATFORM UNTUK PELAJAR SMA/SMK SAMPAIKAN PEMAHAMAN DI BIDANG TEKNOLOGI KEDOKTERAN

Himpunan Mahasiswa Teknik Biomedis (HMTB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengajak para pelajar SMA/SMK sederajat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis di bidang teknologi kedokteran. Melalui kegiatan Debate Competition Biomedical Engineering (D'Combe) yang berlangsung di Aula Auditorium gedung H lantai 7 Udinus pada Kamis, 19 Januari 2023.
 
Tema yang diusung tahun ini adalah 'Inovasi dan Perkembangan Teknologi Kedokteran di Era Digital'. D’Combe dilaksanakan secara berkelompok, dengan setiap timnya berisikan 3 peserta. Kompetisi itu diikuti oleh puluhan peserta dan berlangsung dengan antusias, terlihat dari banyaknya perdebatan yang berlangsung antar tim. 
 
Rivaldo Ariobimo Harjanto, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Biomedis (HMTB) Udinus  menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam ajang ini. Tahapan tersebut dimulai dari babak eliminasi, semifinal, dan babak akhir yaitu final. Di setiap tahapannya seluruh tim harus mengikuti 2 sesi yakni sesi pertama menyampaikan argumentasi dan adu debat yang berdurasi 18 menit. Sementara di sesi kedua setiap tim akan menyampaikan kesimpulan dalam durasi 1 menit 30 detik.
 
“Dalam ajang ini setiap juri menilai pada kefasihan debater dalam menyampaikan materi, serta pemahaman mereka terhadap paparan yang disampaikan. Selain itu, sikat ketika depat dan isi yang disampaikan juga menjadi bahan penilaian juri,” jelasnya.
 
D’Combe 2023 menjadi dangkaian kegiatan acara tahunan Udinus yakni Dinusfest. Pada kompetisi ini setiap tim akan memperebutkan tiga juara umum dan satu pembicara terbaik. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat, piala dan uang pembinaan.
 
“Semoga melalui kegiatan ini kami dapat memberikan platform bagi siswa SMA/SMK sederajat untuk lebih memahami dunia teknologi kedokteran, yang semakin waktu semakin pesat perkembangannya,” harap Rivaldo
 
Dinusfest merupakan acara tahunan yang rutin diadakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Di dalamnya terdapat berbagai perlombaan. Tahun ini, rangkaian kegiatan Dinusfest dilakukan secara offline dengan meriah. Nantinya, pada closing ceremony di tahun ini akan menghadirkan guest star artis ibukota yang dijadwalkan pada tanggal 29 Januari 2023 mendatang. (Wtdn/Ika. Foto: Dok. HMTB)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved