Universitas Dian Nuswantoro gelar Dinusfest 2023, seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ikut serta memeriahkan acara tersebut dengan mengadakan berbagai lomba. Paskibra Udinus mengadakan Loptasiku 7 dengan tema ‘Gagah Layaknya Gatot Kaca, Tangguh Layaknya Garuda Dalam Keselarasan Bhineka Tunggal Ika’ 

Acara yang digelar secara luring ini diikuti oleh 20 tim dari SMA/SMK se-Indonesia. Ajang itu setiap  peserta melakukan baris berbaris dan berbagai gerakan formasi lainnya. Pada Loptasiku ke 7 terdapat beberapa penilaian yakni PBB (Peraturan Baris Berbaris), hingga Best Costume. Loptasiku 7 diadakan pada 22 Januari 2023 lalu. 

Dalam wawancaranya, Ketua Pelaksana Loptasiku 7, Anissa Dewi Safitri menjelaskan Kegiatan ini dilaksanakan  agar membawa generasi muda berkreativitas dan berkarakter dalam hal baris berbaris. Selain itu sebagai wadah penyalur aspirasi dan pengembangan bakat dibidang PBB.

“Tujuan acara ini sendiri untuk membantu siswa SMA/SMK untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam paskibra. Menggali lebih dalam bakat dan minat mereka agar mampu dikembangkan lebih jauh lagi,” jelas Anissa.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih M.M., menyampaikan bahwa Dinus Festival (Dinusfest) sebagai ajang para siswa SMA/SMK sederajat untuk unjuk diri dan bersaing secara sportif. Selain siswa SMA/SMK juga terdapat peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa.  Ungkap Kusni, lebih dari 63 kategori lomba, pada tahun ini Dinus Festival diikuti oleh 5124 peserta.

“Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Di sinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba,” kata Wakil Rektor III Udinus.

Selain olahraga, Dinusfest 2023 juga dimeriahkan oleh perlombaan lainnya dari mulai bidang seni maupun penalaran. Mereka juga akan dihibur oleh artis ibukota di pada kegiatan closing ceremony tanggal 29 Januari 2023 mendatang. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)