550 PESERTA BERLOMBA REBUTKAN JAWARA DI UDINUS PENCAK SILAT CHAMPIONSHIP 2023


550 PESERTA BERLOMBA REBUTKAN JAWARA DI UDINUS PENCAK SILAT CHAMPIONSHIP 2023

550 atlet silat bertanding merebutkan menjadi jawara dalam ajang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Pencak Silat Championship 2023. Ajang tersebut mempertandingkan tiga jenjang mulai dari SD, SMP dan SMA.

Ajang Udinus Pencak Silat Championship tahun ini,  diselenggarakan di Udinus Sport Center (USC) dan diselenggarakan pada 23-26 Januari 2023.  Komunitas Silat Udinus menjadi penggagas kegiatan akbar tersebut. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan udinus, Dr. Kusni Ingsih , MM, Perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA)  Kota Semarang, Basuki Suprapto dan Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang, Zulkifli.   

Ketua Komunitas Silat Udinus, Eko Prasetyo menjelaskan bahwa Ajang akbar yang baru digelar pertama oleh Komunitas Silat Udinus melibatkan beberapa kabupaten Kota dan Kabupaten di jawa Tengah. Menurut Eko, ajang tersebut digelar perjenjang pendidikan sebagai langkah untuk pembibitan atlet-atlet silat sejak dini. Ia pun tak menyangka antusiasme yang luar biasa ditunjukkan oleh masyrakat terhadap ajang tersebut.

“Kami adakan ajang tidak hanya untuk SMA saja, supaya para pesilat yang masih duduk dibangku SD, maupun SMP dapat melihat jenjang karirnya di cabor silat kedepan. Mereka nantinya jika di bangku SMA tetap melanjutkan mendalami silat, kemampuannya akan lebih matang lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang, Zulkifli pun berterimakasih terhadap Udinus telah melakukan satu diantara  bentuk pembinaan kepada atlet Kota Semarang, dengan menggelar Udinus Pencak Silat Championship 2023.  Kegiatan tersebut juga sebagai wadah dan kaderisasi atlet-atlet baru di cabang olahraga pencak silat di Jateng khususnya Kota Semarang.

“Tentu akan ada bibit-bibit baru yang bermunculan. Kami harap tiap tahun kegiatan ini akan rutin digelar dan IPSI Kota Semarang akan siap membantu,” tegasnya.

 

Dinus Festival Diikuti 2023 Diikuti 5124 Peserta

Udinus Pencak Silat Championship 2023 menjadi salah satu cabang lomba yang ada di Dinus Festival (Dinusfest) 2023.  Pada tahun ini, terdapat 5124 peserta yang ikut serta dalam menyukseskan gelaran tahunan dari Udinus tersebut. Jumlah tersebut tersebar ke dalam 63 cabang lomba mulai dari jenis lomba olahraga hingga penalaran. Dinusfest dibuka pada 18 Januari 2023 dan ditutup pada 29 Januari mendatang.

Pada Prosesi pembukaan Dinusfest, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M turut menyambut baik dengan kembali digelarnya Dinusfest. Sebagai wadah bagi mahasiswa untuk membangun karakter mereka baik di bidang olahraga, seni dan juga penalaran. Selain itu, Peserta pun tersebar dari seluruh nusantara, seperti Medan, Makassar, Pontianak, Denpasar, Jakarta, Surabaya dan juga Semarang. Total peserta pada Dinusfest tahun ini pun meningkat drastis jika dibandingkan pada masa pandemi dua tahun lalu.

“Kami memberikan wadah untuk pelajar agar dapat berkreatifitas melalui kompetisi yang adil. Sehingga tidak hanya pengetahuan umum saja dari dalam kelas, namun otot dan juga hati perlu diasah melalui kegiatan ini,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


 

 

 

 

 

 

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved