Bisnis kuliner kini makin diminati dan dijadikan salah satu alternatif berwirausaha. Menangkap peluang ini, di ajang Dinusfest 2023 Himpunan Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), menggelar lomba memasak atau cooking competition antar siswa SMA/SMK/sederajat di gedung G lantai 4. 
 
Tempat penyelenggaraan cooking competition ini merupakan laboratorium Lolahot Udinus yang nantinya dapat dimanfaatkan para mahasiswa untuk berpraktek langsung mengenai dunia perhotelan. Selain cooking Competition terdapat juga Making Bed And Towel Arts dan Video Creative. Kedua lomba tersebut dilangsungkan secara daring berbeda seperti lomba Cooking competition yang diselenggarakan luring. Pada ajang yang bernama Hospitality Competition, diikuti puluhan peserta dari berbagai SMA/SMK.
 
Ketua Umum HM Pengelolaan Perhotelan, Genta Bernard Mahardika  menjelaskan bahwa lomba  yang digelar oleh HM Pengelolaan Perhotelan sebagai cara memberikan pelatihan sekaligus berkompetisi di bidang perhotelan. Selain itu juga, sebagai langkah dalam mempromosikan program studi D-4 Lolahot Udinus.  Tak hanya itu saja, mereka secara tak langsung mampu mengenal berbagai macam fasilitas yang dimiliki.
 
“ Hospitality Competition 2023 menjadi salah satu program kerja kami dan kami melihat antusiasme dari peserta juga meningkat. Kami juga hadirkan para juri yang berkompeten di bidangnya,” tutur Genta.  
 
Sementara itu, sesuai dengan pidato pembukaan Dinusfest 2023, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., berharap melalui ajang ini Udinus dapat menggali bibit-bibit unggul lain. Untuk memperkuat almamater Udinus dan juga kontingen Jawa Tengah maupun Indonesia. Sesuai dengan data, peserta yang ikut dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan masyarakat umum yang ikut juga tersebar dari seluruh penjuru Nusantara.
 
“Dengan adanya bibit-bibit baru, Udinus akan sangat mengapresiasi mereka. Untuk para atlet yang meraih prestasi di kancah nasional dan internasional akan mendapatkan beasiswa pendidikan,” tutupnya.
 
Selain olahraga, Dinusfest 2023 juga dimeriahkan oleh perlombaan lainnya dari mulai bidang seni maupun penalaran. Dengan lebih dari 63 kategori lomba, tahun ini Dinus Festival diikuti oleh 5124 peserta. Mereka juga akan dihibur oleh artis ibukota Denny Caknan pada acara closing ceremony pada tanggal 29 Januari 2023 mendatang.(Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)