Peringati hari pers nasional 2023 Rektor Universitas Dian Nuswantoro Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., ingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam membagikan sebuah informasi baru di media sosial. Hal itu disampaikan dalam acara ‘Dialog 5 Rektor’ yang dituan rumahi oleh Udinus, berlokasi di gedung E lantai 3, pada Jumat, 2 Februari 2023.

 

Guru besar di bidang technopreneur itu, menyampaikan untuk lebih berhati-hati dalam ketika menggunakan media sosial. Hal itu dikarenakan, sekali saja mengunggah media berbasis online maka jejak digitalnya tidak akan hilang. Dalam seminar itu, Prof. Edi juga menyoroti perilaku masyarakat yang ingin viral dengan cara yang merugikan banyak orang. Media sosial juga memiliki peran sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, yakni sebagai komunikator serta agent of change dan sarana interaksi

 

“Sekarang banyak masyarakat yang ngawur hanya karena ingin viral di media sosial, sampai menggunakan segala cara. Jadi hati-hatilah dengan jempol kita, karena sekali informasi ataupun data terkirim sudah tidak ada obatnya lagi,” tegasnya.

 

Seminar yang dihadiri oleh 5 rektor dari Jawa Tengah itu mengusung tema Utama ‘Media Edukatif Menuju Tahun Politik 2024’ dengan sub tema ‘HPN Goes to Campus’ dan dengan semangat oleh tagline ‘Wartawan Cerdas, Media Waras’. 

 

Selain dari Udinus, dihadiri juga Rektor Universitas Sultan Agung, Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.Hum., Rektor Universitas Wahid Hasyim, Prof. Dr. KH. Mudzakir Ali, M.A., Rektor Universitas Semarang, Dr. Supardi, S.T., M.T. Sementara itu Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang diwakili oleh dosen Ilmu Komunikasi Drs. Andreas Pandiangan, M.Si.

 

Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos turut hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Walikota Semarang yang dilantik beberapa waktu lalu, mengungkapkan hari pers tahun ini sangat istimewa karena dengan adanya tahun politik yang akan sebentar lagi dirasakan  pada tahun 2024. tentunya hal itu menjadi perhatian bagi para insan pers. 

 

“Hari Pers Nasional ini sebagai langkah untuk mengingat peran penting dari insan pers.  Media pers di jateng tentunya telah mampu menyuguhkan berita yang berimbang dan mampu memberikan suasana yang kondusif memasuki tahun politik,” kata Walikota Semarang,   Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos. 

 

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, H.Amir Mahmud NS, S.H., M.H mengatakan peringatan HPN 2023 sebagai momentum media untuk memfokuskan diri dalam perhelatan tahun politik pada tahun 2024 mendatang. Kontribusi itu dengan memberikan narasi-narasi positif dan pendidikan demokrasi. 

 

“Sub tema yang kami diambil, menegaskan ingin bersama-sama masyarakat akademik untuk berfikir secara intelektual. Kami ingin melangkah bersama dengan kampus-kampus di Jateng hoax dengan menyuguhkan berita-berita yang menyejukan dan berimbang,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)