Universitas Dian Nuswantoro Semarang kembali torehkan prestasi, kali ini 19 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berhasil mendapatkan pendanaan. Ajang PKM 5 bidang tahun 2020, diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 

 

Tujuan dari PKM itu sendiri ialah memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. PKM terdapat beberapa bidang yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Satu jenis PKM lainnya yang dapat diikuti mahasiswa ialah PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).

 

Beberapa mahasiswa penerima pendanaan dari proposal PKM, lima diantaranya yakni Muhammad Aqsal Ikhsanudin – PKM-Kewirausahaan (PKM-K), Dewi Fortuna – PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), Wafika Faiz Mehtaj – PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), Belinda Leona AvissaPKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), dan Muhammad Ghofurrrokhim Al hakim – PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T).

 

 

Dalam wawancaranya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM bersyukur dengan adanya 19 proposal PKM yang berhasil lolos. Ungkap dia, jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, hanya 14 proposal. Menurutnya ajang PKM ini merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa.

 

Ia pun berencana akan meningkatkan jumlah proposal PKM 5 Bidang yang lolos pada tahun selanjutnya. Satu diantaranya dengan melibatkan program studi, dosen dan menggerakkan minat mahasiswa ke bidang penalaran.

“Semoga 19 Proposal PKM yang lolos ini bisa masuk ke ajang yang lebih tinggi ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Tetap semangat karena masih banyak karya mahasiswa Udinus yang lolos diajang nasional, seperti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) dan masih banyak lagi,” jelasnya. (*Humas/Alex. Foto: doc humas)
 

 

Berikut penerima pendanaan PKM Proposal PKM 5 bidang tahun 2020 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang:

 

  1. Muhammad Aqsal Ikhsanudin – PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  2. Dewi Fortuna – PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  3. Muhammad Aflahur Rofik – PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  4. Wafika Faiz Mehtaj – PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
  5. Rexza Berliyana – PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
  6. Siyam Eka Nur Noviana – PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
  7. Belinda Leona Avissa – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  8. Eunike Emanuela Soehendro – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  9. Rizmadina Amalia Shalekhah – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  10. Mahendra Adi Pratama – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  11. Helmi Jati Purwoko – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  12. Aditiya Aziz Pratama – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  13. Anggita Devi Munandar – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  14. Vidi Ornela Denanda – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  15. Yusuf Iskandariah – PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH)
  16. Muhammad Ghofurrrokhim Al hakim – PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  17. Rahadian Arif Rasyid – PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  18. Tanti Eka Pratiwi – PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  19. Ali Afif Romzi Futaqi – PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)