IKUTI JELAJAH ENERGI JATENG, DOSEN FAKULTAS TEKNIK UDINUS, PROF. KUSMIYATI : PENGEMBANGAN EBT PERLU TERUS DILAKUKAN SKALA BESAR!

[Sassy_Social_Share]

IKUTI JELAJAH ENERGI JATENG, DOSEN FAKULTAS TEKNIK UDINUS, PROF. KUSMIYATI : PENGEMBANGAN EBT PERLU TERUS DILAKUKAN SKALA BESAR!

[Sassy_Social_Share]
Dosen Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Prof. Kusmiyati ST., MT., Ph.D ikuti kegiatan Jelajah Energi Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng dan Institute for Essensial Service Reform (IESR). 
 
Bersama peserta lainnya, Prof. Kusmiyati ST., MT., Ph.D melakukan kunjungan ke beberapa tempat seperti TPA Jeruk Legi di Cilacap, yang dijadikan sebagai pengolahan berbagai jenis limbah sampah. Prof. Kusmiyati juga berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  yang berfungsi untuk memompa air di Desa Kaliurip, kabupaten Banyumas. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terletak di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara/Wonosobo dan PLTU Tanjung Jati B terletak di Desa Tubanan Kabupaten Jepara juga turut dikunjungi oleh Prof. Kusmiyati bersama dengan para peserta lainnya. 
 
Kegiatan kunjungan kebeberapa lokasi pembangkit listrik di Indonesia dan perusahaan yang memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT), diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022. Lebih dari puluhan peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa hingga dosen turut dikenalkan pembangkit listrik yang dimiliki Indonesia. Selain kunjungan ke beberapa industri yang telah memanfaatkan EBT, acara ditutup dengan diskusi anggota peserta Jelajah Energi. 
 
Dalam wawancaranya, Prof. Kusmiyati ST., MT., Ph.D menjelaskan bahwa Jelajah Energi Jawa Tengah menjadi satu dari agenda dari Dinas ESDM untuk membahas mengenai transisi energi di Jawa Tengah berbasis masyarakat. Selain itu, turut dibahas juga diseminasi informasi dalam hal transisi energi kepada masyarakat. Menurut Prof. Kusmiyati, pengembangan EBT perlu terus dilakukan skala besar untuk penggunaan industri dan masyarakat dan skala penelitian. Perguruan Tinggi pundapat berperan aktif dalam penyediaan SDM dan Pengembangan Teknologi melalui penelitian dan pengembangan.  
 
“Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang EBT perlu dipersiapkan. Disamping itu, upaya percepatan, pengembangan dan pemanfaatan EBT adalah adanya teknologi yang memadai,” jelasnya. 
 
Dikutip dari Media Radar Semarang,  Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Dr.A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko M.Si  menjelaskan, kesempatan kunjungan ini akan dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya untuk memahami arti penting PLTU dalam konteks penyediaan energi, arti penting PLTU dalam konteks membangun perekonomian, dan keterkaitan linkage-nya dengan berbagai kehidupan.
 
“Kami harap perjalanan ini mampu menginspirasi semuanya dan  masyarakat diharapkan akan menjadi lebih aware terhadap fenomena transisi energi. Sehingga memicu lebih banyak lagi peran serta dari masyarakat dalam pemanfaatan energi terbarukan di Jawa Tengah,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto : Dok. FT Udinus)