Dinus Photo Walk (DPW) kembali hadir meriahkan Dinusfest 2023 melalui perlombaan fotografi dan naskah podcast. Ajang ini digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Kampus Wartadinus pada 25-26 Januari 2023.

Tahun ini, DPW 2023 mengusung tema ‘Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif (Meraki)’. Selaras dengan tema, perlombaan ini diikuti oleh pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori lomba, yakni fotografi dan lomba podcast. Lomba fotografi dilakukan secara individu dan lomba podcast dilakukan secara berkelompok dengan tiap regunya berisi 2 orang.

Ketua pelaksana, Hikmal Yoga Pratama menjelaskan pelaksanaan lomba fotografi dilaksanakan secara langsung (on the spot). Terdapat 9 spot yang dapat dipilih peserta, yaitu tikungan Jalan Imam Bonjol, Taman Signature Park, Balai Kota, Lawang Sewu, Pos Polisi Tugu Muda, Tikungan Kampung Pelangi, Tikungan Pasar Bulu, Seberang Pasar Bulu, Dan Tikungan Yudistira. Sedangkan pada perlombaan podcast, setiap peserta harus membacakan hasil naskah podcast-nya di depan dewan juri.

“Di tahun ini, ada sedikit perbedaan pada lomba podcast. Jika di tahun sebelumnya dilakukan secara online dan tidak ada penyeleksian naskah, sehingga peserta langsung menampilkan hasil naskahnya. Di DPW 2023, terdapat babak seleksi naskah. Tim yang terpilih harus menampilkan podcastnya langsung di depan dewan juri,” jelasnya.

Tidak hanya perlombaan, diselenggarakan juga seminar podcast yang mendatangkan Zahid Paningrome, seorang penulis novel dan podcaster sebagai pembicara sekaligus dewan juri. Antusiasme dari peserta cukup tinggi dilihat berdasarkan keaktifannya.

“Selain itu, ada juga pameran fotografi yang bersumber dari hasil karya peserta lomba terpilih. Tujuannya, supaya semua orang dapat melihat kreativitas melalui fotografi,” tambah Hikmal.

Anisa Sofia, salah satu peserta lomba mengaku senang mengikuti perlombaan ini. Ungkapnya melalui ajang ini ada banyak pengalaman baru yang ia dapatkan, selain itu bisa bertemu dengan peserta lain yang memiliki ketertarikan yang sama. “Seneng bisa ikut lomba ini karena selain menambah pengalaman, aku juga bisa nunjukkin suara dan kemampuanku di depan publik,” tutupnya.

DPW 2023 hadir untuk mewadahi karya-karya kreatif di bidang podcast dan fotografi. Ajang ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Dinusfest 2023. Dinusfest merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Tahun ini, partisipan Dinusfest meningkat hingga menembus angka 5.124. Nantinya, pada closing ceremony di tahun ini akan mendatangkan bintang tamu artis ibu kota Denny Caknan yang dijadwalkan pada 29 Januari 2023. (Wtdn/Ika. Foto: Ika Safira)