Setelah menyelesaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) adakan Farewell Party dengan menampilkan tarian persembahan yang mewakili berbagai daerah Nusantara. Dalam kegiatan itu mahasiswa antar pulau mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh peserta dan panitia yang terlibat, pada Kamis, 26 Januari 2023. 
 
Acara perpisahan yang berlangsung di ruang Teater gedung I lantai 6  tersebut dihadiri oleh Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi noersasongko M.Kom., dan dibuka oleh Kepala Biro Kerjasama Dan Internasional Dr. Ir Dwi Eko Waluyo M.M. Ikut hadir mendampingi peserta PMM 2 selaku Dosen Modul Nusantara, Awanis Linati Haziroh S.M., M.M. Selain itu juga dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor dan Dekan dari setiap fakultas di Udinus. 
 
Dalam sambutannya, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi noersasongko M.Kom., mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh mahasiswa antar pulau yang telah berkuliah di Udinus selama satu semester. Dengan adanya pertukaran pelajar tersebut diharap bisa menumbuhkan rasa kebhinekaan mahasiswa. Selama berkuliah di Udinus mereka dikenalkan dengan berbagai macam budaya tradisi. 
 
“Kegiatan ini kami berikan sebagai ucapan perpisahan dan terima kasih kami kepada mahasiswa pertukaran pelajar di Udinus. Untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi tentu akan kami terima dengan beasiswa prestasi yang sesuai,” ujarnya. 
 
Pada acara perpisahan tersebut, mahasiswa antar pulau dan juga Udinus tampil membawakan beberapa hiburan. Diantaranya persembahan tari Nusantara dan puisi ‘Rintik Kenangan PMM 2 Udinus’ karya salah satu mahasiswa antar pulau. Serta diakhiri dengan pemberian bunga kepada Rektor Udinus dan jajarannya yang diiringi dengan Flashmob bersama-sama.
 
Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama dan Internasional Dr. Ir Dwi Eko Waluyo, M.M., menjelaskan bahwa Udinus menyediakan program modul nusantara, sebagai sarana bagi mahasiswa antar pulau untuk mengenal budaya kota Semarang dan pulau Jawa. Program tersebut sudah berlangsung sejak bulan September 2022 lalu dan sudah berakhir hari ini. 
 
“Kami mengenalkan kebudayaan seperti tempat ibadah, makanan serta wisata khas Semarang. Diharapkan berbagai pengalaman positif yang sudah diterima mahasiswa di Udinus dalam disosialisasikan di daerah mereka masing-masing,” harapnya.
 
Ester Gracella Rubiyanto dari Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makasar bersama Jeremi Anggi Siagian dari Universitas Sumatera Utara, pada kesempatan itu mewakili seluruh mahasiswa menceritakan pengalamannya selama berkuliah di Udinus. Dari mulai perkuliahan di dalam kelas hingga program-program modul nusantara yang mengenalkan budaya Jawa. 
 
Selama mengikuti program ini, Ester Gracella Rubiyanto mendapatkan kesan yang luar biasa, karena dapat mengenal budaya dari berbagai daerah. Ia juga berkesempatan membagi pengalamannya ketika belajar seni batik selama di Semarang. Menurutnya batik menjadi oleh-oleh dan bekal untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing. 
 
“Melalui program ini kami dapat merasakan suasana berkuliah di perguruan tinggi swasta, bagi saya ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan dapat mengenal mahasiswa dari penjuru Indonesia,” ungkapnya.
 
PMM merupakan implementasi pemerintah melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap kegiatan pertukaran mahasiswa dalam negeri. Program ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta Mahasiswa terhadap keberagaman dan mendorong perluasan akademiknya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)