I am very happy to welcome you to the Study Program of Informatics Engineering at Universitas Dian Nuswantoro. We are one of the best institutions for computer science education and research in Indonesia. Our vision is to become a superior study program in the field of informatics engineering, especially in the field of software engineering and intelligent systems. We also apply technopreunership principle in our academic programs that functions to serve all your career needs. As has been the cases for years, the demand in computer science industry is very strong. In regards to that demand, the Study Program of Informatics Engineering offers the best facilities to establish graduates’ careers as: junior data scientist, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer and technopreneur. Our curriculum provides the knowledge in both theory and practice. All of our students are also provided with big opportunities to learn from outstanding lecturers, scientists, and practitioners from all around the globe. I invite you to further discover our website to learn more about our Study Program. Please feel free to contact me for more information.
Regards,
Dr. Muljono, S.Si., M.Kom.
By : BIMA || 25 January 2021
By : Koordinator TA TI S1 || 23 January 2021
By : BIMA || 22 January 2021
By : Koordinator KP TI-S1 || 16 January 2021
By : BIMA || 12 January 2021
By : Koordinator BK dan Alumni FEB || 05 January 2021
By : Koordinator BK dan Alumni FEB || 05 January 2021
By : Koordinator TA TI S1 || 04 January 2021
By : Koordinator TA TI S1 || 24 December 2020
By : Koordinator Skripsi Manajemen || 21 December 2020
By : Koordinator Skripsi Akuntansi || 21 December 2020
By : Koordinator TA TI S1 || 18 December 2020
By : Koordinator TA TI S1 || 12 December 2020
By : Koordinator TA TI S1 || 01 December 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
By : Progdi Kesehatan Masyarakat || 28 November 2020
Diberitahukan kepada mahasiswa TI S1 yang telah mendaftar Sidang TA 2 pada Gelombang I (satu) periode pendaftaran tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 15 Januari 2021. Kami telah menjadwalkan Sidang TA 2 yang dimulai pada tanggal 26 s.d 29 Januari 2021. Peserta sidang TA-2 yang terjadwal ini merupakan hasil rekap data pendaftar yang telah diperiksa oleh TU dan dikirimkan pada hari Rabu, tanggal 20 Januari 2021. Adapun bagi yang belum terjadwal, akan kami jadwalkan pada sidang selanjutnya dimulai dari tanggal 2 Februari 2021.
Silahkan unduh Jadwal Sidang TA 2 pada link berikut Unduh Jadwal. Pastikan bahwa jadwal yang diunduh telah sesuai dengan plotting jadwal pada siadin. Apabila ada perbedaan silahkan hubungi Koordinator TA.
Sidang TA-2 dilaksanakan secara daring (online). Adapun tata cara sidang TA 2 daring diatur sebagai berikut:
PENGUMUMAN SIDANG TA 2
• Jadwal Sidang TA 2 diumumkan secara resmi pada situs web universitas halaman Students (https://dinus.ac.id/student) dan dapat dilihat oleh mahasiswa pada Siadin Student bagian Informasi.
• Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing akan diberikan undangan menguji dan mendampingi pada sidang TA 2 oleh Koordinator TA melalui media WhatsApp.
BERKAS SIDANG TA 2
• Mahasiswa sidang TA 2 wajib mengunduh berkas Sidang TA 2 (file pdf) dari Siadin
• Mahasiswa sidang TA 2 mengambil satu halaman saja (contoh terlampir) yaitu BERITA ACARA TUGAS AKHIR 2 (TA-2) - TEKNIK INFORMATIKA S1 FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO (halaman 11) dan melakukan konversi (convert) file pdf tersebut ke format MS Office Word (ekstensi file .doc/.docx)
• Mahasiswa sidang TA 2 wajib mengirimkan file manuskrip TA 2 (Bab I s.d Bab V) dengan tipe file .doc/.docx dan Berita Acara TA 2 yang telah dikonversi ke tipe file .doc/.docx kepada Dosen Pembimbing dan Penguji melalui Email / WhatsApp / Telegram selambat-lambatnya 2 (dua) hari sebelum jadwal pelaksanaan Sidang TA 2.
MEDIA SIDANG TA 2
• Sidang TA 2 dilaksanakan secara daring (online) menggunakan media Google Meet (GMeet).
• Setiap kelompok akan dibuatkan Whatsapp Group oleh Koordinator TA untuk koordinasi pada H-1 sebelum sidang berlangsung.
• Salah satu penguji pada tiap kelompok akan membuat link teleconference GMeet dan dibagikan pada Whatsapp Group yang telah terbentuk
PELAKSANAAN SIDANG TA 2
• Mahasiswa sidang TA 2 wajib mengenakan baju bebas dan jas almamater, sedangkan Dosen mengenakan baju bebas sopan (jika tidak ada jas almamater, harap mengenakan kemeja).
• Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji dapat memberikan koreksi / perbaikan dengan menuliskan catatan pada manuskrip TA 2 atau memberikan catatan dengan notepad dan mengirimkan balik kepada mahasiswa sidang TA 2 melalui sarana Email / WhatsApp / Telegram / Lainnya
• Ketua Penguji pada sidang TA 2 akan bertindak sebagai Host untuk membuka dan mengakhiri jalannya sidang pada tiap sesinya. Bagi mahasiswa yang tidak melakukan presentasi diharapkan untuk keluar dari ruangan teleconference dan menunggu dipanggil untuk melakukan presentasi. Setelah semua mahasiswa sidang TA 2 selesai melakukan presentasi, diharapkan mahasiswa sidang TA 2 dipanggil semua untuk memasuki ruangan teleconference dan diumumkan status kelulusannya serta batas akhir revisi TA 2.
PELAPORAN PASCA SIDANG TA 2
• Setelah sidang TA-2 mahasiswa wajib menyelesaikan revisi yang telah diberikan oleh Dewan Penguji maupun pembimbing (jika pembimbing menambahkan revisi) sebelum batas waktu yang telah ditentukan
• Jika revisi Tugas Akhir telah selesaikan dilakukan, mahasiswa wajib mengisi Form Bukti Revisi Tugas Akhir 2 (TA-2) Teknik Informatika S1 (format docx) yang dapat diunduh di link berikut Unduh . Sesuaikan penamaan file FORM BUKTI REVISI TA-2 GANJIL 2021-NIM-NAMA pada Nim dan Nama. Contoh: BUKTI REVISI TA-2 GANJIL 2021-A11.2017.00000-ANTON.docx
• Kirimkan form bukti revisi tersebut ke email TA.T1S1udinus@gmail.com, disertai dengan poster yang telah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, halaman abstrak yang telah diverifikasi oleh verifikator abstrak (pak Hanny) dan laporan TA (tanpa tanda tangan dosen penguji, pembimbing) yang telah direvisi dengan Subject: BERKAS AKHIR TA-2 GANJIL 2021-NIM-NAMA (sesuai nim dan nama). Selanjutnya Koordinator akan memberikan balasan berupa Surat Keterangan Nilai pada email.
• Surat Keterangan Nilai dikirimkan ke TU di alamat email tugas.akhir@fasilkom.dinus.ac.id dengan Subject: Permohonan Bukti Penyerahan PA/TA TI-S1-NIM-NAMA (nim dan nama sesuaikan). Bukti Penyerahan PA/TA akan digunakan untuk mendaftar Wisuda
• Nilai Tugas Akhir 2 (TA-2) dengan nilai A tidak wajib mengumpulkan ke perpustakaan
Adapun panduan pelaksaan di atas dapat diunduh pada link berikut Unduh tata cara sidang TA 2. Mengenai peserta sidang yang belum terjadwal akan diumumkan pada pengumuman selanjutnya.
Demikian jadwal dan tata cara Sidang TA 2 secara daring ini dibuat untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Hormat kami,
Koordinator TA Ti S1
Ttd
Defri Kurniawan, M.Kom
By : Koordinator TA TI S1 || Berlaku sampai : 2021-02-26
Informasi Pendaftaran Sidang Kerja Praktek (KP) Prodi TI S1
Pengumuman Pendaftaran Sidang KP Gelombang 3 - Teknik Informatika S1 Semester Ganjil 2020/2021:
Diberitahukan kepada mahasiswa yang sudah siap untuk mendaftar sidang KP Gelombang 3 Semester Ganjil 2020/2021, berikut syarat dan prosedur pendaftaran online Sidang KP Gelombang 3 Teknik Informatika S1.
By : Koordinator KP TI-S1 || Berlaku sampai : 2021-01-27
Diberitahukan kepada mahasiswa yang telah mendapatkan jadwal Sidang/Ujian TA-1 pada Siadin, dapat mengikuti petunjuk Sidang/Ujian TA-1 sebagai berikut:
BERKAS SIDANG TA 1
• Mahasiswa wajib mengkonversi berkas sidang TA 1 (diunduh di Siadin) yang terdiri dari form penilaian, perbaikan dan berita acara sidang TA 1 (sejumlah 5 halaman) dari tipe file pdf diubah ke tipe file .docx (ekstensi file MS Word). Disarankan dapat menggunakan web ilovepdf.com untuk konversi tipe file tersebut. Contoh Download Contoh Berkas
• Mahasiswa wajib mengirimkan file manuskrip TA 1 (Bab I s.d Bab III) dengan tipe file .docx dan berkas sidang TA 1 dengan tipe file .docx kepada Dosen Pembimbing dan Penguji melalui Email / WhatsApp / Telegram sebelum jadwal pelaksanaan Sidang TA 1.
MEDIA SIDANG TA 1
• Sidang TA 1 dilaksanakan secara daring (online) menggunakan media teleconference Google Meet
• Mahasiswa wajib menyediakan media teleconference Google Meet dan membagikan ke Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di Siadin
PELAKSANAAN SIDANG TA 1
• Mahasiswa Sidang TA 1 mengenakan baju bebas dan jas almamater, sedangkan Dosen mengenakan baju bebas sopan (jika tidak ada jas almamater, harap mengenakan kemeja).
• Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji dapat memberikan koreksi / perbaikan dengan menuliskan catatan pada manuskrip TA 1 atau memberikan catatan dengan notepad dan mengirimkan balik kepada mahasiswa sidang TA 1 melalui sarana Email / WhatsApp / Telegram.
• Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji masing-masing menuliskan nilai sesuai perannya (Pendamping atau Penguji) pada form penilaian dan berita acara yang telah dikirimkan oleh mahasiswa Sidang TA 1 dan menyerahkannya kepada Koordinator TA
Hormat kami,
Koordinator TA TI S1
Defri Kurniawan, M.Kom
Lampiran
Jadwal dapat didownload disini
By : Koordinator TA TI S1 || Berlaku sampai : 2021-01-29
Diberitahukan kepada mahasiswa TI S1 yang mengambil KRS TA 2 pada semester ini, pendaftaran sidang TA 2 Gelombang I telah dibuka mulai tanggal 21 Desember 2020 dan ditutup tanggal 15 Januari 2021. Pendaftaran bisa dilakukan jika nilai mata kuliah selain TA telah keluar nilainya. Bagi yang masih mengambil beberapa mata kuliah untuk diperbaiki nilainya maupun mata kuliah baru, harap menunggu sampai UAS telah selesai dan nilai telah diinput oleh Dosen pengampu.
Adapun persyaratan mendaftar Sidang TA 2 sebagai berikut:
By : Koordinator TA TI S1 || Berlaku sampai : 2021-01-29
Diberitahukan kepada segenap mahasiswa prodi Teknik Informatika (TI) S1 yang telah mengambil TA1 pada semester ini yang belum Sidang TA-1. Kami membuka pendaftaran Sidang TA-1 Gelombang 3 yang dimulai tanggal 18 – 28 Desember 2020. Mengingat masa pandemi Covid-19 yang menuntuk kita untuk bekerja dan belajar dari rumah. Maka Sidang TA-1 akan dilaksanakan secara daring (online) dengan persyaratan mendaftar Sidang TA-1 sebagai berikut:
By : Koordinator TA TI S1 || Berlaku sampai : 2021-01-29
Diberitahukan kepada mahasiswa yang sudah pernah mendapatkan bantuan KIP-SPP ganjil 2020-2021 .
Bidang Kemahasiswaan akan mengusahakan untuk mengusulkan kembali bantuan KIP-SPP, mohon segera mengirimkan surat keterangan terdampak covid-19 tanggal terbaru yang diketahui oleh RT setempat(tanda tangan & stempel basah) untuk
pengusulan kembali bantuan KIP-SPP semester genap tahun ajaran 2020/2021 .
Batas waktu pengiriman Email maksimal adalah tanggal 27 januari 2021 Jam 12.00.
Dan segera mengirimkan ke Email: sekretariat@bima.dinus.ac.id dengan subject Regist ulang_(Nama & Nim)
By : BIMA || Berlaku sampai : 2021-01-25
Kegiatan | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Pembuatan Proposal | Desember 2020-Januari 2021 | |
Review tingkat Fakultas | Januari 2021-Febuari 2021 | Minggu Ke-4 & Minggu Ke-1 |
Penyerahan Proposal Lolos ke Universitas | Febuari 2021 | Minggu Ke-2 |
Seleksi tingkat Universitas (Review dan Pendampingan | Febuari 2021 | Minggu Ke-3 & Ke-4 |
Pendaftaran Akun Mahasiswa dan Dosen Pendamping dari Kormawa ke Universitas | Maret 2021 | Minggu Ke-1 S.d H-4 batas waktu upload |
Pembuatan Berita Acara dan Upload Proposal | Maret 2021 | Mulai Minggu Ke-1 Maret 2021 |