Desain Komunikasi Visual


KETUA PROGRAM STUDI

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

KATA SAMBUTAN

Selamat Datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Studi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator.

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D.

INFO DAN PENGUMUMAN

Info Akademik
Pengumuman Program Studi
Kalender Akademik

VISI

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


AKREDITASI

Desain Animasi
Branding
Desain Aplikasi
Desain Marketing
Fotografi
Tipografi
Nirmana

Media Massa
Software House
Advertising
Percetakan dan Penerbitan
Enterpreneur
Industri Multimedia
Technopreneur

Desainer
Fotografer
Art Director
Ilustrator
Ahli Animasi

AKTIVITAS

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

DOSEN

No Nama NIDN Pendidikan Terakhir Jabatan
1 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
2 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
3 DZUHA HENING YANUARSARI, M.Ds0606018901Universitas Dian Nuswantoro SemarangAsisten Ahli
4 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYAsisten Ahli
5 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
6 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
7 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
8 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
9 ALI MUQODDAS, S.Sn, M.Kom0609118901Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
10 MUSLIH, M.Kom0604057501Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
11 KHAMADI, M. Ds0608019001Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
12 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISIAsisten Ahli
13 DANIAR WIKAN SETYANTO, M.Sn0609128201Institut Seni IndonesiaAsisten Ahli
14 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
15 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
16 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
17 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
18 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
19 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusTenaga Pengajar
20 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
21 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
22 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
23 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar
24 MUHAMMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
25 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar
26 MUHAMMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar

MATAKULIAH

Kode MTK Nama Mata Kuliah T/P SKS Smt Silabus RPKPS
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI TP 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada

PENELITIAN MAHASISWA

No Nama Alumni Judul Skripsi Wisuda Ke Abstrak
1 SUCI MAHARANI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI JAJANAN SEHAT BAGI PENYEDIA JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR 62 Abstrak
2 DARA ANINDHITA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI G&G GRAFIKA DI KENDAL 62 Abstrak
3 DELFAQ FABIANTORO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK LIMITED EDITION KERAJINAN KULIT `MONKEY X RABBIT` 62 Abstrak
4 ALFUAN AZIS SUGIHARTO PERANCANGAN ILM TENTANG PENCEGAHAN PERILAKU PEMBUANGAN LIMBAH SAMPAH SOLAR PPP KABUPATEN PATI 62 Abstrak
5 PUTRI KRISTIANI KENCANA DEWI Perancangan Media Promosi STUDIO PHOTO KIRANA DI SEMARANG 62 Abstrak
6 ARIF GALIH AJI HIMAWAN Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kampanye Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Alternatif Sumber Air Bersih Untuk Kebutuhan Rumah Tangga di Kota Semarang 62 Abstrak
7 ALIFATHUR ADRI FIRMANSYAH Perancangan Media Promosi Untuk Memperkenalkan Pupuk Phonska Plus Di Jawa Tengah 62 Abstrak
8 NOORAYU LAELASARI Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Sosialisasi Penyakit Sinusitis Di Kota Semarang 62 Abstrak
9 ROYIKAH SOSIALISASI BAHAYA PENYAKIT GASTRITIS (MAAG) UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT MELALUI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT 62 Abstrak
10 RIZA RAKHMAN PRATAMA PERANCANGAN MEDIA EDUKASI PROTEKSI ANAK TERHADAP RESIKO KEJAHATAN OLEH ORANG YANG BARU DIKENAL 62 Abstrak
11 NINO FEBRIOKI YOGA PUTRA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PENTINGNYA ORANG TUA MENDAMPINGI DAN MEMBATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DIBAWAH 12 TAHUN” 62 Abstrak
12 FAHMI ARIF PROBOJATI Perancangan Komunikasi Visual Untuk Promosi Bueno Winko di Semarang 62 Abstrak
13 PRIYAN KURNIATAMA Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Kerupuk Tancang Kelompok Tancang Jaya Desa Kartikajaya Kabupaten Kendal 62 Abstrak
14 ADAM AKBAR MAULANA Upaya Untuk Membangun Kesadaran Remaja Jepara Akan Dampak Mengkonsumsi Minuman Keras Melalui Perancangan Iklan Layanan Masyarakat 62 Abstrak
15 ARIF BUDI PRASETYO PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENDUKUNG PROMOSI PRODUK ANIMASI CERITA NABI PRODUKSI FLIP STUDIO SEMARANG 62 Abstrak
16 STANLAI MELVIN SUGIARTO Perancangan komunikasi visual untuk promosi SATRIO Wedding Organizer di Semarang 62 Abstrak
17 ADIBUL KHOIR Mengenalkan Pahlawan Jenderal Soedirman Kepada Anak Usia 9-12 Tahun Melalui Perancangan Game Edukasi 62 Abstrak
18 WILLIAM Analisa Penggunaan Motif Batik pada Kemasan Botol Bir Guinness dengan Metode ANOVA 62 Abstrak
19 ACHMAD SAFA`AT PERANCANGAN SIGN SYSTEM WISATA PENANGKARAN HIU PULAU KARIMUNJAWA UNTUK MEMPERMUDAH PERJALANAN WISATAWAN 62 Abstrak
20 MARIA ROSALIA NOVITASARI SEMIOTIKA PESAN VISUAL VIDEO ADVERTISING GUINNESS BATIK FRIDAYS ` I AM BATIK ` 62 Abstrak
21 KEVIN ABIWARDANI SUTANTO ILM BAHAYA RADIASI GADGET PADA MATA ANAK USIA 3-7 TAHUN 62 Abstrak
22 BURHANUDDIN WAFA Analisis Video Iklan Komersial Tokopedia Versi Tokopedia Bergerak Bersama Indonesia Menggunakan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce 62 Abstrak
23 MOCH INDRA MAHENDRA Perancangan Komunikasi Visual Interaktif di Museum Kereta Api Ambarawa 62 Abstrak
24 DANANG ASEP NUGROHO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT STOP BULLYING ! PADA ANAK SMP 62 Abstrak
25 AFIF ARISSETIAJI PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BALEMONG RESORT 62 Abstrak
26 SULISTIAWAN PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGENALKAN CANDI TUGU SEMARANG SEBAGAI CAGAR BUDAYA DI JAWA TENGAH 62 Abstrak
27 MUHAMMAD THORIQUL FIRDAUS PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY CV. TRESNO AJI UNTUK MENAMBAH CITRA PERUSAHAAN 62 Abstrak
28 ILHAM AKBAR IBRAHIM Perancangan Media Komunikasi Visual Kota Lama Semarang Sebagai Destinasi Objek Wisata Bersejarah 62 Abstrak
29 AGUS MUHAMAD SYUKRON PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY UD. MEKAR SARI MANDIRI 62 Abstrak
30 WINDA ASTRID ANANDE PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI PENCEGAHAN GIZI BURUK DI KOTA SEMARANG 62 Abstrak
31 I. REZA RAFSANJANI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL VAPEVOLUTION STORE SEMARANG 62 Abstrak
32 PERTIWI TRI SURYANI Perancangan iklan Layanan Masyarakat Tentang Vaksinasi Hewan Peliharaan Dengan Pendekatan Humor 62 Abstrak
33 ANIS HIDAYATI IFFA KARIMAH PERANCANGAN APLIKASI “INDANCE” UNTUK MEMPERKENALKAN TARI TRADISIONAL KEPADA ANAK - ANAK DI INDONESIA 62 Abstrak
34 ANDREAS KURNIA WIJAYA Perancangan Game Edukatif Berbasis Adventure Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia 6-12 tahun di English First 62 Abstrak
35 ZUFAR BURHANUDDIN IZZATI PERANCANGAN APLIKASI ANODEER CUSTOM 62 Abstrak
36 UMMULIA LAILASSALAMI MERANCANG GAME SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN MIULAN BOUTIQUE 62 Abstrak
37 MUHAMMAD IHSAN Perancangan Media Promosi Cafe Omah Tea di Pekalongan 61 Abstrak
38 YAHDHI FINTHO ARTHO Perancangan Desain Instruksional Cara Membeli Tiket Kereta Api Secara Online 61 Abstrak
39 RATIH NOR KARTIKA SARI PERANCANGAN BUKU DIGITAL TENTANG PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK MENDIDIK PERILAKU EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH 61 Abstrak
40 AWALIS HADI WIJAYANTO perancangan desain media promosi Mukti Cafe Semarang untuk meningkatkan omset perusahaan 61 Abstrak
41 LISTY BANGKIT PRASETYO Perancangan identitas visual heri supriatna photography semarang 61 Abstrak
42 MUHAMAD BHIL'GA KAMARA SAKTI PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY KAMPUNG BUDAYA UNNES SEBAGAI LABORATORIUM BUDAYA DAN PUSAT EDUWISATA BARU DI KOTA SEMARANG 61 Abstrak
43 YOSUA BHIMA PRAKOSA KUSUMA Perancangan Buku Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Low Vision dengan Konsep Visual Petualangan untuk Siswa Low Vision di SLB-A Dria Adi Semarang 61 Abstrak
44 DWI RADITYA HAKIM PUTRANTO Perancangan media promosi Akio photo di semarang 61 Abstrak
45 ALOYSIUS STEVEN LEONARDO EFFENDY KAJIAN FOTOGRAFI BUTA DENGAN PENDEKATAN ESTETIKA FOTOGRAFI (STUDI KASUS : KARYA RISMAN MARAH ) 61 Abstrak
46 BRILIAN KURNIAWAN DEWARA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Peduli Buta Huruf di Kudus 61 Abstrak
47 MOHAMAD SYAEFULLAH MEMPERKENALKAN TRAVEL ID DARI CV. TRAVEL INDONESIA GLOBAL MELALUI MEDIA PROMOSI 61 Abstrak
48 DENNY AL GHIFARI Perancangan Motion Graphic Manfaat Pentingnya Konsumsi Air Putih Bagi Masyarakat Kota Semarang Khususnya Anak Sekolah 61 Abstrak
49 DEBRIAND DARMA PUTRA PERANCANGAN VISUAL BRAND SCOOTERUN DI KOTA SEMARANG 61 Abstrak
50 MUHAMMAD IBRAHIM MUFLIH Perancangan Game Mobile "Finding Gesit" untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa (Studi Kasus di SDIT dan SMPIT Ihsanul Fikri Magelang) 61 Abstrak
51 ALIK WIRATMOKO perancangan iklan layanan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang bahaya gagal ginjal di kota semarang 61 Abstrak
52 RISNANTO PRIYAMBODO Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Anak-Anak di Bawah Umur Berkendara di Kota Semarang 61 Abstrak
53 HARIS CAHYO NUGROHO Perancangan media promosi fullhouse photography semarang 61 Abstrak
54 RANGGA ODITAMA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DAARTZ SEBAGAI CLOTHING COMPANY DI KOTA SEMARANG 61 Abstrak
55 FADIL MAHETZA HARDANTO Pengkajian Strategi Komunikasi Visual Media Promosi Event Jogja Japan Week di Yogyakarta Dengan Pendekatan Semiotika Caesar 61 Abstrak
56 ERWINDHA PUSPA DARAJAT PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN CITRA MEREK DONNA DI CEPU 61 Abstrak
57 MAHFUD ANDREA YULIANTO Perancangan Media Promosi Angkringan Estoe Cafe Melalui Komunikasi Visual 61 Abstrak
58 MUHAMMAD ANDRI ROSADI PERANCANGAN ULANG SIGN SYSTEM WISATA PANTAI BANDENGAN JEPARA 61 Abstrak
59 AGUNG SANTOSO SOSIALISASI UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT HIPERTENSI TERHADAP JEMAAH HAJI KOTA SEMARANG MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT 61 Abstrak
60 ASYHAR YUSUF Iklan layanan masyarakat untuk mensosialisasikan perpustakaan keliling dari perpusda kota semarang 61 Abstrak
61 MULIYA PRINTIS PERANCANGAN BUKU PANDUAN MEMBUAT MOTIF SHIBORI PADA KAIN UNTUK PEMULA 61 Abstrak
62 DIKA BUDI NURWIDIYANTO PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY TOKO MAINAN ANAK RAJAWALI TOYS 61 Abstrak
63 ASMAR WONO WIDODO Perancangan Iklan Agrowisata Kebun Jollong Sebagai Obyek Wisata Alam Dan Edukasi Di Pati 61 Abstrak
64 RIANDHIKA KURNIA PUTRA Perancangan media promosi adivor leathergoods di kota Bekasi 61 Abstrak
65 RUDI SETIAWAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI I-COS CAFE SEBAGAI UPAYA MEMENANGKAN PESAINGAN 61 Abstrak
66 CAHYA TRI PUTRANTO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENCURIAN AIR PDAM 61 Abstrak
67 MAFTUHUDDIN YUSUF PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN KERAJINAN TENUN IKAT SURYA ABADI DI KOTA JEPARA 61 Abstrak
68 FAJAR UTOMO PERANCANGAN GAME `WANA LESTARI` UNTUK MENGENALKAN PENTINGNYA HUTAN HUJAN TROPIS BAGI ANAK USIA 7-12 TAHUN 61 Abstrak
69 ABDILLAH DWI SYAFAAT PERANCANGAN MEDIA PROMOSI `AYAM GEPREK IDOLA" DI KOTA SEMARANG` 61 Abstrak
70 NURFITRIA PRAHARSINI Perancangan Visual Branding Bogi Berry Cat Shop di Kota Semarang 61 Abstrak
71 RIFKY REZA RAMADHIANSYAH Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Literasi Media Terhadap Informasi di Media Sosial 61 Abstrak
72 SIMON ADHI KRISTINO Perancangan Komik untuk Mengenalkan Makanan Khas Semarang Pada Anak Usia 6-12 Tahun 61 Abstrak
73 ALDINO WAHYUHADI PUTERA Perancangan Visual Brand Yodo Studio Sablon Di Purwodadi 61 Abstrak
74 CATYA WIDO ACHMAD PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG MENGENAL FAUNA ASLI INDONESIA BAGI ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN 61 Abstrak
75 ULVI RIJAL PURNOMO perancangan media promosi kafe warung susucow guna memperluas pangsa pasar di kota kudus 61 Abstrak
76 AHMAD FAUZI Kampanye Sosial tentang Dampak Perceraian Melalui Perancangan Media Komunikasi Visual 61 Abstrak
77 FEBRI DARUSIYANTO PERANCANGAN FILM ANIMASI PENGENALAN KUKANG SEBAGAI SATWA DILINDUNGI BAGI ANAK-ANAK 61 Abstrak
78 HANIF AFA ZUANMAS Memperkenalkan Dasar Ilmu Desain Bagi Desainer Pemula & Otodidak Melaui Perancangan Aplikasi “Nirmana”. 61 Abstrak
79 DWI RATNANINGSIH Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Upaya Pencegahan Penularan Penyakit Hepatitis Pada Ibu Hamil Di Kota Semarang 61 Abstrak
80 ADHITYA BAYU PRADANA Perancangan ulang Corporate Identity Plasa Billiard Semarang dalam rangka memperkuat identitas perusahaan 61 Abstrak
81 OSHIKA SALMA SOFY KAJIAN KARIKATUR KARYA DJOKO SUSILO DENGAN METODE SEMIOTIKA ROLAND BARTHES 61 Abstrak
82 WIDYA APRISHA PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY TIARA RASA DI KOTA SEMARANG 61 Abstrak
83 ANDIKA AGUNG GONDOKUSUMO Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Bentuk Edukasi Bahaya Over Populasi Anjing dan Kucing di Kota Jakarta 61 Abstrak
84 ALVIN NOVAL AMAR PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PELESTARIAN TERUMBU KARANG KARIMUNJAWA 61 Abstrak
85 FAJAR SUJADMIKA Perancangan Media Promosi Kedai Ayam Bakar Mbok De Semarang 61 Abstrak
86 STEFANUS VIRGIAWAN ARI Y Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Customer Parama Cafe Semarang. 61 Abstrak
87 HENING HESTI ASTUTI 60 Abstrak
88 NURUL ASYIATUL NISWAH Perancangan Media Promosi Festival Jenang Solo 2017 : Pesona Jenang Nusantara 60 Abstrak
89 MAULIDIA FIRDA AULIA Perancangan Media Promosi Megaland Hotel Surakarta 60 Abstrak
90 JODY YUNIARDI Perancangan Sign System Pada Museum Batik Pekalongan 60 Abstrak
91 LUSI NOVIANI PRASETYO Representasi Maskulinitas Dalam Iklan POND`s Men Pollution Out Edisi Rio Dewanto 60 Abstrak
92 SARI PUJI ASTUTI PERANCANGAN VISUAL BRANDING PERSIS GOTONG ROYONG DI KOTA SOLO 60 Abstrak
93 ANISYA ISTIFA WAHDIATI Perancangan Visual Branding Ageman Fashion and Accesories 60 Abstrak
94 DEA FAUSTINA SHAULA Perancangan Game Edukasi Untuk Menanamkan Tata Krama Pada Anak 60 Abstrak
95 RAHMANITA ANDILA PERANCANGAN IKLAN UNTUK MEMPERLUAS PASAR KAMILA BUTIK DI KOTA SEMARANG 60 Abstrak
96 RIZKY MUNFA'ATI PERANCANGAN BUKU CERITA SEBAGAI SARANA EDUKASI MORAL ANAK SEKOLAH 7-12 TAHUN 60 Abstrak
97 ALFUN NI`AM ANGGA SAPUTRA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM PERLUASAN PASAR PADA DE`LIMA CATERING DI KOTA SOLO 60 Abstrak
98 NESTY DIAN SETYAWATI Analisis Iklan Televisi Bakmi Mewah Versi "Raffi-Indy" Menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes 60 Abstrak
99 LATIFFAH FARADILLA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENU BREAKFAST DI LEGEND COFFEE SEMARANG 60 Abstrak
100 ZANUAR ADHI PRAMANA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK DI KABUPATEN BANJARNEGARA 60 Abstrak
101 ANDRI NUR FAUZI PERANCANGAN DESAIN LOGO DAN CORPORATE INDETITY HUSNUZON MOSLEM CREATIVE CENTER DI KOTA SOLO 60 Abstrak
102 FAHRI MUHAMMAD 60 Abstrak
103 INDRA WANTO PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D “KATA KAS UDIN” TENTANG PENTINGNYA PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA 60 Abstrak
104 RUDY ANANG PRASETYO PERANCANGAN BOARD GAME ``PENGENALAN BUDAYA NUSANTARA`` TENTANG PENTINGNYA MENGENAL BUDAYA INDONESIA SEJAK USIA DINI 60 Abstrak
105 EVITA WIDASARI Perancangan Konten Kreatif 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif BEKRAF Melalui Video Fulldome 60 Abstrak

PENELITIAN DOSEN

No Judul Ketua Peneliti Tahun
1 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
2 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
3 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
4 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
5 PERANCANGAN GAME DESIGN DEVELOPMENT ADAPTASI PERMAINAN MUL-MULAN KE DALAM PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2017
6 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
7 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
8 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
9 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
10 MODEL ADAPTASI PERMAINAN MACANAN KE DALAM PERANCANGAN PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2015
11 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
12 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
13 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
14 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
15 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
16 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
17 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
18 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
19 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
20 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MUHAMMAD TAUFIK 2015
21 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
22 IbM Aplikasi Perkantoran Bagi Guru MI Kebonharjo Semarang DANIAR WIKAN SETYANTO 2015
23 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
24 IbM Pelatihan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Softskill Bagi Siswa SMK Kyai Ageng Giri KHAMADI 2015
25 DESAIN ARSITEKTUR DATABASE SECARA REAL-TIME ANTAR DATABASE HETEROGEN UNTUK MENGELOLA INTEGRASI DATA ANTAR DATABASE EPIDEMIOLOGI MUSLIH 2014
26 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
27 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
28 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
29 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
30 IbM Pelatihan Pembuatan WEB Bagi Pengelola PUD Terpadu Ar-Rifai Kelurahan Sambiroto Semarang MUSLIH 2014
31 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
32 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
33 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
34 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
35 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
36 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
37 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)