Bachelor of Visual Communication Design


HEAD OF STUDY PROGRAM

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

WELCOMING SPEECH

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Sudi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator. 

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

INFORMATION AND ANNOUNCEMENT

Academic Information
Announcement of Study Program
Academic Calendar
Informasi Tugas Akhir
Informasi Kerja Praktek
Informasi Kemahasiswaan
  • PEMBUKAAN PENDAFTARAN BEASISWA KIP BANTUAN SPP TAHUN 2021

    Diberitahukan kepada segenap mahasiswa UDINUS, Pembukaan beasiswa KIP bantuan SPP untuk tahuh 2021.
    Bagi mahasiswa yang belum mendaftar dan belum terdaftar di KIP SPP Batch V kemarin segera mengirimkan dan mengisi data diri,
    Melalui LINK berikut: bit.ly/SPPgenap2021
    Pengumpulan paling lambat besok hari selasa, 10 Maret 2021. pukul 12.00 WIB

    By : bima || Berlaku sampai : 0000-00-00


VISION

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISSION

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


ACCREDITATION

Animation Design
Branding
Applications Design
Marketing Design
Photography
Typography
Nirmana

Mass Media
Software House
Advertising
Printing and Publishing
Industry Multimedia
Technopreneur

Designer
Photographers
Art Director
Illustrator
Animator

ACTIVITIES

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

LECTURER

No Name NIDN Current Education Position
1 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
2 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
3 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
4 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Asisten Ahli
5 DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd0626107902Univ. Muhamadiyah SurakartaAsisten Ahli
6 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusAsisten Ahli
7 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
8 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
9 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
10 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYLektor
11 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroLektor
12 DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN, S.Sn, M.Kom0607128803Universitas Dian NuswantoroLektor
13 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISILektor
14 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungLektor
15 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungLektor
16 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar
17 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
18 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
19 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
20 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
21 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
22 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
23 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar

COURSE

Course Code Course Name T/P SKS Smt Syllabus RPKPS
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17310 INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER UNTUK GAME T 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.17705 PEMROGRAMAN GAME I TP 3 7 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27718 PORTOFOLIO INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27720 ETIKA PROFESI INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada

STUDENT'S RESEARCH

No Graduate’s Name Research Title Graduation Abstract
1 UMI FADAR WIJAYANTI PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY ZANITHA BOUTIQUE 70 Abstrak
2 HAIDAR RAFIF PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NASI KEBULI BU ELLY 70 Abstrak
3 MUHAMMAD FAIZAL ALFADIEN Pengelolaan Point Design Library pada Aplikasi Web MTARGET Sebagai Benchmark Perusahaan 70 Abstrak
4 ADI KURNIAWAN CAHYO PAMBUKO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WARUNG SUSU YUMMY UNTUK MENINGKATKAN PROFIT DAN MEMPERLUAS PANGSA PASAR DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
5 ZHILLA AULYA HIFZANAGARA Perancangan Iklan Komersial Annisa Griya Muslim Yogyakarta untuk Memperluas Pasar 70 Abstrak
6 DEJINO ARTA RIVANDIO Perancangan Media Promosi PT. Yoofix Digital Indonesia untuk mengenalkan aplikasi Yoofix di Yogyakarta 70 Abstrak
7 E. VICTORINE CLARITA PRISCALINA PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI PENGELOLAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
8 ADB ANGGORO GEMILANG PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN JAGGER COFFEE DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
9 ARI AFIF HENMARWANTO Perancangan Media Promosi Tiara Karimun Jawa untuk Memperluas Pangsa Pasar Di Jawa Tengah 70 Abstrak
10 YOPIE SURYO NUGROHO SOSIALISASI RAMBU LALU LINTAS KEPADA ANAK USIA 7-12 TAHUN MELALUI PERANCANGAN GAME EDUKASI KARTU RAMBU 70 Abstrak
11 REZA AZIIZUN HAKIM Perancangan Media Iklan Untuk Memperluas Pasar Crebo Custom Clothing Semarang 70 Abstrak
12 DEDI IRAWAN PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PRINSIP KESATRIA (LAKON KARNA TANDING) UNTUK REMAJA USIA 12- 19 TAHUN 70 Abstrak
13 EVA AMALIA HIDAYANA Perancangan Ulang Visual Brand Nayla Muslimah Store di Kota Semarang 70 Abstrak
14 RIAN HIBATUL WAFI Perancangan Ulang Identitas Visual Rumah Keripik Semarang 70 Abstrak
15 TSANIA MUSTIKA SHOLIH PERANCANGAN KOMIK DIGITAL MAK IRITS PADA MEDIA SOSIAL ONLINE (INSTAGRAM) 70 Abstrak
16 NATHANIA EKTANANDA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PONDOKAN MULIA-HOMESTAY & GUESTHOUSE SEMARANG 70 Abstrak
17 IFTINANTI ADHIBA Perancangan Komik Sebagai Media Pengingat Pentingnya Pemberian Fasilitas Kendaraan Bermotor Pada Remaja Di Usia Yang Tepat 70 Abstrak
18 LAILA NIHAYATUL QUSWA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SIRUP PALA BANARAN GROUP PRODUCT 70 Abstrak
19 MUHAMMAD QOWIM ANWAR DESTINATION BRANDING LASEM SEBAGAI CITRA KOTA PUSAKA 70 Abstrak
20 APRILLIA EKA ROSSANTY REDESAIN LOGO DE.ETNICO SEBAGAI SALAH SATU USAHA KAIN TENUN TROSO DI JEPARA 70 Abstrak
21 ZEFANYA THERESIA SIREGAR Perancangan Media Promosi Jajanan Khas Daerah Cepu "Rendra Jaya" Untuk Memperluas Pasar 70 Abstrak
22 ALAN DHARMASAPUTRA WIJAYA PERANCANGAN MERCHANDISE BOX SET UNTUK MEMPERTAHANKAN FANBASE KOMIK PATAH HATI (KPH) 70 Abstrak
23 FAHMI FASTABIK SABILI Perancangan Animasi 2D Motion Graphic Oleh BPPSPAM 70 Abstrak
24 MUHAMAD FAISAL FATHUR RAHMAN PERANCANGAN UI WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE PT HONEY INTERNATIONAL 70 Abstrak
25 ASTRIYANI RAHAYU PANGESTI Perancangan Komunikasi Periklanan Hotel Dafam Semarang untuk Menonjolkan Fasilitas sebagai Hotel Bintang 4 yang Memiliki Nuansa Budaya Semarang 70 Abstrak
26 GHEVIRA SALSABILA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN MIECOOL KEPADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
27 FAFA HUSEIN PUTRA UTAMA Perancangan Motion Graphic Pentingnya Antenatal Care Beserta Prosedurnya Bagi Ibu Hamil di Kota Semarang 70 Abstrak
28 IKMILA SANIYAL MUNA ANALISA SEMIOTIKA MAKNA HIDUNG PANJANG PADA ILUSTRASI SAMPUL MEDIA CETAK MAJALAH MINGGUAN TEMPO DAN INDOPOS 70 Abstrak
29 MARNIYATI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KEDAI NASI GORENG PADANG UDA JONI SEBAGAI KEDAI PELOPOR NASI GORENG PADANG DI KOTA BAMBU 70 Abstrak
30 SYLVIA AYU JULIANIE Perancangan Buku Ensiklopedia Pemanfaatan 11 Ramuan Jamu Saintifikasi Sebagai Bentuk Pelestarian Warisan Budaya Bangsa 70 Abstrak
31 MUHAMAD WAKHIDUL HUDHA PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI UNTUK MENGENALKAN SERTA MEMBERITAHUKAN SYARAT WAJIB PELAPORAN PROGRAM PELAPORAN PEMERINTAH LAPORHENDI 70 Abstrak
32 VIRDANIA NOVITA PRADINI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TATA CARA BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) PADA KASUS HENTI JANTUNG DI SEMARANG 70 Abstrak
33 WIWIK SEPTIAWATI PERANCANGAN MEDIA GRAFIS SOSIALISASI GERTAGIUNTUK ORANG TUA DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
34 AYU RARA WULAN PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSIKAN OJWALA COMMUNICATION 70 Abstrak
35 ANANTA MANDALA PUTRA PERSEPSI VISUAL IKLAN PAID PROMOTE BUAH PLUM OPTRIMAX PLUM 70 Abstrak
36 INDRAYANA FARA MUHITHA Studi Visual Kemasan Vs Cita Rasa Indonesia Pada Kemasan Produk Keripik Singkong Rasalokal 70 Abstrak
37 CLAUDIUS CHRISTY ALFINO PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL "LAPAS MAUT" SEBAGAI SARANA PENAWARAN PROYEK FILM 70 Abstrak
38 WIEM KHALIFA ZAHRA Redesain Website Visit Jawa Tengah 70 Abstrak
39 AFIFAH TENRI NUGRAHENI ANALISIS PERILAKU BERSOSIAL MEDIA DALAM ILUSTRASI JOAN CORNELLA 70 Abstrak
40 PURNOMO SANDY WICAKSANA Perancangan Media Promosi Hero Musik Studio Di Kota Semarang 70 Abstrak
41 NISRINA NAZIHA ZALTY PERANCANGAN BUKU PANDUAN SOSIALISASI DAN PROSEDUR MENJADI ANGGOTA COD PT POS YOGYAKARTA 70 Abstrak
42 AULIA HAYUNINGTYAS Redesain Corporate Identity New Sisterz Butik Semarang 70 Abstrak
43 ACHMAD RAHARDYAN FATKHURROHMAN Perancangan Iklan Komersial Objek Wisata Alam Lembah Nirwana Sebagai Wisata Unggulan Di Kabupaten Kendal 70 Abstrak
44 ABDAN AKBAR SYAKURO Perancangan Ulang Corporate IdentityAngkringan 88 Semarang 70 Abstrak
45 YOLA NOVIANDITA A PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI BERKAITAN DENGAN MASALAH KESEHATAN MENTAL DI INDONESIA 70 Abstrak
46 GERARDUS JODI HARTONO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA (NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF) PADA ANAK SEKOLAH DI SEMARANG 70 Abstrak
47 YUNITA INDAH PRAMESTHI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI "GLANZ PROJECT PARTY PLANNER" UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT DAN MENINGKATKAN OMSET 70 Abstrak
48 SATRIO AGUSTIANTO PAMUNGKAS Perancangan Media Promosi Single De Brothers Yang Berjudul `Asa Yang Sirna` 70 Abstrak
49 MUHAMMAD DYANU PRADIPTA PERANCANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC MENGENAI PENCEGAHAN STUNTING 70 Abstrak
50 MUHAMMAD ZAIN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS CAFE DEQIKO 70 Abstrak
51 RISKI FEBRY RISWATI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSIKAN GEDUNG OUDETRAP KOTA LAMA SEBAGAI PENYEDIA MICE BERKONSEP HERITAGE BELANDA 70 Abstrak
52 RISA EKA ARRAFI Perancangan Ulang Visual Brand O-Ranger Pos Indonesia Guna Meningkatkan Citra di Masyarakat 70 Abstrak
53 RADEN MUHAMAD IQBAL RIVALDI PERANCANGAN MAJALAH TRAVEL360 INDONESIA DALAM MENGENALKAN WISATA BERSEJARAH DI YOGYAKARTA 70 Abstrak
54 ARYANDINI BUDIYANI ARISMUNANDAR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI S.Y.STUDIO 70 Abstrak
55 KINANTHI SASANGKA PUTRI Perancangan Buku Ilustrasi Guna Menumbuhkan Pengetahuan Dan Minat Remaja Pada Jamu Tradisional 70 Abstrak
56 AGUNG RIZKY RAMADHAN PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI TOURNAMENT GAME PLAYGROUND TELKOMSEL E-SPORT DI SEMARANG 70 Abstrak
57 MOHAMMAD AKBAR RAMADHAN Membangun Kesadaran Tertib Berkendara melalui Perancangan Visual Story Telling 70 Abstrak
58 SARAH NURUL RIZKYAH PERANCANGAN ULANG (RE-DESIGN) LAYOUT DARI KOMIK DIGITAL `PASSION` KE DALAM FORMAT KOMIK CETAK 70 Abstrak
59 DANDY AULIA AKBAR Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Sanggar Rias Pengantin Della Guna Meningkatkan Brand Awarness Masyarakat di Kabupaten Semarang 70 Abstrak
60 ROHIM PRATAMA RAUL PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI CCTV SEMARANG 70 Abstrak
61 FAIQ HANGGA PRASETYO PERANCANGAN DESAIN WEBSITE SEBAGAI COMPANY PROFILE PT BALI NANG INDONESIA (BNIOT) 70 Abstrak
62 ALYA NOVINDA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PANDUAN BUNDA SIAGA PT.KONIMEX 70 Abstrak
63 HEDMEY RISMAWATI Perancangan Iklan Komersial Sasanti Restaurant di Yogyakarta agar menarik minat masyarakat dan wisatawan 70 Abstrak
64 RUMAISHA ANIS MUTHI'AH PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS AYASI SNACK SEMARANG 70 Abstrak
65 ANANG WICAKSONO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NADA SAMBUNG PRIBADI NSP 1212 TELKOMSEL UNTUK MEMPERTAHANKAN MINAT PENGGUNA 70 Abstrak
66 RESA RIZKIANA PERANCANGAN DESAIN INFORMASI BAGI PENUMPANG BRT TRANS SEMARANG KORIDOR VIII 70 Abstrak
67 BAGAS KURNIA ARFIANTO PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY CV. PRIMA GALFINDO SEMESTA DI BEKASI 70 Abstrak
68 LOEIS PASTHEUR DANUWASITO Perancangan Corporate Identity Cika Pet shop di Kota Semarang 70 Abstrak
69 ABYAN RAIHAN MOHAMMAD PRINSIP ESTETIKA PADA SAMPUL NOVEL ANAK RANTAU 70 Abstrak
70 CHRISTOPHER IVAN SETIAWAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK ZEST-O UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
71 AN NASTI AYU RAMADHANY PERANCANGAN GAME EDUKASI 5S "SESAPAN" GUNA MEMBENTUK KARAKTER SISWA - SISWI BAGI SEKOLAH DASAR NEGERI BARUSARI 01 KOTA SEMARANG 70 Abstrak
72 M. ALFIN HUDA PERANCANGAN ULANG LOGO KD PAINT PT. SINAR MATAHARI TANGERANG 70 Abstrak
73 SHANIA KAMAL AN`NOOR PERANCANGAN BUKU POP-UP INTERAKTIF "SEPATU KACA YANG KESEPIAN" UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK 70 Abstrak
74 MONIKA TANIA SEMUIL Perancangan WebKomik Cerita Rakyat Cindelaras 70 Abstrak
75 RIZKI AKBAR ARDIANSYAH PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTER KISAH BUDI SOEHARDI UNTUK IKLAN AIR MINERAL PRIM-A JAKARTA 70 Abstrak
76 MOH. DIMAS ARGA MUSLIM Perancangan Media Promosi Roundply Untuk Memperluas Pasar Di Kota Tegal 70 Abstrak
77 IAN ADRIAN PRADANA PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL "ZERO FATALITY" SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN ANGKA KECELAKAAN KERJA DI LINGKUNGAN PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV 70 Abstrak
78 CANDRA KARTIKO AJI Perancangan Media Promosi Pos Giro Mobile Guna Meningkatkan Brand Awareness Masyarakat Di Solo 70 Abstrak
79 AHMAD MAFTUH AHNAN PERANCANGAN VISUAL BRANDING PENINGKATAN BRAND AWARENESS WISATA AGRO KALIGUA BIDANG USAHA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IX 70 Abstrak
80 YAYAN ADITYA WIDYANTORO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISEBEAN COFFEE GUNA MEMPERLUAS SEGMEN PASAR 70 Abstrak
81 MOH. ARI MUNANDAR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DESA WISATA MANGROVESARI PANDANSARI BREBES UNTUK MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN 70 Abstrak
82 PUJI LESTARI PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK-ANAK 70 Abstrak
83 EKA DESI RATNASARI 70 Abstrak
84 DAVID ANDI SETIAWAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK UNDANGAN OPTIMIST DESIGN DI SEMARANG UNTUK GENERASI MODERN 70 Abstrak
85 BELLA NOVIANA PUTRI Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Lampu HID Pada Kendaraan Bermotor 70 Abstrak
86 MEILINDA DWI RAHMAWATI Perancangan Video Profile Kesenian Tari Topeng Ireng Sebagai Program Destinasi Pariwisata di Kabupaten Boyolali 70 Abstrak
87 ADHIM PRATAMA PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN PAKAIAN ADAT KHAS PATI DAN MENGEDUKASI PENGGUNA 70 Abstrak
88 MUHAMMAD HANIF FUADZY PERANCANGAN ULANG SIGN SYSTEM BENTENG PENDEM CILACAP 70 Abstrak
89 TALITHA ULFA PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI KISAH KI AGENG PANDANARAN UNTUK MENGENALKAN NILAI MORAL KEPADA ANAK USIA 6 sampai 12 TAHUN 70 Abstrak
90 ANANDA AULIA RACHMADIANTY Perancangan Media Promosi Batik Khas Blora Mustika Art Gallery untuk Memperluas Pasar 70 Abstrak
91 PRAYOGA RESTU PAMBUDI Perancangan Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Untuk Mengenalkan Wisata Agro Selopajang Timur Di Kabupaten Batang 70 Abstrak
92 DHIMAS SETYAWAN KUSTARTA PUTRA Perancangan Visual Branding Produk Koffie Wae by Kopi Wani 70 Abstrak
93 IKA OKTIANA FATMAWATI Perancangan Media Promosi Zafar Wedding Planner & Decoration Guna Memperluas Pangsa Pasar di Kota Semarang 70 Abstrak
94 DHINDA AMORDA NOVARIA Perancangan Ulang Corporate Identity Biro Perjalanan Internusa Tour Solo 70 Abstrak
95 ANANDA ESA PRAMUDYA PERANCANGAN ULANG SIGN SYSTEM DESA WISATA LEMBAH KALIPANCUR 70 Abstrak
96 NIMAS SEKARARUM Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan Bunuh Diri 70 Abstrak
97 SALSABILA PRASINTA Perancangan Iklan Komersial Untuk Mengenalkan Batik Eka Di Kota Semarang 70 Abstrak
98 DIMAS NOOR AVIVIAN WICAKSONO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI OBJEK WISATA RIVER WALK BOJA 70 Abstrak
99 MUHAMMAD ROFIQ Perancangan Media Komunikasi Visual Wisata Waduk Jatibarang Kota Semarang 70 Abstrak
100 YUNIAR ANTIKA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK TYO COLLECTION 70 Abstrak
101 SHOFUROTUL MAQDASI Perancangan Visual Branding Latansa Collection 69 Abstrak
102 RITA RAHMAWATI HARAHAP PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY TOKO BUNDA SNACK DI SEMARANG 69 Abstrak
103 NADILA ULFA PERANCANGAN MEDIA UNTUK MENARIK MINAT ANAK TERHADAP SEJARAH PASAR TRADISIONAL JOHAR DI KOTA SEMARANG MELALUI GAME 69 Abstrak
104 JOHANNES ALBERT PARJUANGAN NABABAN PERANCANGAN VISUAL BRANDING BASIC PHOTOGRAPHY DI KOTA SEMARANG 69 Abstrak
105 AYU RIZQI RAHMALIYAH Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Mengenalkan Kata Tolong, Terima Kasih, dan Maaf pada Anak Usia Dini 69 Abstrak

LECTURER'S RESEARCH

No Research title Chief of the Research Year
1  Model Deteksi Wajah Dosen Sebagai Sarana Perbaruan Sistem Fingerprint  CAHAYA JATMOKO 2020
2  Pengolalaan Data Siswa Menggunakan Ms. Access pada Tenga Pendidik di SD Kristen Bala Keselamatan  CAHAYA JATMOKO 2020
3 REPRESENTASI CITRA KECANTIKAN IDEAL PADA KARAKTER HEROINE MARVEL   DANIAR WIKAN SETYANTO 2020
4 Memperkenalkan Benda-Benda Cagar Budaya di Masjid Agung Demak melalui Perancangan Aplikasi Berbasis Virtual Reality  AURIA F. YOGANANTI 2020
5 Pemanfaatan Ornamen Masjid Agung Demak Sebagai Motif Batik Khas Demak Sebagai Local Genius  ABI SENOPRABOWO 2020
6  Pencapaian Media Digital Dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro)  AGUS SETIAWAN 2020
7 Analisis Usability konsep User Experience (UX) pada Konten Aplikasi Madhang.id  DWI PUJI PRABOWO 2020
8  Model Deteksi Wajah Dosen Sebagai Sarana Perbaruan Sistem Fingerprint  CAHAYA JATMOKO 2020
9  Pengolalaan Data Siswa Menggunakan Ms. Access pada Tenga Pendidik di SD Kristen Bala Keselamatan  CAHAYA JATMOKO 2020
10 Pengembangan Media Web Interaktif (KUTHUK) Kuliner Khas Kota Kudus Dalam Menopang Ekonomi Kreatif UMKM di Kabupaten Kudus  HENRY BASTIAN 2019
11  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO 2019
12 PENINGKATAN KUALITAS DAN NILAI EKONOMIS KARYA MAHASISWA MATA KULIAH METODE REPRODUKSI GRAFIKA PROGDI DKV UDINUS ANNAS MARZUKI SULAIMAN 2019
13  Perancangan Info Grafis Instruksional Kampanye R3 (Reduce, Reuse Recycle) Ecobricks  DANIAR WIKAN SETYANTO 2019
14  PERANCANGAN RUANG PAMER DIGITAL KE DALAM MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI UPAYA PENYEDIAAN RUANG PAMER INTERAKTIF UNTUK KARYA MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL  NOOR HASYIM 2019
15  PENGEMBANGAN METODE LITERASI VISUAL UNTUK PENYEDIAAN MEDIA APRESISASI KARYA SENI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UDINUS   AGUS SETIAWAN 2019
16 Pemanfaatan Komputer Grafis dalam menyajikan Gagasan Pesan dan Ajakan dalam bentuk Iklan, Slogan dan Poster di SMPN 1 Karangtengah Demak AHMAD AKROM 2019
17  Identifikasi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA 2019
18 Redesign User Interface Website Lapor Hendi untuk Warga Kelas Menengah-Bawah di Kota Semarang  DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN 2019
19  Penentuan parameter distribusi pada metode clahe untuk meningkatkan kualitas objek bawah laut   DWI PUJI PRABOWO 2019
20 REVITALISASI ARTEFAK BUDAYA KOTA DEMAK SEBAGAI MEDIA INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DWI PUJI PRABOWO 2019
21  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO 2019
22 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
23 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
24 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
25 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
26 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
27 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
28 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
29 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
30 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
31 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
32 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MOHAMAD TAUFIK 2015
33 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
34 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
35 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
36 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
37 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
38 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
39 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
40 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
41 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
42 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
43 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
44 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
45 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
46 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
47 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
48 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
49 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
50 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
51 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
52 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006
53 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
54 Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Surakarta ANNAS MARZUKI SULAIMAN
55 Mitos, Persepsi dan Makna Warna Pada Karakter Superhero Marvel DANIAR WIKAN SETYANTO
56 APLIKASI NIRMANA PADA KARYA FOTOGRAFI POTRAITURE 3D ANAGLYPH DANIAR WIKAN SETYANTO
57 PENGARUH PERUBAHAN LAYOUT PADA RESPONSIVE WEBSITE TERHADAP PENGGUNA (Studi Kasus Website Surat Kabar Indonesia) AURIA F. YOGANANTI
58 Tranformasi Mainan Tradisional Warak Ngendog sebagai Upaya Pelestarian Budaya Mainan Tradisional melalui Metode ATUMICS ABI SENOPRABOWO
59 ADAPTASI KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANTI HOAX BERBASIS VISUAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO
60  Identi1asi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA
61 PENGEMBANGAN MOTIF TENUN TROSO BERBASIS KOMPUTER GRAFIS DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN
62 PELACAKAN DAN SEGMENTASI OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS VARIASI JARAK DWI PUJI PRABOWO
63 PENGEMBANGAN METODE PELACAKAN OBJEK BERBASIS SEGMENTASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FCM DWI PUJI PRABOWO
64 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)