Bachelor of Visual Communication Design


KETUA PROGRAM STUDI

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

KATA SAMBUTAN

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Sudi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator. 

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

INFO DAN PENGUMUMAN

Info Akademik
Pengumuman Program Studi
Kalender Akademik

VISI

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


AKREDITASI

Animation Design
Branding
Applications Design
Marketing Design
Photography
Typography
Nirmana

Mass Media
Software House
Advertising
Printing and Publishing
Industry Multimedia
Technopreneur

Designer
Photographers
Art Director
Illustrator
Animator

AKTIVITAS

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

DOSEN

No Nama NIDN Pendidikan Terakhir Jabatan
1 DZUHA HENING YANUARSARI, M.Ds0606018901Universitas Dian Nuswantoro SemarangAsisten Ahli
2 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYAsisten Ahli
3 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
4 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
5 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
6 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
7 ALI MUQODDAS, S.Sn, M.Kom0609118901Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
8 MUSLIH, M.Kom0604057501Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
9 KHAMADI, M. Ds0608019001Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
10 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISIAsisten Ahli
11 DANIAR WIKAN SETYANTO, M.Sn0609128201Institut Seni IndonesiaAsisten Ahli
12 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
13 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
14 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
15 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
16 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
17 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusTenaga Pengajar
18 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
19 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
20 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
21 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar
22 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
23 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar
24 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
25 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
26 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar

MATAKULIAH

Kode MTK Nama Mata Kuliah T/P SKS Smt Silabus RPKPS
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.17310 INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER UNTUK GAME T 2 3 Ada Ada
A14.17705 PEMROGRAMAN GAME I TP 3 7 Ada Ada

PENELITIAN MAHASISWA

No Nama Alumni Judul Skripsi Wisuda Ke Abstrak
1 SEPTIAN DOLLY PUTRAYUDA Studi Karakter Rathalos dan Rathian dalam Game Monster Hunter 63 Abstrak
2 C. YOVENTINA RIAGUNG W. PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PUNCAK SUROLOYO BAGI MASYARAKAT YOGYAKARTA 63 Abstrak
3 AYU DIAH TRIANA PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SOSIALISASI PROGRAM SEMARANG SMART CITY DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
4 TRI ANGGIE DARMADIN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN PEMBELIAN KOSMETIK PALSU 63 Abstrak
5 DESTYA BALQIS PRAMUKTI KAJIAN ANALISA PERBANDINGAN MAKNA VISUAL SAMPUL NOVEL SUPERNOVA DEE LESTARI 63 Abstrak
6 JIWA BAWERA Kampanye Sosial Program (Ijin Usaha Mikro Melalui Online) Kepada pelaku UMKM baru Di Kota Semarang 63 Abstrak
7 PUNGKY NAYOAN PERANCANGAN KOMIK SEJARAH LEGENDA BLEDUG KUWU KABUPATEN GROBOGAN 63 Abstrak
8 FARIEZTYA AMADEA ANALISIS SEMIOTIKA PESAN VIDEO KLIP PEMBALASAN GRUP BAND METAL REVENGE THE FATE 63 Abstrak
9 ABI RIFQI ZULHILMY PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG HIMBAUAN NAIK BRT DAN MENINGGALKAN KENDARAAN PRIBADI DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
10 AMIRIL HUDA Perancangan Komunikasi Visual Penunjang Branding Kuliner Khas Kabupaten Kudus 63 Abstrak
11 AVIFE KURNIAWATI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI EKOWISATA MANGROVE TAPAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN 63 Abstrak
12 GALIH ARI PRADANA Perancangan Media Promosi Desa Wisata Gondang di Kabupaten Kendal 63 Abstrak
13 IKA WENINGTYAS UTAMI ANALISIS BENTUK DAN VISUALISASI DESAIN KEMASAN AQUA EDISI DISNEY PRINCESS 63 Abstrak
14 ADIT PERMADI PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MEMPERKENALKAN GUMUK RECO SEBAGAI WISATA ADRENALINE 63 Abstrak
15 NGAKAN NYOMAN PUTRA DHANANJAYA Perancangan Media Promosi Pop Up Dinner Twist 63 Abstrak
16 AZIZ SUBECHAN Perancangan Media Promosi Arya Teknik Melalui Komunikasi Visual Sebagai Upaya Memperluas Pasar 63 Abstrak
17 SURYA RAHADIAN ADI Perancangan Media Promosi distro The Big 63 Abstrak
18 REYNALDI SINARTA KAJIAN PENGARUH STYLE FOTOGRAFI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP DAYA TARIK KONSUMEN JENDELA COFFEE BREWERS DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
19 SATRIA NIPANEGARA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA APUNG "KAMPOENG RAWA" SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN OMZET PEREKONOMIAN WARGA DESA BEJALEN 63 Abstrak
20 CANGGIH JOKO SOEGIARTO Perancangan Visual Identity Kalialang Batik Untuk Meningkatkan Image Perusahaan 63 Abstrak
21 HENRA BINTANG PRAYOGA PERANCANGAN "SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYAKIT STROKE BAGI MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG" 63 Abstrak
22 RACHMANA FADILLAH PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL TPQ HIDAYATUL ATHFAL DI KABUPATEN SLAWI 63 Abstrak
23 ARDIYANTO PERANCANGAN SIGN SYSTEM OBJEK WISATA ELING BENING AMBARAWA 63 Abstrak
24 GAGAH DEO PAMUNGKAS PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOTEL PODOMORO 63 Abstrak
25 MUHAMMAD MIFTAH PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENTINGNYA DONOR DARAH BAGI MASYARAKAT KOTA SEMARANG 63 Abstrak
26 FAIZAL MAULANA Perancangan Upaya Mencegah Tindakan Bulimia Melalui Iklan Layanan Masyarakat 63 Abstrak
27 SAIFUDIN AHMAD REDESAIN CORPORATE IDENTITY RUMAH MAKAN SAPTO RENGGO BARU 63 Abstrak
28 MUHAMMAD ATHIF FIRAS PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN PROSES PEMBUATAN BATIK PERANAKAN PADA ANAK DI OEY SOE TJOEN PEKALONGAN 63 Abstrak
29 NANANG IRHAM KHALID DESTINATION BRANDING DEMAK SEBAGAI KOTA TUJUAN WISATA RELIGI 63 Abstrak
30 HANIP MAULANA KHAKIM PERANCANGAN VISUAL BRANDING `RUMAH GEBYOK` 63 Abstrak
31 ADI SETIAWAN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KESADARAN BERKENDARA SAAT KENDARAAN KHUSUS MELINTAS 63 Abstrak
32 WIKAN DEWANA JANMOTTAMA Kajian EDFAT dan Komposisi Fotografi Panggung: Studi Kasus Karya Firdaus Fadlil Periode 1990-2014 63 Abstrak
33 MEISITA HERJAYA PUTRI Kajian Estetika Sampul Novel Koala Kumal Karya Raditya Dika 63 Abstrak
34 ANDI MUHLIS Perancangan Media Promosi Untuk Memperkenalkan Seaside Beach Resto & Villa 63 Abstrak
35 ANITA FAJAR Kajian Copywriting Iklan Baliho B&J Jeans Semarang 63 Abstrak
36 CITRA AJENG PERMATA KURDI Perancangan Media Promosi "Warung Jepang Wasabi" untuk Memperluas Pasar 63 Abstrak
37 MUHAMAD FATKHUR ROHMAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK ZEROUN REVOLT KUDUS GUNA MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN DI LUAR KOTA KUDUS 63 Abstrak
38 BERLIAN GITA KUSUMA PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MEMPERLUAS SEGMEN PASAR USAHA SABLON "KARUNIA COLOUR" 63 Abstrak
39 RENALDO PRAMANA PUTRA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Mensosialisasikan Penyakit Menular Hewan Peliharaan 63 Abstrak
40 AMRI GHIFARI ARSYAD Perancangan Media Promosi Double H Chopper Sebagai Bengkel Kustom Motor 63 Abstrak
41 ARIZAL SINATRYA Perancangan Media Komunikasi Visual SEA Eagle Airsoft Field Arena 63 Abstrak
42 RAKA SANDIKA ADITAMA Kajian Analisa Makna Bentuk Visual Maskot Asian Game 1990-2018 63 Abstrak
43 ANIS SASONGKO Perancangan Visual Branding Pramesthi Batik 63 Abstrak
44 YORIS MARDIYAN WICAKSONO Upaya Meningkatkan Citra Bengkel Dengan Melakukan Branding Bengkel Sepeda Motor "FAJAR MOTOR" 63 Abstrak
45 FEERMANTLE DAUD HARIYANTO PERANCANGAN WEBSITE BATIK BAKARAN UPPKS "PUTRI KOTA GARAM" SEBAGAI MEDIA PROMOSI SENTRA BATIK TULIS KABUPATEN PATI 63 Abstrak
46 ARYO WIBISONO Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Storia Wedding Photography Melalui Komunikasi Visual 63 Abstrak
47 ALFIN FATCHURROZZI KOMUNIKASI VISUAL MEDIA SARANA INFORMASI PADA PENGGUNA JALAN RAYA DALAM MEMBERIKAN SEDEKAH KEPADA ANAK JALANAN 63 Abstrak
48 AHMAD LUTFIADI PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KEBON RAJA RESTORAN 63 Abstrak
49 AKHMAD HISYAM PERANCANGAN GAME FOODY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MAKANAN SEHAT TERHADAP ANAK USIA 7-12 TAHUN 63 Abstrak
50 GERHA ALMIRA LATIFA ANALISIS SEMIOTIKA BARTHESIAN DAN PEIRCE PADA SAMPUL MAJALAH TEMPO PERIODE 2011-2016 EDISI KRITIK HUMOR 63 Abstrak
51 TRI SUTRISNA Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Dinosaurus 63 Abstrak
52 ARRIKHATU NUR HALIMAH Perancangan Media Promosi Objek Wisata Alam Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pengunjung 63 Abstrak
53 AYU RATNASARI PUTRI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL TENTANG PENDAMPINGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA PADA REMAJA SECARA BERTANGGUNG JAWAB 63 Abstrak
54 DANASTRI DIAZ FIRIANITA MENGENALKAN KYRA KARUNIA FOOD SEMARANG MELALUI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI 63 Abstrak
55 MOCHAMMAD FREDO HANANTA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Diabetes Melitus Sebagai Upaya Mengurangi Jumlah Penderita Di Kota Semarang 63 Abstrak
56 EGA DIASTA Perancangan Komik Sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang 63 Abstrak
57 DANIYAL RIZQI RUSHADI PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BRAND CLOTHING "QIMO JAPARA" SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN 63 Abstrak
58 ANDIKA ROSYIAN RAKHMAN NILAI-NILAI BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI SUMBER IDE PERANCANGAN MOBILE GAME "BUMI BANGSA" 63 Abstrak
59 BETA PUTRI RIMANDHANI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN BATANG SEBAGAI KOTA SERIBU CURUG 63 Abstrak
60 TEGUH WIJAYA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UPAYA MELESTARIKAN KESENIAN KETOPRAK TOBONG PADA ANAK-ANAK REMAJA DI KABUPATEN PATI 63 Abstrak
61 YUSTINUS ERNANTO Mengembalikan Fungsi Trotoar Di Pusat Kota Semarang Sebagai Tempat Pejalan Kaki Melalui Iklan Layanan Masyarakat 63 Abstrak
62 NARINDRA RENDRA BUDILAKSANA PERANCANGAN GAME EDUKATIF BAGI ANAK USIA 9 – 11 TAHUN UNTUK PEMBELAJARAN MENGURANGI PRODUKSI SAMPAH DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
63 EKA HENDRI PRASETYA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL UNTUK ANAK USIA 7 - 9 TAHUN DI KOTA SEMARANG MELALUI MEDIA GAME ADVENTURE "PETUALANGAN BINA" 63 Abstrak
64 DAVID AGUS NUGROHO PERANCANGAN ULANG VISUAL IDENTITY PT TAMAN MEDIA INDONESIA UNTUK MEMPERKUAT CITRA PERUSAHAAN DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
65 OLKA ARSANTO Perancangan media promosi Huma Pictures Semarang 63 Abstrak
66 SUCI MAHARANI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA SOSIALISASI JAJANAN SEHAT BAGI PENYEDIA JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR 62 Abstrak
67 DARA ANINDHITA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI G&G GRAFIKA DI KENDAL 62 Abstrak
68 DELFAQ FABIANTORO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK LIMITED EDITION KERAJINAN KULIT `MONKEY X RABBIT` 62 Abstrak
69 ALFUAN AZIS SUGIHARTO PERANCANGAN ILM TENTANG PENCEGAHAN PERILAKU PEMBUANGAN LIMBAH SAMPAH SOLAR PPP KABUPATEN PATI 62 Abstrak
70 PUTRI KRISTIANI KENCANA DEWI Perancangan Media Promosi STUDIO PHOTO KIRANA DI SEMARANG 62 Abstrak
71 ARIF GALIH AJI HIMAWAN Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kampanye Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Alternatif Sumber Air Bersih Untuk Kebutuhan Rumah Tangga di Kota Semarang 62 Abstrak
72 ALIFATHUR ADRI FIRMANSYAH Perancangan Media Promosi Untuk Memperkenalkan Pupuk Phonska Plus Di Jawa Tengah 62 Abstrak
73 NOORAYU LAELASARI Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Sosialisasi Penyakit Sinusitis Di Kota Semarang 62 Abstrak
74 ROYIKAH SOSIALISASI BAHAYA PENYAKIT GASTRITIS (MAAG) UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT MELALUI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT 62 Abstrak
75 RIZA RAKHMAN PRATAMA PERANCANGAN MEDIA EDUKASI PROTEKSI ANAK TERHADAP RESIKO KEJAHATAN OLEH ORANG YANG BARU DIKENAL 62 Abstrak
76 NINO FEBRIOKI YOGA PUTRA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PENTINGNYA ORANG TUA MENDAMPINGI DAN MEMBATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DIBAWAH 12 TAHUN” 62 Abstrak
77 FAHMI ARIF PROBOJATI Perancangan Komunikasi Visual Untuk Promosi Bueno Winko di Semarang 62 Abstrak
78 PRIYAN KURNIATAMA Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Kerupuk Tancang Kelompok Tancang Jaya Desa Kartikajaya Kabupaten Kendal 62 Abstrak
79 ADAM AKBAR MAULANA Upaya Untuk Membangun Kesadaran Remaja Jepara Akan Dampak Mengkonsumsi Minuman Keras Melalui Perancangan Iklan Layanan Masyarakat 62 Abstrak
80 ARIF BUDI PRASETYO PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENDUKUNG PROMOSI PRODUK ANIMASI CERITA NABI PRODUKSI FLIP STUDIO SEMARANG 62 Abstrak
81 STANLAI MELVIN SUGIARTO Perancangan komunikasi visual untuk promosi SATRIO Wedding Organizer di Semarang 62 Abstrak
82 ADIBUL KHOIR Mengenalkan Pahlawan Jenderal Soedirman Kepada Anak Usia 9-12 Tahun Melalui Perancangan Game Edukasi 62 Abstrak
83 WILLIAM Analisa Penggunaan Motif Batik pada Kemasan Botol Bir Guinness dengan Metode ANOVA 62 Abstrak
84 ACHMAD SAFA`AT PERANCANGAN SIGN SYSTEM WISATA PENANGKARAN HIU PULAU KARIMUNJAWA UNTUK MEMPERMUDAH PERJALANAN WISATAWAN 62 Abstrak
85 MARIA ROSALIA NOVITASARI SEMIOTIKA PESAN VISUAL VIDEO ADVERTISING GUINNESS BATIK FRIDAYS ` I AM BATIK ` 62 Abstrak
86 KEVIN ABIWARDANI SUTANTO ILM BAHAYA RADIASI GADGET PADA MATA ANAK USIA 3-7 TAHUN 62 Abstrak
87 BURHANUDDIN WAFA Analisis Video Iklan Komersial Tokopedia Versi Tokopedia Bergerak Bersama Indonesia Menggunakan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce 62 Abstrak
88 MOCH INDRA MAHENDRA Perancangan Komunikasi Visual Interaktif di Museum Kereta Api Ambarawa 62 Abstrak
89 DANANG ASEP NUGROHO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT STOP BULLYING ! PADA ANAK SMP 62 Abstrak
90 AFIF ARISSETIAJI PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BALEMONG RESORT 62 Abstrak
91 SULISTIAWAN PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGENALKAN CANDI TUGU SEMARANG SEBAGAI CAGAR BUDAYA DI JAWA TENGAH 62 Abstrak
92 MUHAMMAD THORIQUL FIRDAUS PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY CV. TRESNO AJI UNTUK MENAMBAH CITRA PERUSAHAAN 62 Abstrak
93 ILHAM AKBAR IBRAHIM Perancangan Media Komunikasi Visual Kota Lama Semarang Sebagai Destinasi Objek Wisata Bersejarah 62 Abstrak
94 AGUS MUHAMAD SYUKRON PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY UD. MEKAR SARI MANDIRI 62 Abstrak
95 WINDA ASTRID ANANDE PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI PENCEGAHAN GIZI BURUK DI KOTA SEMARANG 62 Abstrak
96 I. REZA RAFSANJANI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL VAPEVOLUTION STORE SEMARANG 62 Abstrak
97 PERTIWI TRI SURYANI Perancangan iklan Layanan Masyarakat Tentang Vaksinasi Hewan Peliharaan Dengan Pendekatan Humor 62 Abstrak
98 ANIS HIDAYATI IFFA KARIMAH PERANCANGAN APLIKASI “INDANCE” UNTUK MEMPERKENALKAN TARI TRADISIONAL KEPADA ANAK - ANAK DI INDONESIA 62 Abstrak
99 ANDREAS KURNIA WIJAYA Perancangan Game Edukatif Berbasis Adventure Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia 6-12 tahun di English First 62 Abstrak
100 ZUFAR BURHANUDDIN IZZATI PERANCANGAN APLIKASI ANODEER CUSTOM 62 Abstrak
101 UMMULIA LAILASSALAMI MERANCANG GAME SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN MIULAN BOUTIQUE 62 Abstrak
102 MUHAMMAD IHSAN Perancangan Media Promosi Cafe Omah Tea di Pekalongan 61 Abstrak
103 YAHDHI FINTHO ARTHO Perancangan Desain Instruksional Cara Membeli Tiket Kereta Api Secara Online 61 Abstrak
104 RATIH NOR KARTIKA SARI PERANCANGAN BUKU DIGITAL TENTANG PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK MENDIDIK PERILAKU EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH 61 Abstrak
105 AWALIS HADI WIJAYANTO perancangan desain media promosi Mukti Cafe Semarang untuk meningkatkan omset perusahaan 61 Abstrak

PENELITIAN DOSEN

No Judul Ketua Peneliti Tahun
1 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
2 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
3 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
4 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
5 PERANCANGAN GAME DESIGN DEVELOPMENT ADAPTASI PERMAINAN MUL-MULAN KE DALAM PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2017
6 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
7 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
8 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
9 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
10 MODEL ADAPTASI PERMAINAN MACANAN KE DALAM PERANCANGAN PERMAINAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL KHAMADI 2015
11 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
12 Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Berbasis Support Vector Machine dan Genetic Algorithm CAHAYA JATMOKO 2015
13 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
14 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
15 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
16 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
17 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
18 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
19 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
20 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MOHAMAD TAUFIK 2015
21 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
22 IbM Aplikasi Perkantoran Bagi Guru MI Kebonharjo Semarang DANIAR WIKAN SETYANTO 2015
23 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
24 IbM Pelatihan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Softskill Bagi Siswa SMK Kyai Ageng Giri KHAMADI 2015
25 DESAIN ARSITEKTUR DATABASE SECARA REAL-TIME ANTAR DATABASE HETEROGEN UNTUK MENGELOLA INTEGRASI DATA ANTAR DATABASE EPIDEMIOLOGI MUSLIH 2014
26 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
27 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
28 Sistem Pemantau Pertumbuhan pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) Di Wilayah Propinsi Jawa Tengah CAHAYA JATMOKO 2014
29 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
30 IbM Pelatihan Pembuatan WEB Bagi Pengelola PUD Terpadu Ar-Rifai Kelurahan Sambiroto Semarang MUSLIH 2014
31 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
32 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
33 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
34 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
35 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
36 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
37 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)