Bachelor of Visual Communication Design


HEAD OF STUDY PROGRAM

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

WELCOMING SPEECH

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Sudi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator. 

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

INFORMATION AND ANNOUNCEMENT

Academic Information
Announcement of Study Program
Academic Calendar

VISION

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISSION

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


ACCREDITATION

Animation Design
Branding
Applications Design
Marketing Design
Photography
Typography
Nirmana

Mass Media
Software House
Advertising
Printing and Publishing
Industry Multimedia
Technopreneur

Designer
Photographers
Art Director
Illustrator
Animator

ACTIVITIES

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

LECTURER

No Name NIDN Current Education Position
1 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
2 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
3 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
4 DANIAR WIKAN SETYANTO, M.Sn0609128201Institut Seni IndonesiaAsisten Ahli
5 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
6 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISIAsisten Ahli
7 DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd0626107902Univ. Muhamadiyah SurakartaAsisten Ahli
8 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
9 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
10 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYAsisten Ahli
11 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
12 MUSLIH, M.Kom0604057501Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
13 DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN, S.Sn, M.Kom0607128803Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
14 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungAsisten Ahli
15 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusAsisten Ahli
16 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
17 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
18 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
19 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
20 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar
21 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar
22 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
23 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
24 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
25 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar

COURSE

Course Code Course Name T/P SKS Smt Syllabus RPKPS
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.17310 INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER UNTUK GAME T 2 3 Ada Ada
A14.17705 PEMROGRAMAN GAME I TP 3 7 Ada Ada

STUDENT'S RESEARCH

No Graduate’s Name Research Title Graduation Abstract
1 SHELLEY ANGELINA PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP UNTUK KAMPANYE PELESTARIAN LAUT KEPADA ANAK 65 Abstrak
2 FERI FADLI PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DENMAS TOMY MOTOR 65 Abstrak
3 ARDHANY ROSPRIHANANTO PERANCANGAN VISUAL IDENTITY MAKONANDA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS 65 Abstrak
4 WAHYU SANJAYA PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING APAKATA CREATIVE 65 Abstrak
5 MUHAMMAD IDZHAM BAIHAQQI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI AYAM GEPREK ULTRA DI KABUPATEN KENDAL 65 Abstrak
6 AKMAL WIDA PUTRA Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Penggunaan Layanan BRT Trans Semarang dan Memenuhi Target Penumpang 65 Abstrak
7 DANANG BAGUS SAPUTRO Perancangan Ulang Sign System Harmony Hotel and Homestay Sebagai sarana Informasi Bagi Pelanggan 65 Abstrak
8 RANGGA EKA PRAMANTYA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GREASER CLOTHING CUSTOM MOTORCYCLE ADVENTURE 65 Abstrak
9 INDAH PAKERTININGSIH PERANCANGAN MODEL KERETA API PERIODE 1867-1945 DI SEMARANG 65 Abstrak
10 NIMAS ARINI HAPSARI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENAI PENTINGNYA PAP SMEAR SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER SERVIKS 65 Abstrak
11 YUSUF NOOR AMIRUDIN BENTUK DAN MAKNA IKLAN U MILD VERSI SEPANJANG JALAN KENANGAN 65 Abstrak
12 PUNGKI ARI MUKTI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN VICIOUS COLONY SEBAGAI CLOTHING COMPANY DI KOTA SEMARANG 65 Abstrak
13 SABTIAR RAGIL SAPUTRO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ADINDA SNACK & CATERING JEPARA UNTUK MENINGKATKAN OMZET 65 Abstrak
14 MUKHAMMAD RIFALDI AFIF NUGROHO Perancangan Media Promosi Bengkel Andika Barokah Untuk Mengenalkan Bengkel Di Mata Masyarakat Kota Semarang 65 Abstrak
15 FUZ FAIDLAL HUDA Perancangan Destination Branding Kampung Budaya Jalawastu Di Brebes 65 Abstrak
16 JAVID MUHAMMAD FAEKAR Perancangan Ulang Corporate Identity Butik HA Laury 65 Abstrak
17 NINDY APRILLIYANI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENTINGNYA MELAKUKAN VAKSIN TT (Tetanus Toxoid) KEPADA CALON PENGANTIN WANITA DAN WANITA USIA SUBUR (WUS) DI JAWA TENGAH 65 Abstrak
18 ANGGI RISKY PRATIWI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PROGRAM GERTAGI GUNA MENDUKUNG INDONESIA BEBAS KARIES 2030 DI KOTA SEMARANG 65 Abstrak
19 MICHELLE NADIA FIRDAUS STUDI KAJIAN SEMIOTIKA POSTER FILM MISS GRANNY DARI BERBAGAI NEGARA DENGAN PENDEKATAN CHARLES SANDERS PIERCE 65 Abstrak
20 DIAH AYU SITI ISTIYANTI PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING UD TANI MAKMUR SEBAGAI PRODUSEN TEPUNG TAPIOKA UNGGULAN KHAS KOTA PATI 65 Abstrak
21 AFEN TRI MARVIATMOKO Kampanye Pelestarian Bangunan Cagar Budaya di Kabupaten Kudus 65 Abstrak
22 MOHAMMAD FEBRIAN ZAKARIA PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TENTANG BAHAYA BAHAN KIMIA OBAT DALAM OBAT TRADISIONAL 65 Abstrak
23 HERNANDA HARIS FAHMY PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN KELAPA GENJAH KOPYOR UNGGULAN DI KABUPATEN PATI 65 Abstrak
24 MUHAMMAD YUSUF PRIAMBODO REPRESENTASI ANTI BULLYING DALAM FILM MONSTER UNIVERSITY 65 Abstrak
25 DEWI FATIMATUZ ZAHROH RETORIKA VISUAL IKLAN MATAHARI DEPARTMENT STORE VERSI IMLEK 2018 - KEBAHAGIAAN SAAT KITA SALING MENGHARGAI (FEEL GOOD) 65 Abstrak
26 DWI RETNO OKTAVIA PERANCANGAN VISUAL BRANDING RITUAL SESAJI REWANDA DI GOA KREO 65 Abstrak
27 YOGA GUS PRATOMO Kajian Analisa Makna Visual Meme Setya Novanto Versi Tiang Listrik 65 Abstrak
28 WILYAN ADE SIWI UPAYA MENANAMKAN KESADARAN PAJAK SEJAK DINI DALAM NILAI BERBAGI DAN GOTONG ROYONG MELALUI GAME 65 Abstrak
29 KHARISMA NIMAS WAHYU ARDIKA PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY UNTUK PONDOK PRASMANAN PANUWUN SEMARANG 65 Abstrak
30 FIRZAS ANDREANA SETIAWAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GALERI SAKINAH TENUN TROSO JEPARA 64 Abstrak
31 OKI LISTIYANTO WIBOWO Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Guna Mensosialisasikan Kembali Kepada Masyarakat Tentang Larangan Parkir Liar di Kota Semarang 64 Abstrak
32 AFRULI HIYANA RENDRA. HS REVITALISASI SEJARAH KERETA API DI MUSIUM KERETA API AMBARAWA 64 Abstrak
33 RYAN HIDAYAT RAMDANSYAH SEMIOTIKA IKLAN MIO-Z VERSI KOMIKA 64 Abstrak
34 REYHAN AJI SETYA PRATAMA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TOKO ALAT KESEHATAN CV.LISA PRATAMA 64 Abstrak
35 MUHAMMAD SHANDY PURNAMA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA HIV & AIDS MELALUI SEKS BEBAS DIKALANGAN REMAJA KOTA SEMARANG 64 Abstrak
36 MUHAMMAD ACHRIS SUPRIHADI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL FESTIVAL BUDAYA PERANG OBOR 64 Abstrak
37 IVON ANDANG HAKIKI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGENAI PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK SEBAGAI UPAYA MENYADARKAN MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG 64 Abstrak
38 HILDA FREDY ARDIANSAH PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SATUDUATIGA STUDIO UNTUK MENINGKATKAN EKSISTENSI DI KOTA SEMARANG 64 Abstrak
39 ZAKKI FADILA ROSYID PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SWALAYAN ANEKA JAYA SAMBIROTO SEMARANG 64 Abstrak
40 ADITYA GINUNG PRADANA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI PENCEGAHAN HUMAN TRAFFICKING GADIS DIBAWAH UMUR DI KABUPATEN SEMARANG. 64 Abstrak
41 IHSAN PRASETYO MEMPERKENALKAN TRIANGLE CLOTH MELALUI MEDIA PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN 64 Abstrak
42 FAUZI SATRIA NUGRAHA Perancangan Media Iklan Sweda Custom Ring Sebagai Produk Hand Made Di Kota Yogyakarta 64 Abstrak
43 EKA PANCA WIJAYA PERANCANGAN DESTINATION BRANDING UNTUK MEWUJUDKAN KUNJUNGAN PARIWISATA KABUPATEN BATANG TAHUN 2022 MELALUI MEDIA VISUAL 64 Abstrak
44 HANIF FAZA RIZQA PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ASAL MULA TERJADINYA BLEDUG KUWU "JAKA LINGLUNG" UNTUK ANAK-ANAK USIA 6-12 TAHUN 64 Abstrak
45 HIDAYATUS SIFIYANA Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Saka Design Lab 64 Abstrak
46 AKBRIANTO NUGROHO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DELMAN RESTO UNTUK MENINGKATKAN OMZET 64 Abstrak
47 AULIA RIZAL IRFANSYAH PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN "LINC Photography" 64 Abstrak
48 AGUNG DHENDI SANTOSO Perancangan Media Promosi Nasi Kebuli Rumah Makan Tiang Tigo. 64 Abstrak
49 IQBAL JALU SEPTIAJI Perancangan Visual Branding Susi Souvenir Di Kota Semarang 64 Abstrak
50 NURTSALAMA VERRANGI VINAZRI IKONOGRAFI DESAIN ORNAMEN KEMASAN TREN WARNA SARIAYU VERSI KRAKATAU DAN GILI LOMBOK TERHADAP PENGARUH BRAND PRODUK SARIAYU 64 Abstrak
51 SHAFIRA TSANI AHMAD KAJIAN SEMIOTIKA IKON, INDEKS DAN SIMBOL PADA PROGRAM PEPSODENT "MAMA SIGI DAN PEPO" 64 Abstrak
52 ARDHANA FAKHAR BRAMANTIO PERANCANGAN SOSIALISASI MENGENAI E-TILANG UNTUK MASYARAKAT KOTA SEMARANG 64 Abstrak
53 ANIS SOFIYANTI MENINGKATKAN PELAYANAN PENUMPANG BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG MELALUI PERANCANGAN MEDIA DIGITAL 64 Abstrak
54 LIZA JULHDI MUTIARA RACHMADIEN UPAYA MENGEDUKASI DAN MENCEGAH KEPUNAHAN OWA JAWA MELALUI PERANCANGAN GAME 64 Abstrak
55 DYLLA IRVIANZHA PUTRI Perancangan Game sebagai Sosialisasi Program Adaptasi Perubahan Iklim Fokus Anak (APIFA) 64 Abstrak
56 THALITA NURSINTA AULIA PERANCANGAN APLIKASI BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT KOTA SEMARANG TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH BERNILAI EKONOMI 64 Abstrak
57 TYAS ZANTI ANGGRAINI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA BAYAT SEBAGAI WISATA UNGGULAN DI KOTA KLATEN 64 Abstrak
58 SEPTIAN DOLLY PUTRAYUDA Studi Karakter Rathalos dan Rathian dalam Game Monster Hunter 63 Abstrak
59 C. YOVENTINA RIAGUNG W. PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PUNCAK SUROLOYO BAGI MASYARAKAT YOGYAKARTA 63 Abstrak
60 AYU DIAH TRIANA PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SOSIALISASI PROGRAM SEMARANG SMART CITY DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
61 TRI ANGGIE DARMADIN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN PEMBELIAN KOSMETIK PALSU 63 Abstrak
62 DESTYA BALQIS PRAMUKTI KAJIAN ANALISA PERBANDINGAN MAKNA VISUAL SAMPUL NOVEL SUPERNOVA DEE LESTARI 63 Abstrak
63 JIWA BAWERA Kampanye Sosial Program (Ijin Usaha Mikro Melalui Online) Kepada pelaku UMKM baru Di Kota Semarang 63 Abstrak
64 PUNGKY NAYOAN PERANCANGAN KOMIK SEJARAH LEGENDA BLEDUG KUWU KABUPATEN GROBOGAN 63 Abstrak
65 FARIEZTYA AMADEA ANALISIS SEMIOTIKA PESAN VIDEO KLIP PEMBALASAN GRUP BAND METAL REVENGE THE FATE 63 Abstrak
66 ABI RIFQI ZULHILMY PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG HIMBAUAN NAIK BRT DAN MENINGGALKAN KENDARAAN PRIBADI DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
67 AMIRIL HUDA Perancangan Komunikasi Visual Penunjang Branding Kuliner Khas Kabupaten Kudus 63 Abstrak
68 AVIFE KURNIAWATI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI EKOWISATA MANGROVE TAPAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN 63 Abstrak
69 GALIH ARI PRADANA Perancangan Media Promosi Desa Wisata Gondang di Kabupaten Kendal 63 Abstrak
70 IKA WENINGTYAS UTAMI ANALISIS BENTUK DAN VISUALISASI DESAIN KEMASAN AQUA EDISI DISNEY PRINCESS 63 Abstrak
71 ADIT PERMADI PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MEMPERKENALKAN GUMUK RECO SEBAGAI WISATA ADRENALINE 63 Abstrak
72 NGAKAN NYOMAN PUTRA DHANANJAYA Perancangan Media Promosi Pop Up Dinner Twist 63 Abstrak
73 AZIZ SUBECHAN Perancangan Media Promosi Arya Teknik Melalui Komunikasi Visual Sebagai Upaya Memperluas Pasar 63 Abstrak
74 SURYA RAHADIAN ADI Perancangan Media Promosi distro The Big 63 Abstrak
75 REYNALDI SINARTA KAJIAN PENGARUH STYLE FOTOGRAFI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP DAYA TARIK KONSUMEN JENDELA COFFEE BREWERS DI KOTA SEMARANG 63 Abstrak
76 SATRIA NIPANEGARA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA APUNG "KAMPOENG RAWA" SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN OMZET PEREKONOMIAN WARGA DESA BEJALEN 63 Abstrak
77 CANGGIH JOKO SOEGIARTO Perancangan Visual Identity Kalialang Batik Untuk Meningkatkan Image Perusahaan 63 Abstrak
78 HENRA BINTANG PRAYOGA PERANCANGAN "SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYAKIT STROKE BAGI MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG" 63 Abstrak
79 RACHMANA FADILLAH PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL TPQ HIDAYATUL ATHFAL DI KABUPATEN SLAWI 63 Abstrak
80 ARDIYANTO PERANCANGAN SIGN SYSTEM OBJEK WISATA ELING BENING AMBARAWA 63 Abstrak
81 GAGAH DEO PAMUNGKAS PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOTEL PODOMORO 63 Abstrak
82 MUHAMMAD MIFTAH PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENTINGNYA DONOR DARAH BAGI MASYARAKAT KOTA SEMARANG 63 Abstrak
83 FAIZAL MAULANA Perancangan Upaya Mencegah Tindakan Bulimia Melalui Iklan Layanan Masyarakat 63 Abstrak
84 SAIFUDIN AHMAD REDESAIN CORPORATE IDENTITY RUMAH MAKAN SAPTO RENGGO BARU 63 Abstrak
85 MUHAMMAD ATHIF FIRAS PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN PROSES PEMBUATAN BATIK PERANAKAN PADA ANAK DI OEY SOE TJOEN PEKALONGAN 63 Abstrak
86 NANANG IRHAM KHALID DESTINATION BRANDING DEMAK SEBAGAI KOTA TUJUAN WISATA RELIGI 63 Abstrak
87 HANIP MAULANA KHAKIM PERANCANGAN VISUAL BRANDING `RUMAH GEBYOK` 63 Abstrak
88 ADI SETIAWAN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KESADARAN BERKENDARA SAAT KENDARAAN KHUSUS MELINTAS 63 Abstrak
89 WIKAN DEWANA JANMOTTAMA Kajian EDFAT dan Komposisi Fotografi Panggung: Studi Kasus Karya Firdaus Fadlil Periode 1990-2014 63 Abstrak
90 MEISITA HERJAYA PUTRI Kajian Estetika Sampul Novel Koala Kumal Karya Raditya Dika 63 Abstrak
91 ANDI MUHLIS Perancangan Media Promosi Untuk Memperkenalkan Seaside Beach Resto & Villa 63 Abstrak
92 ANITA FAJAR Kajian Copywriting Iklan Baliho B&J Jeans Semarang 63 Abstrak
93 CITRA AJENG PERMATA KURDI Perancangan Media Promosi "Warung Jepang Wasabi" untuk Memperluas Pasar 63 Abstrak
94 MUHAMAD FATKHUR ROHMAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK ZEROUN REVOLT KUDUS GUNA MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN DI LUAR KOTA KUDUS 63 Abstrak
95 BERLIAN GITA KUSUMA PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MEMPERLUAS SEGMEN PASAR USAHA SABLON "KARUNIA COLOUR" 63 Abstrak
96 RENALDO PRAMANA PUTRA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Mensosialisasikan Penyakit Menular Hewan Peliharaan 63 Abstrak
97 AMRI GHIFARI ARSYAD Perancangan Media Promosi Double H Chopper Sebagai Bengkel Kustom Motor 63 Abstrak
98 ARIZAL SINATRYA Perancangan Media Komunikasi Visual SEA Eagle Airsoft Field Arena 63 Abstrak
99 RAKA SANDIKA ADITAMA Kajian Analisa Makna Bentuk Visual Maskot Asian Game 1990-2018 63 Abstrak
100 ANIS SASONGKO Perancangan Visual Branding Pramesthi Batik 63 Abstrak
101 YORIS MARDIYAN WICAKSONO Upaya Meningkatkan Citra Bengkel Dengan Melakukan Branding Bengkel Sepeda Motor "FAJAR MOTOR" 63 Abstrak
102 FEERMANTLE DAUD HARIYANTO PERANCANGAN WEBSITE BATIK BAKARAN UPPKS "PUTRI KOTA GARAM" SEBAGAI MEDIA PROMOSI SENTRA BATIK TULIS KABUPATEN PATI 63 Abstrak
103 ARYO WIBISONO Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Storia Wedding Photography Melalui Komunikasi Visual 63 Abstrak
104 ALFIN FATCHURROZZI KOMUNIKASI VISUAL MEDIA SARANA INFORMASI PADA PENGGUNA JALAN RAYA DALAM MEMBERIKAN SEDEKAH KEPADA ANAK JALANAN 63 Abstrak
105 AHMAD LUTFIADI PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KEBON RAJA RESTORAN 63 Abstrak

LECTURER'S RESEARCH

No Research title Chief of the Research Year
1 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
2 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
3 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
4 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
5 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
6 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
7 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
8 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
9 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
10 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
11 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
12 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
13 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
14 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
15 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
16 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
17 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
18 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
19 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
20 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MOHAMAD TAUFIK 2015
21 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
22 IbM Aplikasi Perkantoran Bagi Guru MI Kebonharjo Semarang DANIAR WIKAN SETYANTO 2015
23 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
24 DESAIN ARSITEKTUR DATABASE SECARA REAL-TIME ANTAR DATABASE HETEROGEN UNTUK MENGELOLA INTEGRASI DATA ANTAR DATABASE EPIDEMIOLOGI MUSLIH 2014
25 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
26 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
27 IbM Pelatihan Pembuatan WEB Bagi Pengelola PUD Terpadu Ar-Rifai Kelurahan Sambiroto Semarang MUSLIH 2014
28 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
29 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
30 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
31 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
32 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
33 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
34 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006
35 ADAPTASI KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANTI HOAX BERBASIS VISUAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO
36 PELACAKAN DAN SEGMENTASI OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS VARIASI JARAK DWI PUJI PRABOWO
37 PENGEMBANGAN MOTIF TENUN TROSO BERBASIS KOMPUTER GRAFIS DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN
38 Mitos, Persepsi dan Makna Warna Pada Karakter Superhero Marvel DANIAR WIKAN SETYANTO
39 PENGARUH PERUBAHAN LAYOUT PADA RESPONSIVE WEBSITE TERHADAP PENGGUNA (Studi Kasus Website Surat Kabar Indonesia) AURIA F. YOGANANTI
40 Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Surakarta ANNAS MARZUKI SULAIMAN
41 Tranformasi Mainan Tradisional Warak Ngendog sebagai Upaya Pelestarian Budaya Mainan Tradisional melalui Metode ATUMICS ABI SENOPRABOWO
42 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
43 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
44 PENGEMBANGAN METODE PELACAKAN OBJEK BERBASIS SEGMENTASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FCM DWI PUJI PRABOWO
45 APLIKASI NIRMANA PADA KARYA FOTOGRAFI POTRAITURE 3D ANAGLYPH DANIAR WIKAN SETYANTO
46  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO
47  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO
48  Perancangan Info Grafis Instruksional Kampanye R3 (Reduce, Reuse Recycle) Ecobricks  DANIAR WIKAN SETYANTO
49  Penentuan parameter distribusi pada metode clahe untuk meningkatkan kualitas objek bawah laut   DWI PUJI PRABOWO
50  PERANCANGAN RUANG PAMER DIGITAL KE DALAM MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI UPAYA PENYEDIAAN RUANG PAMER INTERAKTIF UNTUK KARYA MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL  NOOR HASYIM
51  PENGEMBANGAN METODE LITERASI VISUAL UNTUK PENYEDIAAN MEDIA APRESISASI KARYA SENI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UDINUS   AGUS SETIAWAN
52 PENINGKATAN KUALITAS DAN NILAI EKONOMIS KARYA MAHASISWA MATA KULIAH METODE REPRODUKSI GRA1A PROGDI DKV UDINUS ANNAS MARZUKI SULAIMAN
53  Identi1asi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)