Bachelor of Visual Communication Design


HEAD OF STUDY PROGRAM

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

WELCOMING SPEECH

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Sudi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator. 

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

INFORMATION AND ANNOUNCEMENT

Academic Information
Announcement of Study Program
Academic Calendar
Informasi Tugas Akhir
Informasi Kerja Praktek
Informasi Kemahasiswaan

VISION

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISSION

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


ACCREDITATION

Animation Design
Branding
Applications Design
Marketing Design
Photography
Typography
Nirmana

Mass Media
Software House
Advertising
Printing and Publishing
Industry Multimedia
Technopreneur

Designer
Photographers
Art Director
Illustrator
Animator

ACTIVITIES

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

LECTURER

No Name NIDN Current Education Position
1 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Asisten Ahli
2 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusAsisten Ahli
3 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
4 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
5 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTALektor
6 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTALektor
7 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaLektor
8 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroLektor
9 DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN, S.Sn, M.Kom0607128803Universitas Dian NuswantoroLektor
10 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISILektor
11 DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd0626107902Univ. Muhamadiyah SurakartaLektor
12 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungLektor
13 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungLektor
14 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroLektor
15 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroLektor
16 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYLektor
17 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
18 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
19 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar
20 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
21 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
22 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
23 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar

COURSE

Course Code Course Name T/P SKS Smt Syllabus RPKPS
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17310 INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER UNTUK GAME T 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.17705 PEMROGRAMAN GAME I TP 3 7 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27718 PORTOFOLIO INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27720 ETIKA PROFESI INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada

STUDENT'S RESEARCH

No Graduate’s Name Research Title Graduation Abstract
1 ERANITA GUS TIRTA TANJUNG PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BATIK ZIE SEMARANG SEBAGAI PRODUSEN BATIK PEWARNA ALAMI RAMAH LINGKUNGAN 71 Abstrak
2 CIPTOLAKSMI DEA SEKARLANGIT PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KEDAI KOPI TUA UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
3 JECKO ALNOFEBRY UPAYA MEMPERKENALKAN KEMBALI KESENIAN WAYANG ORANG NGESTI PANDAWA MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT 71 Abstrak
4 GUNAWAN ADI NUGROHO KONSEP CERITA FOTO PREWEDDING DENGAN PENDEKATAN EDFAT DAN PENG LIHATAN KRITIS (STUDI KASUS FOTO PRE-WEDDING KARYA JOJO AKHYAR 2019-2020) 71 Abstrak
5 DELY ARIYANDI PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PRODUK BRAND SHOOT+ PERUSAHAAN DISNA SPORT & KONVEKSI 71 Abstrak
6 ZULFIKAR ADHITIANT BHAKTI PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL SOYBEAN RESTO UNTUK MERUBAH CITRANYA 71 Abstrak
7 YOLANDA DINDA AGATHA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat : Keluarga Harmonis, Hindari Perceraian 71 Abstrak
8 YAZID ARI AKSIN PERANCANGAN KATALOG BATIK TULIS BAKARAN JUWANA GUNA MENGENALKAN BATIK TULIS BAKARAN SEBAGAI BATIK ASLI KABUPATEN PATI 71 Abstrak
9 FARID ARMANSYAH NASUTION Perancangan Logo Kaayoe Furniture Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan 71 Abstrak
10 RIZQI JABBAR KURNIAWAN PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING RR COLLECTION 71 Abstrak
11 RAFI WISNU MASRADHITYO Perancangan Corporate Identity PT Kilau El Madani Untuk Memperkuat Citra Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Event Organizer 71 Abstrak
12 KEVIN ARIANDI Perancangan Media Promosi Locks Leather sebagai Upaya Memperluas Pemasaran di Kota Semarang 71 Abstrak
13 SHELLA AINUN RIZKI SAPUTRI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ORICHICK GUNA MENINGKATKAN OMSET DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
14 NORMAN RAMADONI PERANCANGAN MEDIA DIGITAL AUGMENTED REALITY MUSEUM MANDALA BHAKTI 71 Abstrak
15 RIZKY ARIEF RAMADHAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KELOMPOK USAHA BERSAMA BATIK SEROJA KABUPATEN GROBOGAN 71 Abstrak
16 DIKY OKTAVIAN FAJAR PRASETYA PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK MEMPERKENALKAN ABILITY (KEMAMPUAN) FITUR-FITUR MTARGET KEPADA CALON PENGGUNA 71 Abstrak
17 DANANG AULIA ADWITAMA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PENGENALAN GLOOMY PROJECT SUPAYA DIMINATI MASYARAKAT 71 Abstrak
18 REZA ALVIANSYAH PERANCANGAN SISTEM TANDA PADA OBYEK WISATA AGRO JOLONG DI PATI 71 Abstrak
19 ARDIAN AKHYA AFTONI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI LIVRO COFFEE SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA MALAM HARI 71 Abstrak
20 MOHAMMAD FAHMI IMMANULLAH PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERLUAS PANGSA PASAR SATOTO BARBERSHOP DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
21 DEVI KIKI ARDIYANTI PERANCANGAN ILUSTRASI UNTUK MEMPERKENALKAN BUKU RAMPAIAN PUISI PENDERITA GANGGUAN KEPRIBADIAN 71 Abstrak
22 BAYU AJI PRATAMA PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY DEVELOPER PERUMAHAN PT. MARMARA PROPERTINDO DI KOTA DEMAK 71 Abstrak
23 BAKHTIAR `AFI HABIBILLAH PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PESAN DUA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI SUSU KEMASAN 1000ml DI MASA PANDEMI COVID 19 71 Abstrak
24 LILIK YULIANTO PAMUNGKAS PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CUSTOM CIM UNTUK UNION INLINE SKATE SHOP GUNA MEMPERKENALKAN PRODUK BARU 71 Abstrak
25 ROSIANA ANDRA FARINNOVA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN BUTIK DIER 41 DI SEMARANG 71 Abstrak
26 FAZA HAIDAR RAHMAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RUMAH BAMBU KEBOEN & KEDAI AISYAH SEMARANG UNTUK MEMPERLUAS PASAR 71 Abstrak
27 PANDU RIZKI RAHARDIAN Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pembuatan Polisi Tidur di Lingkungan Pemukiman Kota Semarang 71 Abstrak
28 MUHAMMAD AFFAN RIZAL PERANCANGAN INFOGRAFIS DAN SIGN SYSTEM DI RITA PARK TEGAL 71 Abstrak
29 MUHAMMAD SOFI`I PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UD. JAYA LESTARI 71 Abstrak
30 AHMAD MAARIF AL-AKHIR SATYA PERWIRA LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KOLAM RENANG GARDENIA SEMARANG UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN 71 Abstrak
31 DINI FAUZIYYAH ISLAMI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GKINVEST SEMARANG UNTUK MEMPERLUAS PASAR 71 Abstrak
32 WIDAD AINUN NIKMAH PERANCANGAN GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG SEJARAH AGRESI MILITER BELANDA 71 Abstrak
33 MEGA PERMATASARI PERANCANGAN GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEDUKASI MASYARAKAT TENTANG BAHAYA LIMBAH TERHADAP BIOTA LAUT 71 Abstrak
34 RM. ADIMAS IMAN SUMARDHIKO PERANCANGAN KOMIK STRIP TENTANG BAHAYA MENGENDARAI SEPEDA MOTOR BAGI PELAJAR SMP 71 Abstrak
35 SOFIA ANNISA RAMADANI PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN ANAK MENGUNJUNGI DOKTER GIGI 71 Abstrak
36 PRIMANIZA KARTIKABUDI Perancangan Media Informasi dan Promosi Lucette Management Penyedia Jasa Pengembangan Bakat Anak 71 Abstrak
37 JIHAN FITRIAH PERANCANGAN MOTION GRAPHIC TENTANG BAHAYANYA FOOD WASTE DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
38 BANYOE PUJI BHASKORO PERANCANGAN MEDIA INFORMASI SAFETY INDUCTION PT UNITED TRACTORS PANDU ENGINEERING CIKARANG 71 Abstrak
39 REINALDI ADDO CHRISTIANTO Perancangan Visual Brand `Delivery Clean Helmet (DCH)` Di Kota Semarang 71 Abstrak
40 YOPI SETYO HADI NUGROHO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CIRCLE VAPOR DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
41 DIKA FRASTIYANTO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI PEDOMAN GIZI SEIMBANG UNTUK MENGATASI MASALAH OBESITAS PADA BALITA 71 Abstrak
42 BRIYAN IRFANA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM VITA CHROME 71 Abstrak
43 IZAL JULHDI ISMAIL PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PT. BAROBA GUNA MEMPERLUAS PASAR 71 Abstrak
44 SINDY OKTAVIA ANING TIYANA PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TENTANG LAGU GAMBANG SULING DENGAN UPAYA MEMPERKENALKAN KEMBALI SEBAGAI LAGU DAERAH JAWA TENGAH 71 Abstrak
45 RUSDHY LENGKANA JASMIN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI APLIKASI TAARUF ONLINE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA AKTIF DI SEMARANG 71 Abstrak
46 ADE RISTANTO PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND RECALL 71 Abstrak
47 FAUSIA AKORDTA NUR FITRIYANTI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR JASA AGEN BIRO PERJALANAN NONAME TRAVEL 71 Abstrak
48 AVATARA ROMADHONI PERANCANGAN VISUAL BRAND AKIO PHOTO WEDDING & PREWEDDING PHOTOGRAPHY DI KOTA SEMARANG 71 Abstrak
49 AHMAD ALIM FATHONI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN EVENTY GUNA MENINGKATKAN PELANGGAN PRODUK VIRTUAL EVENT 71 Abstrak
50 FAHRUDDIN NOVANINO SUBHAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN KEMBALI FILLINGSTREET COMPANY YOGYAKARTA 71 Abstrak
51 ANGGY PUTRA SATRIA PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN SOTO KLETHUK PAK GALO DI KABUPATEN BLORA UNTUK MENGUATKAN CITRA 71 Abstrak
52 DEA AUFA QEIS Perancangan Aplikasi Menu Digital Lesehan dan Rumah Makan “Rumah Bambu” Untuk Memperbaiki Sistem Pelayanan Rumah Makan 71 Abstrak
53 PUTRI NOVIKA DEVI PERANCANGAN APLIKASI MASDIKA UNTUK MEMPERMUDAH MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA 71 Abstrak
54 ABDUR RAHMAN HARITS REPRESENTASI KECANTIKAN PADA KARYA FOTOGRAFI FAJAR KRISTIONO 71 Abstrak
55 WAHYU REZA SAKTI PRASETYO Perancangan IKlan Layanan Masyarakt tentang Bahaya merokok saat berkendara 71 Abstrak
56 APRILIAN MISBAKHUL JIHAD PERANCANGAN CITY BRANDING KOTA KALIWUNGU SEBAGAI KOTA WISATA RELIGI 71 Abstrak
57 PUTRI RANA SURI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENSOSIALISASIKAN ECOBRICK SEBAGAI SOLUSI ATASI SAMPAH PLASTIK 71 Abstrak
58 JODI BHAYU HERFANDA REDESAIN CORPERATE IDENTITY BIRO PARIWISATA FANTASI TOUR SEMARANG 71 Abstrak
59 JOHN HAGAI TORAR PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA PERUMAHAN CAKRALAND 71 Abstrak
60 UMI FADAR WIJAYANTI PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY ZANITHA BOUTIQUE 70 Abstrak
61 HAIDAR RAFIF PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NASI KEBULI BU ELLY 70 Abstrak
62 MUHAMMAD FAIZAL ALFADIEN Pengelolaan Point Design Library pada Aplikasi Web MTARGET Sebagai Benchmark Perusahaan 70 Abstrak
63 ADI KURNIAWAN CAHYO PAMBUKO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WARUNG SUSU YUMMY UNTUK MENINGKATKAN PROFIT DAN MEMPERLUAS PANGSA PASAR DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
64 ZHILLA AULYA HIFZANAGARA Perancangan Iklan Komersial Annisa Griya Muslim Yogyakarta untuk Memperluas Pasar 70 Abstrak
65 DEJINO ARTA RIVANDIO Perancangan Media Promosi PT. Yoofix Digital Indonesia untuk mengenalkan aplikasi Yoofix di Yogyakarta 70 Abstrak
66 E. VICTORINE CLARITA PRISCALINA PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI PENGELOLAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
67 ADB ANGGORO GEMILANG PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN JAGGER COFFEE DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
68 ARI AFIF HENMARWANTO Perancangan Media Promosi Tiara Karimun Jawa untuk Memperluas Pangsa Pasar Di Jawa Tengah 70 Abstrak
69 YOPIE SURYO NUGROHO SOSIALISASI RAMBU LALU LINTAS KEPADA ANAK USIA 7-12 TAHUN MELALUI PERANCANGAN GAME EDUKASI KARTU RAMBU 70 Abstrak
70 REZA AZIIZUN HAKIM Perancangan Media Iklan Untuk Memperluas Pasar Crebo Custom Clothing Semarang 70 Abstrak
71 DEDI IRAWAN PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PRINSIP KESATRIA (LAKON KARNA TANDING) UNTUK REMAJA USIA 12- 19 TAHUN 70 Abstrak
72 EVA AMALIA HIDAYANA Perancangan Ulang Visual Brand Nayla Muslimah Store di Kota Semarang 70 Abstrak
73 RIAN HIBATUL WAFI Perancangan Ulang Identitas Visual Rumah Keripik Semarang 70 Abstrak
74 TSANIA MUSTIKA SHOLIH PERANCANGAN KOMIK DIGITAL MAK IRITS PADA MEDIA SOSIAL ONLINE (INSTAGRAM) 70 Abstrak
75 NATHANIA EKTANANDA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PONDOKAN MULIA-HOMESTAY & GUESTHOUSE SEMARANG 70 Abstrak
76 IFTINANTI ADHIBA Perancangan Komik Sebagai Media Pengingat Pentingnya Pemberian Fasilitas Kendaraan Bermotor Pada Remaja Di Usia Yang Tepat 70 Abstrak
77 LAILA NIHAYATUL QUSWA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SIRUP PALA BANARAN GROUP PRODUCT 70 Abstrak
78 MUHAMMAD QOWIM ANWAR DESTINATION BRANDING LASEM SEBAGAI CITRA KOTA PUSAKA 70 Abstrak
79 APRILLIA EKA ROSSANTY REDESAIN LOGO DE.ETNICO SEBAGAI SALAH SATU USAHA KAIN TENUN TROSO DI JEPARA 70 Abstrak
80 ZEFANYA THERESIA SIREGAR Perancangan Media Promosi Jajanan Khas Daerah Cepu "Rendra Jaya" Untuk Memperluas Pasar 70 Abstrak
81 ALAN DHARMASAPUTRA WIJAYA PERANCANGAN MERCHANDISE BOX SET UNTUK MEMPERTAHANKAN FANBASE KOMIK PATAH HATI (KPH) 70 Abstrak
82 FAHMI FASTABIK SABILI Perancangan Animasi 2D Motion Graphic Oleh BPPSPAM 70 Abstrak
83 MUHAMAD FAISAL FATHUR RAHMAN PERANCANGAN UI WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE PT HONEY INTERNATIONAL 70 Abstrak
84 ASTRIYANI RAHAYU PANGESTI Perancangan Komunikasi Periklanan Hotel Dafam Semarang untuk Menonjolkan Fasilitas sebagai Hotel Bintang 4 yang Memiliki Nuansa Budaya Semarang 70 Abstrak
85 GHEVIRA SALSABILA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN MIECOOL KEPADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
86 FAFA HUSEIN PUTRA UTAMA Perancangan Motion Graphic Pentingnya Antenatal Care Beserta Prosedurnya Bagi Ibu Hamil di Kota Semarang 70 Abstrak
87 IKMILA SANIYAL MUNA ANALISA SEMIOTIKA MAKNA HIDUNG PANJANG PADA ILUSTRASI SAMPUL MEDIA CETAK MAJALAH MINGGUAN TEMPO DAN INDOPOS 70 Abstrak
88 MARNIYATI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KEDAI NASI GORENG PADANG UDA JONI SEBAGAI KEDAI PELOPOR NASI GORENG PADANG DI KOTA BAMBU 70 Abstrak
89 SYLVIA AYU JULIANIE Perancangan Buku Ensiklopedia Pemanfaatan 11 Ramuan Jamu Saintifikasi Sebagai Bentuk Pelestarian Warisan Budaya Bangsa 70 Abstrak
90 MUHAMAD WAKHIDUL HUDHA PERANCANGAN MEDIA SOSIALISASI UNTUK MENGENALKAN SERTA MEMBERITAHUKAN SYARAT WAJIB PELAPORAN PROGRAM PELAPORAN PEMERINTAH LAPORHENDI 70 Abstrak
91 VIRDANIA NOVITA PRADINI PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TATA CARA BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) PADA KASUS HENTI JANTUNG DI SEMARANG 70 Abstrak
92 WIWIK SEPTIAWATI PERANCANGAN MEDIA GRAFIS SOSIALISASI GERTAGIUNTUK ORANG TUA DI KOTA SEMARANG 70 Abstrak
93 AYU RARA WULAN PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSIKAN OJWALA COMMUNICATION 70 Abstrak
94 ANANTA MANDALA PUTRA PERSEPSI VISUAL IKLAN PAID PROMOTE BUAH PLUM OPTRIMAX PLUM 70 Abstrak
95 INDRAYANA FARA MUHITHA Studi Visual Kemasan Vs Cita Rasa Indonesia Pada Kemasan Produk Keripik Singkong Rasalokal 70 Abstrak
96 CLAUDIUS CHRISTY ALFINO PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL "LAPAS MAUT" SEBAGAI SARANA PENAWARAN PROYEK FILM 70 Abstrak
97 WIEM KHALIFA ZAHRA Redesain Website Visit Jawa Tengah 70 Abstrak
98 AFIFAH TENRI NUGRAHENI ANALISIS PERILAKU BERSOSIAL MEDIA DALAM ILUSTRASI JOAN CORNELLA 70 Abstrak
99 PURNOMO SANDY WICAKSANA Perancangan Media Promosi Hero Musik Studio Di Kota Semarang 70 Abstrak
100 NISRINA NAZIHA ZALTY PERANCANGAN BUKU PANDUAN SOSIALISASI DAN PROSEDUR MENJADI ANGGOTA COD PT POS YOGYAKARTA 70 Abstrak
101 AULIA HAYUNINGTYAS Redesain Corporate Identity New Sisterz Butik Semarang 70 Abstrak
102 ACHMAD RAHARDYAN FATKHURROHMAN Perancangan Iklan Komersial Objek Wisata Alam Lembah Nirwana Sebagai Wisata Unggulan Di Kabupaten Kendal 70 Abstrak
103 ABDAN AKBAR SYAKURO Perancangan Ulang Corporate IdentityAngkringan 88 Semarang 70 Abstrak
104 YOLA NOVIANDITA A PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI BERKAITAN DENGAN MASALAH KESEHATAN MENTAL DI INDONESIA 70 Abstrak
105 GERARDUS JODI HARTONO PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA (NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF) PADA ANAK SEKOLAH DI SEMARANG 70 Abstrak

LECTURER'S RESEARCH

No Research title Chief of the Research Year
1 REPRESENTASI CITRA KECANTIKAN IDEAL PADA KARAKTER HEROINE MARVEL   DANIAR WIKAN SETYANTO 2020
2 Pemanfaatan Ornamen Masjid Agung Demak Sebagai Motif Batik Khas Demak Sebagai Local Genius  ABI SENOPRABOWO 2020
3 Memperkenalkan Benda-Benda Cagar Budaya di Masjid Agung Demak melalui Perancangan Aplikasi Berbasis Virtual Reality  AURIA F. YOGANANTI 2020
4 Analisis Usability konsep User Experience (UX) pada Konten Aplikasi Madhang.id  DWI PUJI PRABOWO 2020
5 Analisis Usability konsep User Experience (UX) pada Konten Aplikasi Madhang.id  DWI PUJI PRABOWO 2020
6  Model Deteksi Wajah Dosen Sebagai Sarana Perbaruan Sistem Fingerprint  CAHAYA JATMOKO 2020
7  Model Deteksi Wajah Dosen Sebagai Sarana Perbaruan Sistem Fingerprint  CAHAYA JATMOKO 2020
8  Pencapaian Media Digital Dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro)  AGUS SETIAWAN 2020
9  Pengolalaan Data Siswa Menggunakan Ms. Access pada Tenga Pendidik di SD Kristen Bala Keselamatan  CAHAYA JATMOKO 2020
10  Pengolalaan Data Siswa Menggunakan Ms. Access pada Tenga Pendidik di SD Kristen Bala Keselamatan  CAHAYA JATMOKO 2020
11  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO 2019
12  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO 2019
13  Perancangan Info Grafis Instruksional Kampanye R3 (Reduce, Reuse Recycle) Ecobricks  DANIAR WIKAN SETYANTO 2019
14  Penentuan parameter distribusi pada metode clahe untuk meningkatkan kualitas objek bawah laut   DWI PUJI PRABOWO 2019
15  Penentuan parameter distribusi pada metode clahe untuk meningkatkan kualitas objek bawah laut   DWI PUJI PRABOWO 2019
16  PERANCANGAN RUANG PAMER DIGITAL KE DALAM MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI UPAYA PENYEDIAAN RUANG PAMER INTERAKTIF UNTUK KARYA MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL  NOOR HASYIM 2019
17  PENGEMBANGAN METODE LITERASI VISUAL UNTUK PENYEDIAAN MEDIA APRESISASI KARYA SENI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UDINUS   AGUS SETIAWAN 2019
18 PENINGKATAN KUALITAS DAN NILAI EKONOMIS KARYA MAHASISWA MATA KULIAH METODE REPRODUKSI GRAFIKA PROGDI DKV UDINUS ANNAS MARZUKI SULAIMAN 2019
19 Pemanfaatan Komputer Grafis dalam menyajikan Gagasan Pesan dan Ajakan dalam bentuk Iklan, Slogan dan Poster di SMPN 1 Karangtengah Demak AHMAD AKROM 2019
20 REVITALISASI ARTEFAK BUDAYA KOTA DEMAK SEBAGAI MEDIA INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DWI PUJI PRABOWO 2019
21 REVITALISASI ARTEFAK BUDAYA KOTA DEMAK SEBAGAI MEDIA INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DWI PUJI PRABOWO 2019
22 Redesign User Interface Website Lapor Hendi untuk Warga Kelas Menengah-Bawah di Kota Semarang  DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN 2019
23 Pengembangan Media Web Interaktif (KUTHUK) Kuliner Khas Kota Kudus Dalam Menopang Ekonomi Kreatif UMKM di Kabupaten Kudus  HENRY BASTIAN 2019
24  Identifikasi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA 2019
25 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
26 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
27 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
28 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
29 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
30 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
31 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
32 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
33 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
34 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
35 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
36 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
37 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
38 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
39 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
40 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
41 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
42 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
43 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
44 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MOHAMAD TAUFIK 2015
45 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
46 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
47 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
48 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
49 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
50 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
51 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
52 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
53 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
54 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
55 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006
56 ADAPTASI KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANTI HOAX BERBASIS VISUAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO
57 PELACAKAN DAN SEGMENTASI OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS VARIASI JARAK DWI PUJI PRABOWO
58 PELACAKAN DAN SEGMENTASI OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS VARIASI JARAK DWI PUJI PRABOWO
59 PENGEMBANGAN MOTIF TENUN TROSO BERBASIS KOMPUTER GRAFIS DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN
60 Mitos, Persepsi dan Makna Warna Pada Karakter Superhero Marvel DANIAR WIKAN SETYANTO
61 PENGARUH PERUBAHAN LAYOUT PADA RESPONSIVE WEBSITE TERHADAP PENGGUNA (Studi Kasus Website Surat Kabar Indonesia) AURIA F. YOGANANTI
62 Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Surakarta ANNAS MARZUKI SULAIMAN
63 Tranformasi Mainan Tradisional Warak Ngendog sebagai Upaya Pelestarian Budaya Mainan Tradisional melalui Metode ATUMICS ABI SENOPRABOWO
64 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
65 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
66 PENGEMBANGAN METODE PELACAKAN OBJEK BERBASIS SEGMENTASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FCM DWI PUJI PRABOWO
67 PENGEMBANGAN METODE PELACAKAN OBJEK BERBASIS SEGMENTASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FCM DWI PUJI PRABOWO
68 APLIKASI NIRMANA PADA KARYA FOTOGRAFI POTRAITURE 3D ANAGLYPH DANIAR WIKAN SETYANTO
69  Identi1asi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA

Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)