Bachelor of Visual Communication Design


HEAD OF STUDY PROGRAM

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI, M.Kom, Ph.D.

0686.11.1997.139

WELCOMING SPEECH

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Program Sudi DKV mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus telah berkembang sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang semakin baik dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan surat keputusan Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual.

Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, dan menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator. 

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi

Desain Komunikasi Visual Udinus

 

Ir. S. Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

INFORMATION AND ANNOUNCEMENT

Academic Information
Announcement of Study Program
Academic Calendar

VISION

Menjadi Program Studi Pilihan Utama Dalam Bidang Desain Komunikasi Visual Dan Teknologi Multimedia Di Indonesia, Yang Unggul Dan Berjiwa Entrepreneurship Pada Tahun 2016.

MISSION

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.


ACCREDITATION

Animation Design
Branding
Applications Design
Marketing Design
Photography
Typography
Nirmana

Mass Media
Software House
Advertising
Printing and Publishing
Industry Multimedia
Technopreneur

Designer
Photographers
Art Director
Illustrator
Animator

ACTIVITIES

Pameran Tugas Akhir

Creative Camp

PICKNICK Art and Design

Gathering with Kreavi

Playing Board Game "Penjelajah Semarang"

LECTURER

No Name NIDN Current Education Position
1 DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd0626107902Univ. Muhamadiyah SurakartaAsisten Ahli
2 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Asisten Ahli
3 AHMAD AKROM, S.Sn, M.Kom0626018901UdinusAsisten Ahli
4 CAHAYA JATMOKO, M.Kom0614027402Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
5 NOOR HASYIM, M.Ds.0613018801Asisten Ahli
6 HENRY BASTIAN, M.Kom0606037601Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
7 ERISA ADYATI RAHMASARI, S.Sn, M.Kom0609078801Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
8 MUSLIH, M.Kom0604057501Universitas Dian NuswantoroAsisten Ahli
9 AGUS SETIAWAN, M. Sn0615058302ISI SURAKARTAAsisten Ahli
10 DANIAR WIKAN SETYANTO, M.Sn0609128201Institut Seni IndonesiaAsisten Ahli
11 BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA, ST, M.Si0608037202Universitas IndonesiaAsisten Ahli
12 GODHAM EKO SAPUTRO, S.Sn., M.DS0612108603ISIAsisten Ahli
13 ABI SENOPRABOWO, M.Ds0609118801Institut Teknologi BandungLektor
14 TOTO HARYADI, S.Sn, M.Ds0629038901Institut Teknologi BandungLektor
15 AURIA F. YOGANANTI, S.Sn,MTDdesign0624098201EWHA WOMANS UNIVERSITYLektor
16 DWI PUJI PRABOWO, S.Sn,M.Kom0618058901Universitas Dian NuswantoroLektor
17 DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN, S.Sn, M.Kom0607128803Universitas Dian NuswantoroLektor
18 MUH ARIFFUDIN ISLAM, M.Sn0614108201ISI SURAKARTTATenaga Pengajar
19 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, S.Sn0616087604Universitas Negri SurakartaTenaga Pengajar
20 PURI SULISTIYAWATI, S.Sn, M.Kom0606018902Tenaga Pengajar
21 DENNI ALDI RAMADHANI, M.Kom0605049101Universitas Dian NuswantoroTenaga Pengajar
22 ANNAS MARZUKI SULAIMAN, M.Sn0616087604INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTATenaga Pengajar
23 ADJI NUGROHO, M.Sn0608027103Tenaga Pengajar
24 LUK LUK LUHURING S., S.Kom, M.T0631018501Tenaga Pengajar
25 MOHAMAD TAUFIK, M.Sn.0615126203Tenaga Pengajar

COURSE

Course Code Course Name T/P SKS Smt Syllabus RPKPS
A14.17203 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL I TP 6 3 Ada Ada
A14.17205 BAHASA INGGRIS II T 2 2 Ada Ada
A14.17301 MENGGAMBAR II P 2 3 Ada Ada
A14.17305 ILUSTRASI I P 2 3 Ada Ada
A14.17306 FOTOGRAFI II TP 3 3 Ada Ada
A14.17310 INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER UNTUK GAME T 2 3 Ada Ada
A14.17407 METODE PRODUKSI GRAFIKA II TP 2 5 Ada Ada
A14.17505 ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.17632 BAHASA VISUAL IKLAN T 2 6 Ada Ada
A14.17705 PEMROGRAMAN GAME I TP 3 7 Ada Ada
A14.27101 TIPOGRAFI TP 2 1 Ada Ada
A14.27102 NIRMANA TP 3 1 Ada Ada
A14.27103 GAMBAR TEKNIK P 2 1 Ada Ada
A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 1 Ada Ada
A14.27106 SKETSA P 2 1 Ada Ada
A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF TP 2 2 Ada Ada
A14.27202 MENGGAMBAR 1 TP 3 2 Ada Ada
A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 P 2 2 Ada Ada
A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL T 2 2 Ada Ada
A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI T 2 2 Ada Ada
A14.27206 ESTETIKA T 2 2 Ada Ada
A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 TP 6 3 Ada Ada
A14.27302 MENGGAMBAR 2 TP 3 3 Ada Ada
A14.27303 CREATIVE WRITING T 2 3 Ada Ada
A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 P 2 3 Ada Ada
A14.27305 FOTOGRAFI 1 TP 3 3 Ada Ada
A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI T 2 3 Ada Ada
A14.27307 TEKNIK PRESENTASI T 2 3 Ada Ada
A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 TP 6 4 Ada Ada
A14.27402 DESAIN WEB P 2 4 Ada Ada
A14.27403 SINEMATOGRAFI T 2 4 Ada Ada
A14.27404 ILUSTRASI TP 2 4 Ada Ada
A14.27405 FOTOGRAFI 2 TP 3 4 Ada Ada
A14.27406 METODOLOGI DESAIN T 2 4 Ada Ada
A14.27407 TINJAUAN DESAIN T 2 2 Ada Ada
A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 T 2 4 Ada Ada
A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 TP 6 5 Ada Ada
A14.27502 VISUAL STORYTELLING TP 2 5 Ada Ada
A14.27503 AUDIO VISUAL TP 4 5 Ada Ada
A14.27504 KRITIK DESAIN T 2 3 Ada Ada
A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 P 2 5 Ada Ada
A14.27507 TEORI PERIKLANAN T 2 5 Ada Ada
A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 TP 6 6 Ada Ada
A14.27602 PEMODELAN 3D P 2 6 Ada Ada
A14.27603 ANIMASI 2D TP 4 6 Ada Ada
A14.27604 MULTIMEDIA T 2 6 Ada Ada
A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP T 2 5 Ada Ada
A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA P 2 6 Ada Ada
A14.27607 MEDIA INTERAKTIF P 2 6 Ada Ada
A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN TP 4 6 Ada Ada
A14.27609 BAHASA VISUAL T 2 6 Ada Ada
A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS TP 4 6 Ada Ada
A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27612 TEORI ANIMASI T 2 6 Ada Ada
A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME P 2 6 Ada Ada
A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER T 2 6 Ada Ada
A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN TP 3 6 Ada Ada
A14.27616 PUBLISHING T 2 6 Ada Ada
A14.27701 KOLOKIUM T 4 7 Ada Ada
A14.27702 KERJA PRAKTEK P 2 7 Ada Ada
A14.27703 MANAJEMEN DESAIN T 2 7 Ada Ada
A14.27704 BIMBINGAN KARIER T 2 7 Ada Ada
A14.27705 ETIKA PROFESI T 2 7 Ada Ada
A14.27706 NEW MEDIA T 2 5 Ada Ada
A14.27707 PROYEK INTERAKTIF TP 4 5 Ada Ada
A14.27708 VISUAL MERCHANDISING TP 4 5 Ada Ada
A14.27709 DESAIN ORNAMEN TP 2 5 Ada Ada
A14.27710 KAJIAN BUDAYA T 2 5 Ada Ada
A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D TP 4 5 Ada Ada
A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D TP 4 5 Ada Ada
A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT T 2 5 Ada Ada
A14.27714 PEMROGRAMAN GAME TP 4 5 Ada Ada
A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A14.27716 DESAIN PRODUK TP 2 5 Ada Ada
A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27718 PORTOFOLIO INDUSTRI P 4 7 Ada Ada
A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27720 ETIKA PROFESI INDUSTRI T 2 7 Ada Ada
A14.27801 TUGAS AKHIR TP 8 8 Ada Ada

STUDENT'S RESEARCH

No Graduate’s Name Research Title Graduation Abstract
1 IVANKA CAHYA GUMAWANG PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MINUMAN JAHE INSTAN RAJAHE UNTUK MENIGKATKAN PENJUALAN 68 Abstrak
2 ANDREW MADANO 68 Abstrak
3 MUHAMMAD GOVAR RIKO FAUZI PERANCANGAN VIDEO KLIP LAGU `27` UNTUK MEMPERKENALKAN BAND SATURN RETURN 68 Abstrak
4 PIJAR ARIF SETIARKO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN GUBUK SABLON DI KOTA PATI 68 Abstrak
5 YOFFI ARIEZKY MAULANA PERANCANGAN VISUAL IDENTITAS `BARBERSHOP OFFAZ` 68 Abstrak
6 KAMEL YONATAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ENDAR FOOTWEAR 68 Abstrak
7 DIQIAH FATHURRAHMAN HASRI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK ME-REPOSITIONING KOSTI SEMARANG 68 Abstrak
8 EKO RIZKI SUGIARSO PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SEJARAH KERAJAAN NUSANTARA EPISODE KEBANGKITAN MAJAPAHIT UNTUK ANAK USIA 6 - 13 TAHUN SEBAGAI UPAYA PENGENALAN NILAI SEJARAH SEJAK DINI 68 Abstrak
9 HASTO BOWO YAKTIPURNA PERANCANGAN MEDIA IKLAN PROGRAMAPLIKASI WIS SEMAR SEBAGAI PROGRAM APLIKASIWISATA SEMARANG 68 Abstrak
10 ADITYA PRIYUDHA PERANCANGAN GAME `BALADA HOAX` AGAR BIJAK BERSOSIAL MEDIA DALAM MENGANTISIPASI BEREDARNYA HOAX 68 Abstrak
11 IGNATIUS BAGAS KRISNAWAN PUTRA Prancangan Media Promosi Untuk Memperkenalkan Sirup Gasit Kepada Masyarakat Di Kota Semarang 68 Abstrak
12 ILHAM TEGUH INDRIANTO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL 68 Abstrak
13 ADITYA FERRY JULIANTO KAJIAN PERUBAHAN ILUSTRASI DI DALAM KEMASAN TOLAK ANGIN VARIAN SERBUK KE CAIR TAHUN 1951 HINGGA 2018 68 Abstrak
14 DANIEL BOHANG Perancangan Media Promosi Butik Batik Pasha Sebagai Batik Motif Kontemporer Khas Semarangan 68 Abstrak
15 MOHAMAD RIFKI Perancangan Media Komunikasi Visual Mimoze Semarang Sebagai Brand Clothing 68 Abstrak
16 DAMAK KARTIKANINGRUM PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENTINGNYA `SAFETY PAUSE` PADA KARYAWAN PT. PERTAMINA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA 68 Abstrak
17 ANDRI YUMANDA SAPUTRA KAJIAN ILUSTRASI PADA BUKU ANAK HEBAT USIA 3 - 4 TAHUN TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK TK 68 Abstrak
18 RIVARDY OKKA BINTANG RAMADHANNA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CLOWOR DISTRO 68 Abstrak
19 DEVRI ARMITHA PROMOSI WISATA KULINER KHAS KOTA SEMARANG 68 Abstrak
20 NABIELLA AZIZI Perancangan Visual Branding Jenang Karomah Di Kudus 68 Abstrak
21 RIFKHATUL KHASIF PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI CERITA RAKYAT BERDIRINYA KABUPATEN BATANG 68 Abstrak
22 YURIDHIA FARHAN DHARUTAMA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RODALINK SEMARANG GUNA MEMPERLUAS PASAR 68 Abstrak
23 JONI TRI ATMOJO Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Dampak Jangka Panjang Aktivitas Polutan Pada Objek Air Sungai Di Wilayah Semarang 68 Abstrak
24 JUNIO AKBAR Perancangan Iklan Komersial Quina Breadhouse Guna Memperkenalkan Produk 68 Abstrak
25 PRAKOSO JATIPUTRA HARMANTO PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KELAS `STORY MAKER` DI ROBOKIDZ PANDANARAN 68 Abstrak
26 AHMAD SYAIFUL ANWAR UPAYA MENGENALKAN SEJARAH KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG MELALUI PERANCANGAN GAME 68 Abstrak
27 ANGGA BAGUS TRI ASMOKO LAPORAN TUGAS AKHIRPERANCANGAN MEDIA PROMOSI AlBUMBAND INDIE GRISSNESS CULTURE 68 Abstrak
28 KIROM BARABA KAMPANYE `AYO NAIK BIS` MELALUI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DI KOTA SEMARANG 68 Abstrak
29 AYU WULANDARI SOSIALISASI STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN DI WILAYAH KEBONHARJO KOTA SEMARANG MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL 68 Abstrak
30 ARIF MAHMUDAN SAPUTRA PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGAJAK ANAK BERINTERAKSI SECARA LANGSUNG DI ERA DIGITAL 68 Abstrak
31 M. FAIZAL AKBAR PRATAMA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTING NYA PELESTARIAN TAMAN BUDAYA RADEN SALEH 67 Abstrak
32 SETYA ADI WIJAYA PERANCANGAN SIGN SYSTEM DI OBJEK WISATA PETIRTAAN DEREKAN DAN CANDI NGEMPON 67 Abstrak
33 DWI ANGGRAENI PURBANINGRUM REDESAIN CORPORATE IDENTITY PT GRIYA PONDOK BINASEJATI DI SEMARANG 67 Abstrak
34 RIZA LATIF PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTING SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT 67 Abstrak
35 HERU WIGUNARSO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GRIYA PERSADA CONVENTION HOTEL DAN RESORT 67 Abstrak
36 MUHAMMAD RIZAL YUDHA PERWIRA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GOXHA EVENT ORGANIZER SEMARANG 67 Abstrak
37 USWATUN KHASANAH PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMANFAATAN WAKTU SECARA BIJAK UNTUK PELAJAR SMP DAN SMA 67 Abstrak
38 AHMAD MUJADID ANWAR PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI UPAYA MEMPERKENALKAN CAMILAN RICH POTATO DI SEMARANG 67 Abstrak
39 JIMAT EKO BUDIONO PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING CV. JAVA TEAKINDO 67 Abstrak
40 FERBIE ANANTA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN BENGKEL MODIFIKASI 126 PROJECT BODYWORK 67 Abstrak
41 ARIS SURYANTO PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL MIMO CAFE DI KUDUS UNTUK MEMBENTUK CITRA BARU 67 Abstrak
42 HARDIANTO ADHI BASKORO MENGENALKAN KEDAI RAHAT PEKALONGAN SEBAGAI UPAYA MENARIK MINAT KONSUMEN MELALUI MEDIA PROMOSI 67 Abstrak
43 DWI AD HA MEILANDI Perancangan Media promosi Win.tosh Coffee Shop di Kabupaten Batang 67 Abstrak
44 VISI WAHYUNING PRAJA PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARKAT TENTANG SOSIALISASI PENCEGAHAN OBESITAS DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
45 RIZKY AYU WULANDARI Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat Tentang `Stop Mengonsumsi Daging Anjing` 67 Abstrak
46 MOHAMMAD FIRMAN BUSAIRI Perancangan Visual Brand Royan Aquarium Di Kota Semarang 67 Abstrak
47 GHINA FARAH DEWI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI ULANG TAHUN RUMAH ICE CREAM YANG KE-3 UNTUK MENINGKATKAN KONSUMEN 67 Abstrak
48 MUHAMMAD ARIFIN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG ANJURAN MENGGOSOK GIGI UNTUK ANAK USIA DINI 67 Abstrak
49 WAHYU ADHI KURNIAWAN PERANCANGAN PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN LOKAJAYA MAGIC TOUR DI KOTA SEMARANG MELALUI OPTIMALISASI MEDIA ONLINE 67 Abstrak
50 NOVI KURNIAWATI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA SEMARANG MELALUI GAME 'KANAL MISSION' 67 Abstrak
51 REZA DICKY KURNIAWAN PERANCANGAN GAME EDUKASI DODOLAN JAMU UNTUK MEMPERKENALKAN TANAMAN OBAT BERBASIS ANDROID PADA ANAK USIA 12 - 15 TAHUN 67 Abstrak
52 ERIKA SINTHA DEWI PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND PRODUK HANDALL BERBAHAN VEGETABLE TANNED LEATHER 67 Abstrak
53 MUHAMMAD AMIRUL WILDAN PERANCANGAN CORPORATE BRANDING ADY DEKORASI KUDUS 67 Abstrak
54 METTA KRISTIYANI PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI LAGU DAERAH JAWA TENGAH CAPING GUNUNG 67 Abstrak
55 YULIANA RAHMAWATI PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND CV. INDOTAMA RAYA DI SEMARANG 67 Abstrak
56 ALIFFUDIN ACHMAD ZUFARO Perancangan Media Iklan Alvin Photograpy Semarang untuk memperkenalkan foto post wedding di kota Semarang 67 Abstrak
57 IKA PRATIWI PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY ANGGUN PROL TAPE DAN SNACK DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
58 VIRDHA WIDYASTUTY PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI UPAYA MENCEGAH ANAK-ANAK DIBAWAH UMUR MENGGUNAKAN KENDARAAN BERMOTOR SEBELUM WAKTUNYA 67 Abstrak
59 AHMAD SAIFUL HAKIM PERANCANGAN MEDIA PROMOSI LAUNCHING MINI ALBUM PEREMPUAN BAND INDIE FOLK SORE TENGGELAM 67 Abstrak
60 AUDRIAN RIZKI ARSENA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WINGKO WIJEN EVITA DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
61 JECLIN ROTAMA SIANTURI Perancangan Iklan Komersial Goeboeg Made 67 Abstrak
62 FADLUM MU`IN PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI PUPUK ORGANIK BAGI PETANI 67 Abstrak
63 KARISMA PUTRI MIRANTI PESAN FEMINISME RELIEF CANDI SUKUH DENGAN PENDEKATAN TUBUH, SEKS DAN GENDER 67 Abstrak
64 RIZKY DARYO PERANCANGAN INFOGRAFIS KAMPUS UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO 67 Abstrak
65 RIZZA KANSA FAHLEVY PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKKENALKAN PROGRAM KELAS HIP-HOP OLEH FATBEAT PRO DJ SCHOOL DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
66 FAJAR BACHTIAR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI HERO COFFEE INDONESIA DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
67 ABHIYOGA MANGGALA WIDAGDHO PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN PELATIHAN TARI DI SOBOKARTTI KEPADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG 67 Abstrak
68 ACHMAD AFANDI Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Saintifikasi Jamu Melalui Media Komunikasi Visual Sebagai Upaya Menambah Prosentase Pengguna Jamu Di Indonesia 67 Abstrak
69 RIZALDO ARIF AKBAR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI APLIKASI MADHANG.ID UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
70 FAIZAL NURUL AJI SATRIA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MEETING ROOM ABLE COFFEE`S SEMARANG 67 Abstrak
71 ADE BANGUN PRAKOSO Perancangan Media Iklan Layanan Masyarakat Untuk Sosialisasi KIA ( Kartu Identitas Anak) di Kota Semarang 67 Abstrak
72 DEWI SATIYA PENI Perancangan Media Promosi Sanggar Senam Nadine Cabang Kedungmundu Semarang 67 Abstrak
73 SONNY DARMAWAN Pengelolaan Visual pada Konten Instagram Sebagai Identitas Visual Otodriver 67 Abstrak
74 BRILIAN FIKRI ASTANA Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Menekan Angka Kriminalitas Anak Di Bawah Umur Di Kota Semarang 67 Abstrak
75 YENNI NOVITA ARDIYANA PERANCANGAN INFOGRAFIS SIGN SYSTEM SEMARANG ZOO 67 Abstrak
76 LAEZA AZKA AZKIA YULFAJRINA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PLAPLAY INDOOR THEMEPARK SEBAGAI WAHANA BERMAIN DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
77 ALIFFIAR FAH ROSSI PERANCANGAN KONTEN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN POTENSI PENGGUNA BARU MTARGET 67 Abstrak
78 ADIMAS AFIF NUGROHO UPAYA MENINGKATKAN JANGKAUAN KONSUMEN IDEO PHOTOGRAPHY MELALUI MEDIA PROMOSI 67 Abstrak
79 IRFAN DWI SETYAWAN PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PRODUK KECANTIKAN BEAUTYPOINT 67 Abstrak
80 TITO KURNIARAHMAN PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL GUNA MEMPERKENALKAN BUS WISATA GRATIS DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
81 FADHIL PUTRA ERDIANSYAH Kajian Visual Desain Karakter Wiro Sableng Pada Game AOV Sebagai Karakter Lokal Indonesia 67 Abstrak
82 ANGGRIESTA HADI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CLARISSA CHOCOLATE SEMARANG UNTUK MENGENALKAN KEPADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG 67 Abstrak
83 NORLITA HERMINA PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TENTANG LEGENDA BUKIT TANGKILING UNTUK ANAK-ANAK 67 Abstrak
84 NATHANAEL BAGASKARA HERLAMBANG PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OKKY STICKER SALATIGA 67 Abstrak
85 RIKA MEIDINA HAPSARI PERANCANGAN SOSIALISASI TENTANG WAYANG GOLEK LANGKUNG JEPARA 67 Abstrak
86 MUHAMMAD HILMY FAHRIZA Perancangan Visual Branding Aplikasi Pemesanan Parkir `Parkit` 67 Abstrak
87 RIZKY PRASETYAWIDODO PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI STUDIO FOTO TRUECOLORS PHOTOGRAPHY 67 Abstrak
88 ALINE SAGNAZ Perancangan Rebranding Nabo 67 Abstrak
89 NABILA AINI SOSIALISASI PROGRAM PENGEMBANGAN ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI SEMARANG MELALUI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL 67 Abstrak
90 DWI PUTRANTO WASKITO HUTOMO PERANCANGAN KONTEN EVENT DREAM MOVIEMENT SEBAGAI STRATEGI DREAM MUSEUM ZONE SEMARANG UNTUK MENARIK MINAT GENERASI MUDA 67 Abstrak
91 SAPTIAN TRI LAKSANA PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BASIC PHOTOGRAPHY DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
92 PAUL HENDRI ERIA PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL GALAXY RESTO DI DEMAK 67 Abstrak
93 DEWI WAHYUNI ADHA SARI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WAROENG SAMSET SAMBEL SETAN SEMARANG 67 Abstrak
94 IKHSAN AGENG NUGROHO PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING KONVEKSI IKHSAN COLLECTIONS DI KOTA PEMALANG 67 Abstrak
95 ATIF AKBAR PRAKOSO HARTONO Manifestasi Citra Produk Aqua Reflection dalam Desain Kemasan Karya Sebastian Gunawan 67 Abstrak
96 DANNY PRASETYO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN MAGNET KOFFIE DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
97 NOVAN PRASLIANTA FAHMAN Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Toleransi Antar Umat Beragama Di Jawa Tengah 67 Abstrak
98 JOKO EDI SUSANTO PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PROGRAM DIGITAL PAYMENT TELKOMSEL JATENG DIY 67 Abstrak
99 WAHYU KRISDIANTO PERANCANGAN VISUAL BRAND MEBEL MAWOOD DI KOTA SEMARANG 67 Abstrak
100 KHO, R. CLAUDIA KUSUMA DEWI S Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Penggunaan Helm pada Anak di Provinsi Jawa Tengah 67 Abstrak
101 DITO SEPTIAN SAPUTRA Perancangan Media Promosi Toko Aqila Cosmetic Untuk Memperluas Pasar 67 Abstrak
102 AHMAD DHURUL IZA ASSULTONI Perancangan Media Komunikasi Visual Wisata Alam Kabupaten Semarang 67 Abstrak
103 FAJAR IKHSANUDYN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENGENALKAN KEMBALI OBJEK WISATA BUKIT CINTA BANYUBIRU 67 Abstrak
104 CHANDRA FAUZIAH Perancangan Media Promosi Sina Healthy Beverage Semarang Untuk Memperluas Pangsa Pasar 67 Abstrak
105 DANIEL GUNAWAN Perancangan Rebranding Massimo Pizzeria 67 Abstrak

LECTURER'S RESEARCH

No Research title Chief of the Research Year
1 Pemanfaatan Komputer Grafis dalam menyajikan Gagasan Pesan dan Ajakan dalam bentuk Iklan, Slogan dan Poster di SMPN 1 Karangtengah Demak AHMAD AKROM 2019
2 REVITALISASI ARTEFAK BUDAYA KOTA DEMAK SEBAGAI MEDIA INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DWI PUJI PRABOWO 2019
3 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
4 Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi CAHAYA JATMOKO 2018
5 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Matakuliah Berbasis Creativepreneurship Di Lingkungan Program Studi Seni Dan Desain Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran Intelektual Di Pasar Bebas Mea PUJIYANTO 2017
6 Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi: Local Genius Aesthetic Sebagai Ide Dasar Pengembangan Modul Kreatif Desain Iklan Cetak Dalam Pengembangan Wirausaha (Bisnis) Digital Printing Malang Raya Menjadi Biro Advertising PUJIYANTO 2017
7 Peningkatan Citra Populeritas Universitas Negeri Malang Melalui Pendekatan Ideologi Media Promosi (Desain Iklan Cetak) PUJIYANTO 2017
8 Eksplorasi Seni Tradisi Nusantara Sebagai Bahan Materi Matakuliah Praktik DKV Melalui Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) Dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta PUJIYANTO 2017
9 TANDA VISUAL SURYA MAJAPAHIT DALAM RELIEF MASJID SEBAGAI KONSEP KOMUNIKASI VISUAL (Studi Kasus Relief Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah) AGUS SETIAWAN 2017
10 PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF UKIR UNTUK AKTUALISASI IDENTITAS JEPARA SEBAGAI KOTA UKIR AGUS SETIAWAN 2016
11 Graffiti Sebagai Media Komunikasi Para Musyafir: Interpretasi Pesan Visual dan Verbal Melalui Graffiti di Toilet Umum Terminal Bus “Antar Kota Dalam Provinsi” dan “Antar Kota Antar Provinsi” PUJIYANTO 2016
12 PURWA RUPA (PROTOTYPE) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI PENDEKATAN DIGITAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO 2015
13 Karakter Tampilan Luar atau Fasad Bangunan Ikonik Kota sebagai Acuan Visual untuk Alternatif Desain Identitas BERNARDUS ANDANG PRASETYA ADIWIBAWA 2015
14 Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan dalam Pembentukan Identitas dan Watak Tokoh sebagai Acuan Desain Karakter dalam Karya DKV TOTO HARYADI 2015
15 Pengembangan Custom Made Signage sebagai Sarana Informasi dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
16 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
17 Sistem Pemantau Pertumbuhan Pohon di Area Hutan Penampung Air Tanah Menggunakan Metode Penginderaan Jauh (INDERAJA) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Wilayah Provinsi … CAHAYA JATMOKO 2015
18 Tracer Study Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM PUJIYANTO 2015
19 Prototipe Pemodelan Sebagai Rujukan Untuk Desain Dan Konten MAL Daring Menggunakan Metode Anova (Studi Kasus : MAL Daring OLX,LAZADA, Dan Toko Pedia) AURIA F. YOGANANTI 2015
20 Pengembangan Custom Made Signage Sebagai Sarana Informasi Dalam Struktur Desain Sistem Tanda di Pasar Jrakah Semarang ABI SENOPRABOWO 2015
21 IbM Pelatihan Desain Grafis Bagi Karang Taruna Malwapati Mranggen Kab. Demak AURIA F. YOGANANTI 2015
22 IbM Multimedia Untuk Pembelajaran Bagi Santri Ponpes Al-Hadi Mranggen Demak MOHAMAD TAUFIK 2015
23 IbM Desain Grafis Dasar Bagi Siswa & Guru MA Panatuth Thullab Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Bidang Kehumasan ABI SENOPRABOWO 2015
24 IbM Program Pengabdian Masyarakat Woorkshop Mading Digital di SMA Negeri 1 Kudus & SMK Muhammadiyah Kudus GODHAM EKO SAPUTRO 2015
25 DESAIN ARSITEKTUR DATABASE SECARA REAL-TIME ANTAR DATABASE HETEROGEN UNTUK MENGELOLA INTEGRASI DATA ANTAR DATABASE EPIDEMIOLOGI MUSLIH 2014
26 Ideologi Estetik Simbolik Desain Media Periklanan Lini Atas (Above The Line) PUJIYANTO 2014
27 IbM Kelurahan Bulu Lor Semarang Dalam Memanfaatkan Software Portable Document Format (PDF) Untuk Efisiensi Dan Keamanan Pengelolaan Arsip Digital MUH ARIFFUDIN ISLAM 2014
28 IbM Pelatihan Pembuatan WEB Bagi Pengelola PUD Terpadu Ar-Rifai Kelurahan Sambiroto Semarang MUSLIH 2014
29 Pengembangan Desain Sistem Tanda Di Masjid Agung Jawa Tengah Sebagai Sarana Informasi (Studi Kasus Custom Made Signage) MUH ARIFFUDIN ISLAM 2011
30 Penyusunan Buku Ajar Matakuliah Bersyarat ”Desain Komunikasi Visual I S.D V” Sebagai Alternatif Percepatan Studi Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual PUJIYANTO 2009
31 Pengembangan Desain Produk Keramik Elemen Estetik Bernuansa Kearifan Budaya Lokal Melalui Refitalisasi Ragam Unsur Budaya Lokal Jawa Timur untuk Meningkatkan Nilai Seni Kriya Keramik PUJIYANTO 2009
32 Fungsi dan Makna Simbolik Ragam Hias Batik Pesisiran PUJIYANTO 2008
33 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap III PUJIYANTO 2008
34 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap II PUJIYANTO 2007
35 Pengembangan Model Pembelajaran Tematis untuk Kelas 1 dan 2 SD tahap I PUJIYANTO 2006
36 ADAPTASI KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANTI HOAX BERBASIS VISUAL STORYTELLING GODHAM EKO SAPUTRO
37 PELACAKAN DAN SEGMENTASI OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS VARIASI JARAK DWI PUJI PRABOWO
38 PENGEMBANGAN MOTIF TENUN TROSO BERBASIS KOMPUTER GRAFIS DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN
39 Mitos, Persepsi dan Makna Warna Pada Karakter Superhero Marvel DANIAR WIKAN SETYANTO
40 PENGARUH PERUBAHAN LAYOUT PADA RESPONSIVE WEBSITE TERHADAP PENGGUNA (Studi Kasus Website Surat Kabar Indonesia) AURIA F. YOGANANTI
41 Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Surakarta ANNAS MARZUKI SULAIMAN
42 Tranformasi Mainan Tradisional Warak Ngendog sebagai Upaya Pelestarian Budaya Mainan Tradisional melalui Metode ATUMICS ABI SENOPRABOWO
43 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
44 UJI PERFORMA KOMUNIKASI DATA GAMBAR RAHASIA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN MOST SIGNIFICANT BIT CAHAYA JATMOKO
45 PENGEMBANGAN METODE PELACAKAN OBJEK BERBASIS SEGMENTASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FCM DWI PUJI PRABOWO
46 APLIKASI NIRMANA PADA KARYA FOTOGRAFI POTRAITURE 3D ANAGLYPH DANIAR WIKAN SETYANTO
47  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO
48  Purwarupa Content Based Image Retrieval pada Penentuan Motif Batik Lasem  CAHAYA JATMOKO
49  Perancangan Info Grafis Instruksional Kampanye R3 (Reduce, Reuse Recycle) Ecobricks  DANIAR WIKAN SETYANTO
50  Penentuan parameter distribusi pada metode clahe untuk meningkatkan kualitas objek bawah laut   DWI PUJI PRABOWO
51  PERANCANGAN RUANG PAMER DIGITAL KE DALAM MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI UPAYA PENYEDIAAN RUANG PAMER INTERAKTIF UNTUK KARYA MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL  NOOR HASYIM
52  PENGEMBANGAN METODE LITERASI VISUAL UNTUK PENYEDIAAN MEDIA APRESISASI KARYA SENI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UDINUS   AGUS SETIAWAN
53 PENINGKATAN KUALITAS DAN NILAI EKONOMIS KARYA MAHASISWA MATA KULIAH METODE REPRODUKSI GRA1A PROGDI DKV UDINUS ANNAS MARZUKI SULAIMAN
54  Identi1asi Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Sebagai Aset Visual  DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)