Bachelor of Communication Science


KETUA PROGRAM STUDI

Dr. YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI, SSi, M.Kom

0686.11.1994.046

KATA SAMBUTAN

Belum ada / tidak ada sambutan

INFO DAN PENGUMUMAN

Info Akademik
Pengumuman Program Studi
Kalender Akademik

VISI

Menjadi Program Studi pilihan utama di bidang komunikasi dengan keunggulan penguasaan kompentensi komunikasi berbasis teknologi informasi dan creativepreneurship.

MISI

Menyelenggarakan proses pendidikan unggulan di bidang komunikasi, dengan penguasaan keilmuan, serta keahlian komunikasi yang berbasis teknologi informasi.
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui melalui pendidikan, pendekatan ilmu dan keterampilan komunikasi untuk menghasilkan para creativepreneur di masa depan.
Meningkatkan kerjasama secara institusional dengan berbagai lembaga dalam lingkup nasional dan internasional yang relevan untuk pengembangan program studi.
Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu komunikasi yang berkualitas, serta melaksanakan pengabdian masyarakat dengan prinsip menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat luas sehingga bermanfaat bagi pembangunan nasional.


AKREDITASI

Journalism Studies
Broadcasting Studies
Advertising Studies
Public Speaking
Filmologi
Cinematography

BUMN
Advertising
Private Firms
Industry Multimedia
Mass Media
Media Planner
Television Company
Radio
The business of commercial media

Public Relation Officer
Journalists
Managers of Production and Marketing Communications Media
Media Relations Officer
Journalists
Editor
Presenter
Cameraman
Scriptwriter 
Multimedia Consultant

AKTIVITAS

Accreditation of Communication Program

STAN Kediri visit ILKOM

ASEAN Communication Challenge International Seminar in UPN Yogyakarta

Industrial College in Dua Kelinci

Visit to Trans Studio Bandung to study about their management

Industrial College in PT. Djarum Kudus

EADC Roadshow

The Young Creativepreneurship Seminar

Visit to Trans 7 Jakarta

Visit to TVRI Jakarta

Film Maker Workshop with Night Bus Picture

DOSEN

No Nama NIDN Pendidikan Terakhir Jabatan
1 LISA MARDIANA, S.Sos, M.I.Kom0625048201Universitas DiponegoroAsisten Ahli
2 RAHMAWATI ZULFININGRUM, M.I.Kom0630068702Asisten Ahli
3 MUKAROMAH, M.I.Kom0620117905UNDIP SEMARANGAsisten Ahli
4 AMIDA YUSRIANA, M.I.Kom0618048801Asisten Ahli
5 HERY PAMUNGKAS, S.S.M.I.KOM0612018203UndipAsisten Ahli
6 MUTIA RAHMI PRATIWI, M.I.Kom0628128801Universitas Diponegoro (UNDIP) SemarangAsisten Ahli
7Dr. YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI, SSi, M.Kom0618106702Universitas MerdekaLektor
8 DEVI PURNAMASARI, M.I.Kom0621108702Tenaga Pengajar
9 NAIZA ROSALIA, M.Si0617058401Universitas DiponegoroTenaga Pengajar

MATAKULIAH

Kode MTK Nama Mata Kuliah T/P SKS Smt Silabus RPKPS
A15.19206 KOMUNIKASI INTERPERSONAL T 3 1 Ada Ada
A15.19614 CREATIVEPRENEURSHIP P 2 6 Ada Ada
A15.19105 CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING TP 3 1 Ada Ada
A15.19106 PENGANTAR SOSIOLOGI T 3 1 Ada Ada
A15.19107 PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI T 3 1 Ada Ada
A15.19203 TEORI KOMUNIKASI T 3 2 Ada Ada
A15.19204 DASAR-DASAR PENYIARAN TP 3 2 Ada Ada
A15.19205 DASAR-DASAR MANAJEMEN T 3 2 Ada Ada
A15.19207 PSIKOLOGI KOMUNIKASI T 3 2 Ada Ada
A15.19301 KOMUNIKASI ORGANISASI T 3 2 Ada Ada
A15.19304 AUDIO VISUAL TP 3 3 Ada Ada
A15.19305 CREATIVE WRITING TP 3 3 Ada Ada
A15.19306 KOMUNIKASI PEMASARAN TP 3 3 Ada Ada
A15.19307 KONVERGENSI & NEW MEDIA T 3 3 Ada Ada
A15.19411 PUBLIC SPEAKING 1 TP 3 4 Ada Ada
A15.19509 PUBLIC RELATIONS TP 3 4 Ada Ada
A15.19511 PERILAKU KONSUMEN T 2 5 Ada Ada
A15.19512 PUBLIC SPEAKING 2 T 3 5 Ada Ada
A15.19613 LAYANAN KUALITAS PRIMA T 2 6 Ada Ada
A15.19802 SKRIPSI/TUGAS AKHIR T 6 8 Ada Ada
A15.19714 CYBER BRANDING T 2 7 Ada Ada
A15.19308 PRODUKSI PROGRAM TV T 3 5 Ada Ada
A15.19715 KULIAH KERJA INDUSTRI P 6 7 Ada Ada
A15.19716 KULIAH KERJA USAHA P 6 7 Ada Ada
A15.19710 SEMINAR T 2 7 Ada Ada
A15.19801 BIMBINGAN KARIER T 2 6 Ada Ada
A15.19109 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN/PROTESTAN T 2 1 Ada Ada
A15.19303 KULIAH INDUSTRI P 3 3 Ada Ada
A15.19302 KOMUNIKASI MASSA T 3 3 Ada Ada
A15.19406 JURNALISME PENYIARAN TP 3 4 Ada Ada
A15.19405 MANAJEMEN PENYIARAN T 3 4 Ada Ada
A15.19414 DESAIN GRAFIS P 3 3 Ada Ada
A15.19407 TEKNIK PENYAJIAN DAN WAWANCARA TP 3 4 Ada Ada
A15.19413 KOMUNIKASI BISNIS TP 3 4 Ada Ada
A15.19408 ETIKA KOMUNIKASI BISNIS T 2 4 Ada Ada
A15.19404 TATA ARTISTIK TP 3 4 Ada Ada
A15.19410 FOTOGRAFI BISNIS TP 3 4 Ada Ada
A15.19412 MANAJEMEN EVENT T 3 4 Ada Ada
A15.19403 SISTEM PERALATAN PRODUKSI TP 3 4 Ada Ada
A15.19505 VIDEO EDITING P 3 5 Ada Ada
A15.19506 TEKNIK ANNOUNCING P 2 5 Ada Ada
A15.19507 FEATURE DAN DOKUMENTER TP 3 5 Ada Ada
A15.19513 BRANDING & ADVERTISING TP 3 5 Ada Ada
A15.19510 PRESENTASI MULTIMEDIA P 3 5 Ada Ada
A15.19503 PENULISAN NASKAH & DESAIN PROGRAM T 3 4 Ada Ada
A15.19508 TEKNIK LOBBY & NEGOSIASI TP 3 5 Ada Ada
A15.19502 PERENCANAAN PROGRAM RADIO T 2 5 Ada Ada
A15.19504 PROGRAMMING T 3 5 Ada Ada
A15.19501 METODOLOGI PENELITIAN KOMUNIKASI 1 T 3 4 Ada Ada
A15.19608 MEDIA RELATION T 2 5 Ada Ada
A15.19607 PEMASARAN RADIO DAN TV T 3 6 Ada Ada
A15.19610 EVENT ORGANIZING P 3 6 Ada Ada
A15.19611 MC & PROTOKOLER TP 3 5 Ada Ada
A15.19604 LIPUTAN INVESTIGASI TP 3 5 Ada Ada
A15.19612 PRODUKSI AUDIO VISUAL IKLAN P 3 6 Ada Ada
A15.19605 PRODUKSI PROGRAM BERITA TP 3 6 Ada Ada
A15.19603 PRODUKSI PROGRAM RADIO P 2 6 Ada Ada
A15.19602 DIGITAL STORY TELLING P 3 6 Ada Ada
A15.19601 METODE PENELITIAN KOMUNIKASI 2 T 3 5 Ada Ada
A15.19709 LEADERSHIP T 2 5 Ada Ada
A15.19615 PENGOLAHAN KONTEN DIGITAL T 3 6 Ada Ada
A15.19415 ETIKA & HUKUM PENYIARAN T 2 1 Ada Ada
A15.19416 KOMUNIKASI STRATEGIK T 3 1 Ada Ada

PENELITIAN MAHASISWA

No Nama Alumni Judul Skripsi Wisuda Ke Abstrak
1 FEMMI QUEEN ANGGRIYAN PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS MEREK EIGER PADA KOMUNITAS BACKPACKER SEMARANG 62 Abstrak
2 YOSHE FERNANDA REPRESENTASI PERAN GENDER PRIA NON TRADISIONAL DALAM ACARA THE RETURN OF SUPERMAN 62 Abstrak
3 MERPATI PUTRI DIWA Pengaruh Promosi Online Dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa program studi komunikasi bisnis Udinus Semarang) 62 Abstrak
4 KIKI ANDIANTO PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGKAMPANYEKAN CLIMATE ACTION PADA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG’s) 2030 62 Abstrak
5 ANGGRY WINDASARI PENGEMBANGAN AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI KERUSAKAN DAS BODRI HILIR KABUPATEN KENDAL 61 Abstrak
6 RISA TUSNAWATI ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN ROKOK U MILD VERSI “COWO TAU KAPAN HARUS BOHONG” 61 Abstrak
7 ZAHRINA NABILA ABIDIN KONSTRUKSI PESAN AWARENESS KANKER PAYUDARA PADA PRIA MELALUI DRAMA JEALOUSY INCARNATE 61 Abstrak
8 FIRZSA NABILA PRAVIANDA PENGARUH PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIION INDONESIA (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Bandung) 61 Abstrak
9 SOIB TIARA RHOMADHONA KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA PEREMPUAN KORBAN PERKOSAAN DI LEGAL RESOURCE CENTER KJHAM 61 Abstrak
10 LORENCIA TIRTASARI MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG 61 Abstrak
11 SYELLA DAMAYANTI DEKONSTRUKSI TUBUH PEREMPUAN SEBAGAI BAHAN KOMODIFIKASI DALAM MUSIC VIDEO KPOP 61 Abstrak
12 SONY WICAKSONO ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN SAMPOERNA A MILD HIJAU EDISI DATENG KONDANGAN 60 Abstrak
13 DWI SULISTIYANI ANALISIS KOMPARATIF RETORIKA SUSILO BAMBANG YUDHOYONO DAN JOKO WIDODO DALAM PIDATO APBN 60 Abstrak
14 FAHMI RIZKI FAJAR PERSEPSI KHALAYAK PADA VIDEO IKLAN THAI LIFE INSURANCE VERSI “ I WANT MORE TIME ” TERHADAP PERAN AYAH DAN ANAK LAKI – LAKI DALAM KELUARGA 60 Abstrak

PENELITIAN DOSEN

No Judul Ketua Peneliti Tahun
1 Dekonstruksi Potensi City Branding Semarang Sebagai Kota Wisata Film Dalam Film Nasional Indonesia AMIDA YUSRIANA 2017
2 REVITALISASI TEMBANG MACAPAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI STRATEGI KNOWLEDGE MANAGEMENT KEARIFAN LOKAL DI SOBOKARTTI SEMARANG YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2017
3 EFEKTIFITAS TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA VIDEOTRON DI KAWASAN TUGU MUDA SEMARANG MUKAROMAH 2017
4 “TOURISM DIGISTORY” Strategi Komunikasi Dan Promosi Pariwisata Berbasis Digital Storytelling LISA MARDIANA 2017
5 Kajian Sistem Pratisipasi Dan Pola Komunikasi Pembangunan Untuk Pemberdayaan Masyarakat LISA MARDIANA 2015
6 IbM Literasi Media dan Penggunaan Media Sosial Bagi Persit Kartika Chandra Kirana MUKAROMAH 2015
7 IbM Citizen Journalism Bagi SMP 7 Semarang RAHMAWATI ZULFININGRUM 2015
8 Creative Writing Bagi Broadcasting Community Semarang LISA MARDIANA 2014
9 MEDIA AUDIO EDUKASI DENGAN TEKNOLOGI RISE RADIO STREAMING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GENERASI DIGITAL LISA MARDIANA 2013
10 IbM Public Speaking Bagi LSM LISA MARDIANA 2012
11 Model Pembangunan Teknologi Informasi Perangkat Desa Untuk Rancangan Bangun Sistem e-Government Dalam Penyaluran Tenaga Kerja Penduduk Desa YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2012
12 IbM Public Speaking Bagi LSM LISA MARDIANA 2012
13 EKONOMI POLITIK REGULASI PENYIARAN (Implementasi Kebijakan Sistem Stasiun Jaringan) LISA MARDIANA 2011
14 Model Penggunaan Teknologi Informasi Perangkat Desa Untuk Rancang Bangun Sistem E-Government Dalam Penyaluran Tenaga Kerja Penduduk Desa di Provinsi Jawa Tengah YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2011
15 Model Penggunaan Teknologi Informasi Perangkat Desa Untuk Rancang Bangun Sistem E-Goverbment Dalam Penyaluran Tenaga Kerja Penduduk Desa di Provinsi Jawa Tengah YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2011
16 Desain Virtual Gamelan Jawa... YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2010
17 Design Virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2010
18 Rancangan Gamelan Single User Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Seni Gamelan Jawa YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2010
19 Desain virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern Serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam Rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2009
20 Desain virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern Serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam Rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2009
21 Desain virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern Serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam Rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2009
22 Desain virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern Serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam Rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI 2006
23 Model Pengembangan Soft Skills Jiwa Wirausaha Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI
24 Analisis Pengaruh Karakteristik, Sikap, dan Pelatihan terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Karyawan Administrasi Unifersitas Dian Nuswantoro Semarang YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI
25 Desain virtual Gamelan Jawa Menuju Industri Kreatif Modern Serta Sebagai Media Pembelajaran Dalam Rangka Keunggulan Lokal di Era Global YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI
26 Heni Indrayani
27 HENI INDRAYANI
28 Heni Indrayani
29 HENI INDRAYANI
30 Pembelajaran Mandiri Tembang Macapat Berbasis Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar YUVENTIUS TYAS CATUR PRAMUDI
31 Media Audio Edukasi Dengan Teknologi Rise @Radio Streaming Sebagai Strategi Komunikasi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Digital LISA MARDIANA

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)