Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Industri audio visual dan film merupakan industri kreatif yang saat ini sedang tumbuh sehingga memiliki jangka umur yang cukup panjang. Betapa tidak, industri ini sangat lentur baik itu berdiri sendiri sebagai produk utama yang dipertontokan (film dibioskop, serial pada televisi, dan video blog di youtube atau website sejenis) maupun sebagai media pemasaran produk-produk lainnya (media iklan untuk produk-produk massal). Artinya, peluang untuk menjalankan profesi tersebut cukup luas dan adaptif terhadap dinamika yang senantiasa berkembang. Namun, yang menjadi persoalan saat ini adalah kualitas produk yang selama ini dihasilkan oleh industri audio-visual dan film tidak mampu menjamin untuk menjadi penopang wawasan atau paling tidak memberikan pembelajaran bagi masyarakat. Mayoritas produk yang dihasilkan masih bersifat hiburan semata, tak jarang pula hiburan tersebut mengandung rasisme, fanatisme, bahkan menjadi alat politis kelompok-kelompok tertentu saja. Hal ini tentu merupakan persoalan itu menjadi tugas maupun manifesto Prodi Film & TV Universitas Dian Nuswantoro untuk memberikan kontribusi dan memperbaiki kualitas industri audio-visual dan film di Indonesia.
Terima kasih dan Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Dr. Ruri Suko Basuki, S.Kom., M.Kom
By : Koordinator TA TI S-1 || 25 mei 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 23 mei 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 27 April 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 27 April 2022
By : BIMA || 07 April 2022
By : BIMA || 18 March 2022
By : Prodi TI S-1 || 10 March 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 06 March 2022
By : Koordinator TA Akuntansi || 01 March 2022
By : Koordinator TA Akuntansi || 01 March 2022
By : Koordinator Tugas Akhir Manaje || 01 March 2022
By : Program Studi Manajemen || 23 February 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 15 February 2022
By : Program Studi Manajemen || 15 February 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 09 February 2022
By : bima || 18 January 2022
By : BIMA || 06 January 2022
By : Koordinator TA TI S-1 || 24 December 2021
By : bima || 24 December 2021
By : BIMA || 03 January 2022
Menjadi program studi pilihan utama di bidang perfilman yang berbasis teknologi kreatif dengan ciri khas kewirausahaan
1. Menyelenggarakan pendidikan perfilman berbasis KKNI yang sesuai dengan keilmuan dan dinamika kebutuhan industri media dan penyiaran .
2. Menyelenggarakan program peningkatan kualitas sivitas akademika secara berkelanjutan untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi.
3. Menjalin kerjasama secara institusional dengan berbagai lembaga untuk pengembangan dan pemberdayaan program studi.
· Editor Film
· Sutradara Film
· Script Writer
· Director of Photography
Produser, Produser Pelaksana
Director, Casting Director
Penulis Naskah
Penata Fotografi
Editor Film dan video
Steadicam
Penata cahaya
Videografer
Grip atau dolly grip
Gaffer
Postproduction Supervisor
Manajer Lokasi
Technical Adviser
Asisten Produksi
Manajer Produksi
Sinematografer
Program Director
Eksekutif Produser
Art Director
Konsultan Multimedia
Akademisi (pengkaji/pengajar film dan televisi)
Kementrian Ristek dan Dikti
Kementrian Perhubungan
Kementrian Komunikasi dan Informasi
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Lembaga Penyiaran
Kementrian Pariwisata
Badan Ekonomi Kreatif
Lembaga Penelitian
Industri Media (Film, TV, New media)
Biro Iklan
Konsultan Multimedia
Creative Planner
Production House
Produser Film Televisi
Pengarah Program Film Televisi
Account Executive Film Televisi
Pengkaji Film Televisi
Digital Fotografi
Kegiatan Apresiasi
Eksibisi Film Internasional
FGD Kurikulum
Seashort International Film Festival 2018
No | Name | NIDN | Current Education | Position |
---|---|---|---|---|
1 | AMIDA YUSRIANA, M.I.Kom | 0618048801 | Asisten Ahli | |
2 | DEVI Purnamasari, S.I.Kom, M.I.Kom | 0621108702 | Asisten Ahli | |
3 | TEGUH HARTONO PATRIANTORO, M.A. | 0625058302 | Universitas Gadjah Mada | Asisten Ahli |
4 | DR RURI SUKO BASUKI, M.Kom | 0617027801 | ITS Surabaya | Lektor |
5 | THESA RESI SILA UTAMI, M.Sn. | 0607058302 | INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA | Tenaga Pengajar |
6 | Tunggul Banjaransari, S.Sos., M.Sn | 0730098804 | Tenaga Pengajar | |
7 | ARIE SURASTIO, M.Sn | 0627078503 | INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA | Tenaga Pengajar |
Course Code | Course Name | T/P | SKS | Smt | Syllabus | RPKPS |
---|---|---|---|---|---|---|
A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | TP | 3 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A103 | PENDIDIKAN AGAMA | T | 2 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A104 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | T | 2 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A106 | CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING | TP | 3 | 1 | Ada | Ada |
A16.1A107 | Sejarah Kebudayaan Indonesia | TP | 2 | 1 | Ada | Ada |
A16.1A108 | Basic Sinematografi | TP | 3 | 1 | Ada | Ada |
A16.1A109 | Membaca Film Indonesia | TP | 3 | 1 | Ada | Ada |
A16.1A203 | Analisa Teks Karya Ilmiah & Sastra | TP | 3 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A204 | Analisa Film 1 | TP | 2 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A205 | Estetika Bentuk Film | TP | 3 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A207 | Penulisan Kreatif Persuasif | P | 2 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A208 | Pengantar Ilmu Komunikasi | T | 2 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A209 | HaKI & Regulasi Perfilman-Penyiaran | TP | 2 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A301 | Teknik FIlm Naratif | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A302 | Film Sound | TP | 3 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A303 | Film Dokumenter Jurnalistik | TP | 3 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A304 | Analisa Film 2 | TP | 2 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A305 | Psikologi Film | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A306 | Geografi Film Indonesia | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A307 | Membaca Film Amerika Utara | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A401 | Desain Produksi | TP | 3 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A402 | Editing 1 | TP | 3 | 1 | Ada | Ada |
A16.1A403 | Desain Sound 1 | TP | 3 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A404 | Studio 1 | TP | 3 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A405 | Metode Penulisan Ilmiah Film 1 | TP | 3 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A406 | Etnografi Foto dan Film | TP | 3 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A502 | Video Art & Industrial | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A503 | Teknik Kepengarangan Film | TP | 3 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A504 | Editing 2 | TP | 3 | 2 | Ada | Ada |
A16.1A505 | Desain Sound 2 | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A506 | Studio 2 | TP | 3 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A508 | Desain Brand | P | 3 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A601 | Analisa Film 3 | TP | 2 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A602 | Membaca Film Eropa | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A603 | Desain Eksibisi Film | TP | 3 | 4 | Ada | Ada |
A16.1A604 | Metode Penulisan Ilmiah Film 2 | TP | 3 | 3 | Ada | Ada |
A16.1A605 | Film Dokumenter Indonesia | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A606 | Film dan Sastra Indonesia | TP | 3 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A607 | Pasar Film | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A701 | Film dan Teater Indonesia | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A702 | Teknik Multilayer Filmmaking | TP | 3 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A703 | Membaca Film Asia | TP | 3 | 6 | Ada | Ada |
A16.1A704 | Context Study | TP | 3 | 5 | Ada | Ada |
A16.1A705 | Teknik Pemasaran Produksi Film | TP | 3 | 8 | Ada | Ada |
A16.1A706 | Teknik Pemasaran Eksibisi Film | TP | 3 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A708 | Kuliah Kerja Industri | P | 4 | 7 | Ada | Ada |
A16.1A801 | Seminar / Pitching Karya | TP | 3 | 8 | Ada | Ada |
A16.1A802 | Tugas Akhir | T | 6 | 8 | Ada | Ada |
AF201701 | Pengantar Teknologi Informasi | P | 2 | 1 | Ada | Ada |
AF201702 | Literasi Informasi | T | 2 | 4 | Ada | Ada |
AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | T | 2 | 3 | Ada | Ada |
AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | P | 2 | 1 | Ada | Ada |
B11.6405 | Pemasaran Digital | T | 3 | 4 | Ada | Ada |
N201701 | Bahasa Indonesia | T | 2 | 6 | Ada | Ada |
N201702 | Bahasa Inggris | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | T | 2 | 6 | Ada | Ada |
U201701 | Dasar Kewirausahaan | T | 2 | 4 | Ada | Ada |
U201703 | Kewirausahaan Lanjut | T | 2 | 5 | Ada | Ada |
U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | T | 2 | 1 | Ada | Ada |
No | Graduate’s Name | Research Title | Graduation | Abstract |
---|---|---|---|---|
1 | M. RIZAL BADAWI | VIRAL MARKETING: STRATEGI PROMOSI DAN PUBLISITAS FILM TILIK DI ERA PANDEMI | 72 | Abstrak |
2 | ILHAM MADA AMIRULLAH | REKONSTRUKSI AUDIO FILM DOLAN BARENG MENGGUNAKAN PRINSIP DIMENSI SPASIAL DENGAN GAYA STRETCH REALIST | 72 | Abstrak |
3 | YULLYA ADHE PUTRI | REPRESENTASI RELASI KUASA GENDER DALAM TIGA FILM PENDEK: WEDOK, KISAH DI HARI MINGGU, DAN LILAKNO | 72 | Abstrak |
4 | ASTRI SARASWATI | MENONTON FILM, MERAWAT HARAPAN: PEMUTARAN FILM BERTEMA KEHAMILAN DI LUAR NIKAH BERSAMA KELOMPOK PKK RW 2 GEDAWANG | 72 | Abstrak |
5 | AFIF NURQOIS RAMADHANI | RANCANGAN MODEL CASTING DIGITAL DENGAN METODE CASTING BY ABILITY DI MASA PANDEMI | 72 | Abstrak |
6 | AHMAD SYIHAN HERLAMBANG | PEMUTARAN CINEMA PARADESA BERTEMA KOMEDI DI KELURAHAN KUPANG AMBARAWA | 72 | Abstrak |
7 | ZAKIYYA DANAPARAMITHA | REPRESENTASI RELASI DESA-KOTA DALAM FILM MANTAN MANTEN | 72 | Abstrak |
8 | MUHAMMAD ADAM BACHRUDIN | PENGGUNAAN CONTINUITY CUTTING BERDASARKAN PENYUNTINGAN DOKUMENTASI GOOGLE MEET PADA FILM PENDEK BERJUDUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 72 | Abstrak |
9 | GHULAM FARRAS YUNARINDRA PUTRA | Perancangan Suara Foley untuk Menghasilkan Ketegangan Penonton pada Film Bertema Bencana Rob | 72 | Abstrak |
10 | MOCHAMAD FAISAL HAFIZH | Penerapan Teknik Blocking dan Staging pada Rancangan Penyutradaraan Film Drama Minggu Bersama Eyang | 72 | Abstrak |
11 | EDIN RENANDI BASRI | PERANCANGAN EDITING WARNA DUAL TONE STRATEGY UNTUK MENGHASILKAN INTENSITAS SUASANA PADA FILM PENDEK BERTEMA BENCANA ROB | 72 | Abstrak |
12 | ROFI IMARTYAN HAFIZ | PENGATURAN MISE-EN-SCENE UNTUK MEREPOSISI KUASA KELUARGA DALAM FILM DRAMA KELUARGA RELASI (TEKNOLOGI, BISNIS, CINTA) | 72 | Abstrak |
13 | MUHAMMAD RAIHAN ALFARITZY | PENGGUNAAN SHOT CLOSE UP PADA SELURUH MASTER SHOT DALAM FILM PENDEK BERTEMA BENCANA ROB | 72 | Abstrak |
14 | NADIA PARAHITA SASMAYA | TRANSISI TATA RIAS HANTU PEREMPUAN PADA ERA ORDE BARU HINGGA REFORMASI: STUDI KASUS FILM PENGABDI SETAN | 72 | Abstrak |
15 | ROBERT ELFANSHA PUTRATAMA | 72 | Abstrak | |
16 | DIDI RIYANTHONI | SKEMA HABITUS, ARENA, DAN KAPITAL SINEMA PANTURA SEBAGAI JARINGAN KOMUNITAS FILM SE-EKS-KARESIDENAN PEKALONGAN | 71 | Abstrak |
17 | FITRI WULANDARI | PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER: KOMODIFIKASI RUANG PRIVAT WARGA DESA NGLEPEN | 71 | Abstrak |
18 | WORO ANDINI | PENERAPAN PENDEKATAN EKSISTENSIALISME SADURAN PADA PENULISAN SKENARIO DENGAN GENRE TRAGEDI BERJUDUL LOVY | 71 | Abstrak |
19 | JOVAN ARDIANSYAH DWI PRADANA | PENULISAN SKENARIO FILM FIKSI DENGAN KONSEP MANGA MENGENAI TRANSAKSI UANG NON FISIK PADA ERA DIGITAL | 71 | Abstrak |
20 | CANDRA MOHAMMAD WISNU | IMPLEMENTASI PENYUTRADARAAN FILM FIKSI TERHADAP DAMPAK RELOKASI KEPADA PEDAGANG ATAS DASAR KEPENTINGAN ADIPURA KOTA | 71 | Abstrak |
21 | DIAN RIZKY SAFITRI | DOMES: PENERAPAN STRUKTUR DRAMATIK BRANDER MATHEWS DALAM PENULISAN NASKAH DOKUMENTER | 70 | Abstrak |
22 | JAP, KEVIN SETYA WIJAYA | RANCANGAN POLA KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN PEMUTARAN DARING FILM MASA-MASA: SEBUAH DOKUMENTER PEMBUATAN AGTERPLAAS | 70 | Abstrak |
23 | PETRUS KRISTIANTO PRAYITNO SANTOSO | Strategi Publisitas Dan Promosi Film Nikah Yuk | 70 | Abstrak |
No | Research title | Chief of the Research | Year |
---|---|---|---|
1 | Pemutaran Film dan Diskusi Wisata Sejarah Sinema Dunia di Yogyakarta | RURI SUKO BASUKI | 2019 |
2 | Simulasi dan Eksibisi Teknik Multi-Layer Adegan pada Film (Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Simulasi dan Pemutaran Film Diselenggarakan di Kota Yogyakarta | DEVI Purnamasari | 2019 |
3 | STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLAAN MANAJEMEN ISU DI RUANG ASPIRASI VIRTUAL (Studi Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang) | DEVI Purnamasari | 2019 |
4 | PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN MASYARAKAT BERDAYA SAING UNTUK KAMPUNG TEMATIK JAJAN PASAR | DEVI Purnamasari | 2019 |
5 | Kegiatan Pemutaran Film sebagai Media Penetralisir Strees dan Depresi Masyarakat di Denpasar Bali | AMIDA YUSRIANA | 2019 |
6 | Pengembangan Strategi Konten Website Universitas Dian Nuswantoro Berbasis Komparasi Versi Webometrics | AMIDA YUSRIANA | 2019 |
7 | Kegiatan Diskusi Film dan Bedah Buku Sebagai Cara Mediasi Terhadap Masyarakat untuk Berpendapat di Malang | THESA RESI SILA UTAMI | 2019 |
8 | Kegiatan Diskusi Film dan Bedah Buku Sebagai Cara Mediasi Terhadap Masyarakat Untuk Berpendapat di Malang | THESA RESI SILA UTAMI | 2019 |
9 | Pengabdian Masyarakat melalui Pemutaran Film dan Diskusi untuk Warga Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta | ARIE SURASTIO | 2019 |
10 | Lokakarya Pemutaran Film dan Mobilitas Industri Pemutaran Film di Semarang | ARIE SURASTIO | 2019 |
11 | Lokakarya Pemutaran Film dan Mobilitas Industri Pemutaran Film di Semarang | ARIE SURASTIO | 2019 |
12 | Pelatihan Tingkat Lanjut Pendekatan Kreatif Pembuatan Film Dokumenter bagi Aktifis Sosial dan Video Jurnalis di Solo, Jawa Tengah | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2019 |
13 | Deteksi Hoax dan Analisis Sentimen pada Media Sosial untuk Mendukung Stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia | RURI SUKO BASUKI | 2018 |
14 | IbM Presenter Bagi Talkshow Live Show Spesial Pilkada Menanti PilGub Jateng 2018 | AMIDA YUSRIANA | 2018 |
15 | Pelatihan Manajemen Kepenontonan Film Pada Acara Campus on TV TVKU 2018 | THESA RESI SILA UTAMI | 2018 |
16 | Interaksi Simbolik Pernikahan Masyarakat Tionghoa di Indonesia dalam Film Bernuansa Tionghoa dari Tahun 2005 - 2015 | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2018 |
17 | Penerapan Dekonstruksi Masyarakat Poskolonial Melalui Pengolahan Adegan, Peran, dan Kondisi Waktu Distopia | Tunggul Banjaransari | 2018 |
18 | Analisis Kepengaruhan Orde Baru Terhadap Narasi Film Hiburan dan Kepenontonan di Indonesia Selama Tahun 2016 | Tunggul Banjaransari | 2018 |
19 | Metode Pembelajaran Film Oleh Kelompok CLC Purbalingga Kepada Siswa SMK Seluruh Banyumas untuk Menciptakan Budaya Menonton Film Masyarakat Banyumas | Tunggul Banjaransari | 2018 |
20 | Pelatihan Penulisan Skenario Film Bagi Siswa SMK dengan Tema Klinik Skenario pada acara Pameran Pendidikan dan Apresiasi Seni : Galaxy Techno Art 2018 | Tunggul Banjaransari | 2018 |
21 | Kegiatan Bintek dan Sertifikasi Profesi Animator 3 Dimensi (3D) Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan LSP Animedia Kota Cimahi | RURI SUKO BASUKI | 2017 |
22 | Pendampingan Pekerja Kreatif "Cimahi Creative Asociation" | RURI SUKO BASUKI | 2017 |
23 | Pendampingan dalam diskusi Membangun Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif | RURI SUKO BASUKI | 2017 |
24 | Pemberdayaan Komunitas Melalui Komunikasi Budaya Dalam Dunia Travel Anak Muda | DEVI Purnamasari | 2017 |
25 | Dekonstructing Bingkai Dominasi Maskulin Dalam Buku Act Like A Lady Think Like A Man | AMIDA YUSRIANA | 2017 |
26 | Dekonstruksi Wilayah Potensial City Branding Semarang Kota Wisata Film dalam Film Nasional Indonesia | AMIDA YUSRIANA | 2017 |
27 | Dekonstruksi Potensi City Branding Semarang Sebagai Kota Wisata Film Dalam Film Nasional Indonesia | AMIDA YUSRIANA | 2017 |
28 | Pengenalan Teknik Realisme Magis dan Multiplot Naratif Film dalam acara Focus on Arie Surastio 2017 di Semarang | ARIE SURASTIO | 2017 |
29 | Pengenalan Teknik Realisme Magis dan Multiplot Naratif Film dalam acara Focus on Arie Surastio 2017 di Semarang | ARIE SURASTIO | 2017 |
30 | IbM Pengembangan Teknik Pembelajaran E-Learning melalui Pelatihan Pembuatan Video Tutorial bagi Mahasiswa/i Program Studi S-1 PGSD IKIP Jember | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2017 |
31 | IbM Pengembangan Promosi Seni Musik Keroncong melalui Pelatihan Pembuatan Video Musik pada Siswa-Siswi SMK 1 Pancasila Ambulu Jember Jawa Timur | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2017 |
32 | Pelatihan Manajemen Produksi Seni Pertunjukan Sosial Melalui Pelestarian Budaya Gamelan Sebagai Penguatan Kearifan Lokal | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2017 |
33 | Pendampingan Penggunaan Kamera sebagai Literasi Ilmiah Audio Visual bagi Siswa/Siswi SMK Multimedia di Jember | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2017 |
34 | Movie Director SEA-Movie Open Program 2017: Borderless on Screen Yogyakarta | Tunggul Banjaransari | 2017 |
35 | Pendampingan Pembuatan Proposal Pitching Film di International Film Market, JAFF Netpac 2017 | Tunggul Banjaransari | 2017 |
36 | Pendampingan Pembuatan Film Eksperimental dalam Akademi Arkipel International Film Festival 2017 | Tunggul Banjaransari | 2017 |
37 | Teknik Meleburkan Penciptaan Kelas Sosial Diantara Masyarakat Dalam Film Eksperimental berlokasi di Yogyakarta | Tunggul Banjaransari | 2017 |
38 | Pendampingan Pembuatan Film Eksperimental dalam Akademi Arkipel International Film Festival 2017 | Tunggul Banjaransari | 2017 |
39 | Pengembangan Softskill Pembuatan Proposal Pitching Film di International Film Market, JAFF Netpac 2017 | Tunggul Banjaransari | 2017 |
40 | Pelatihan Proses Seleksi Film Kategori SMA/SMK Pada Acara Dian Film Festival 2017 (DFF 2017) | Tunggul Banjaransari | 2017 |
41 | Pelatihan Bedah Konteks Buku Krisis dan Paradoks Film di Indonesia pada acara BME (Brawijaya Movie Exhibition) 2017 di Universitas Brawijaya Malang | Tunggul Banjaransari | 2017 |
42 | Pelatihan Kuratorial dan Tata Slot Pemutaran Film acara Sewon Screening ISI Yogyakarta | Tunggul Banjaransari | 2017 |
43 | Pendampingan Pengarsipan dan Manajemen Perpustakaan Audio Visual Film di CLC Purbalingga | Tunggul Banjaransari | 2017 |
44 | Prototipe Ekstraksi ObjekVideo Semi-Otomatis Berbasis Digital Matting menggunakan Analysis Spektral (Tahun 2) | RURI SUKO BASUKI | 2016 |
45 | Pendampingan dalam Perumusan Kebijakan Standardisasi Kompetensi Profesi Bidang Ekonomi Kreatif | RURI SUKO BASUKI | 2016 |
46 | Pembicara Fasilitasi Kegiatan Asosiasi Profesi Membangun Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif | RURI SUKO BASUKI | 2016 |
47 | Pendampingan dalam Perumusan Kebijakan Standardisasi Kompetensi Profesi Bidang Ekonomi Kreatif | RURI SUKO BASUKI | 2016 |
48 | Presepsi Pembaca Laman (Website) Udinus terhadap Reputasi Udinus sebagai Universitas Berbasis Teknologi dan Enterpreneur | DEVI Purnamasari | 2016 |
49 | Berbakti : Aplikasi Mobile Berbakti Orang | AMIDA YUSRIANA | 2016 |
50 | Berbakti : Aplikasi Mobile Berbakti Anak | AMIDA YUSRIANA | 2016 |
51 | Pengembangan Public Speaking bagi Pengurus OSIS di SMPN 30 Semarang | AMIDA YUSRIANA | 2016 |
52 | IPTEK bagi Masyarakat Pelatihan Komunikasi Efektif Anak dan Orang Tua Bagi Mahasiswa STIKES Muhammadiyah 2 Pekajangan Kabupaten Pekalongan Melalui Sosialisasi Film Pendek Berbakti: Sehangat Kasih Sebesar Perhatian | AMIDA YUSRIANA | 2016 |
53 | Penyusunan Multi Karakter dalam Satu Plot Film Berdasarkan Representasi Hubungan Kelas Masyarakat Militer dan Sipil | ARIE SURASTIO | 2016 |
54 | Temu Asosiasi Dosen Prodi Film & Televisi (PROSFISI) se-Indonesia sekaligus Temu Karya Mahasiswa Film & Televisi ke- 5 2016 | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2016 |
55 | Pelatihan Teknik Dokumentasi Ilmiah Seni Pertunjukan melalui Audio Visual di IKIP PGRI Jember | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2016 |
56 | Pengambangan softskill bagi mahasiswa dan dosen dalam Temu Asosiasi Dosen Prodi Film & Televisi (PROSFISI) se-Indonesia sekaligus Temu Karya Mahasiswa Film & Televisi ke- 5 | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2016 |
57 | Politik Cita Rasa Keindahan Masyarakat Tionghoa : Studi Kasus Bentuk dan Fungsi Pementasan Musik Yang Qim di Kawasan Pecinan Semarang | TEGUH HARTONO PATRIANTORO | 2016 |
58 | Penerapan Layer Cerita Berlapis Dalam Satu Frame Adegan Film sebagai Cara Mempresentasikan Entitas Lokal Jawa Tengah | Tunggul Banjaransari | 2016 |
59 | Pendampingan dan Pemberdayaan Creative Documentary Treatment bagi Pembuat Film Dokumenter di Asia Tenggara dalam Documentary Roundtable South East Asia 2016 | Tunggul Banjaransari | 2016 |
60 | Pelatihan Kuratorial dan Tata Slot Pemutaran Film dalam acara Psikologi Film Festival 2016 (Psikofes 2016) | Tunggul Banjaransari | 2016 |
61 | Pendampingan Pemutaran Film dengan Tema Tontonan Film Sebagai Media Netralisir Tingkat Stress pada acara Focus on Tunggul Banjaransari di Minikino, Denpasar, Bali, 2016 | Tunggul Banjaransari | 2016 |
62 | Bedah Teknik Multilayer Filmmaking Bersama Komunitas Kreatif dalam acara Thai Short Film Festival 2016 | Tunggul Banjaransari | 2016 |
63 | Jury for Light of Asia Competition The 11th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) | Tunggul Banjaransari | 2016 |
64 | Lokakarya Teknik Pembuatan Film Dengan Tema Teknik Multilayer Filmmaking pada acara JAFF Netpac | Tunggul Banjaransari | 2016 |
65 | Pendampingan Pemutaran Film dengan Tema Tontonan Film Sebagai Media Netralisir Tingkat Stress pada acara Focus on Tunggul Banjaransari di Minikino, Denpasar, Bali | Tunggul Banjaransari | 2016 |
66 | Peningkatan softskill Bedah Teknik Multilayer Filmmaking Bersama Komunitas Kreatif dalam acara Thai Short Film Festival | Tunggul Banjaransari | 2016 |
67 | Pelatihan Kuratorial dan Tata Slot Pemutaran Film dalam acara Psikologi Film Festival 2016 (Psikofest 2016) | Tunggul Banjaransari | 2016 |
68 | Pendampingan dan Pemberdayaan Creative Documentary Treatment bagi Pembuat Film Dokumenter di Asia Tenggara dalam Documentary Roundtable South East Asia | Tunggul Banjaransari | 2016 |
69 | Visualisasi Melalui Media Dokumentasi Atas Konstruksi Memori Kebahagiaan Masa Lampau di Wilayah Pertambangan Batu Bara, Welzow, Jerman | Tunggul Banjaransari | 2016 |
70 | Prototipe Ekstraksi Objek Video Semi-otomatis Berbasis Digital Matting Menggunakan Analysis Spektral | RURI SUKO BASUKI | 2015 |
71 | PROTOTIPE EKSTRAKSI OBJEK VIDEO SEMI OTOMATIS BERBASIS DIGITAL MATTING MENGGUNAKAN SPECTRAL ANALYSIS | RURI SUKO BASUKI | 2014 |
72 | IbM PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING BAGI PENGURUS OSIS DI SMPN 30 SEMARANG | DEVI Purnamasari | |
73 | Pemetaan Experiential Marketing Wisata Korea Selatan Sebagai Upaya Membangun City Branding Semarang Sebagai Kota Film | AMIDA YUSRIANA | |
74 | METODE PEMBELAJARAN OLEH KELOMPOK CLC PURBALINGGA KEPADA SISWA SMK SELURUH BANYUMAS UNTUK MENCIPTAKAN BUDAYA MENONTON FILM MASYARAKAT BANYUMAS. | Tunggul Banjaransari |
Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us