Bachelor of Animation


KETUA PROGRAM STUDI

Dr. KHAFIIZH HASTUTI, M.Kom

0686.11.2000.252

KATA SAMBUTAN

Assalammu’alaikum wr. wb.

Indonesia saat ini telah menjadi negara tujuan pasar ekonomi dan bisnis yang menjanjikan bagi sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika. Hal ini dikarenakan tersedianya banyak sumber daya seperti lahan, konsumen potensial dan peluang bisnis di Indonesia. Posisi Indonesia yang strategis ini, layaknya menjadi peluang Indonesia sebagai partisipan aktif dengan berperan sebagai pelaku utama bukan sebagai penyedia lahan dan konsumen saja. Perkembangan teknologi informasi saat ini menjadikan pasar ekonomi bergerak ke ranah kreatif sebagai pasar yang lebih menguntungkan. Dalam rangka meningkatkan perekonomian bangsa, Presiden RI telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif Tahun 2009-2015. Pengembangan ekonomi kreatif banyak ditentukan oleh perkembangan industri-industri kreatif di tanah air. Salah satu industri kreatif yang sedang berkembang adalah dunia industri Animasi. Hal ini ditunjang dengan besarnya konsumsi masyarakat saat ini terhadap film animasi, baik sebagai media hiburan, media iklan, media pendidikan, dan pengembangan konten aplikasi dan game.

Untuk mengembangkan ekonomi kreatif diperlukan kolaborasi antara berbagai aktor yang berperan dalam industrkreatif, yaitu cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha dan pemerintah yang merupakan prasyarat mendasar. Perguruan tinggi sebagai salah satu tempat mencetak cendekiawan, menjadi salah satu faktor penting membangun sumber daya manusia bangsa Indonesia yang dapat bersaing dengan sumber daya manusia bangsa lain. Hal ini ditujukan sebagai bekal bagi bangsa Indonesia memasuki pasar bebas AFTA 2015 dimana persaingan pasar ekonomi dan bisnis di dunia sampai pada tingkat persaingan individu tanpa mengenal dari bangsa mana ia berasal. Individu yang berkompeten, kreatif, dan profesional akan dengan mudah masuk dan berkembang di pusaran pasar bebas tersebut.

Melihat kebutuhan ke depan dari persiapan menuju pasar bebas, Indonesia harus memiliki SDM yang tidak hanya mampu bersaing di tingkat individu. Namun, harus menyiapkan individu yang siap bersaing dalam sebuah organisasi usaha seperti perusahaan animasi, bukan lagi persaingan antar individu sebagai seorang animator. Sehingga peran pendidikan yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut adalah minimal jenjang pendidikan Sarjana Terapan, dimana individu akan dibekali penguasaan teknis juga penguasaan managerial yang sistematis dalam sebuah organisasi usaha. Meningkatnya kualifikasi SDM bangsa Indonesia khususnya bidang Animasi akan membawa Indonesia menjadi negara yang banyak dilirik negara lain untuk menjadi produsen film-film Animasi bukan lagi sebagai target pasar atau konsumen film-film animasi yang dibuat oleh negara lain.

Keberadaan pendidikan bidang Animasi yang kini kian menjamur baik di lingkup nasional maupun internasional seperti yang telah disebutkan di atas. Universitas Dian Nuswantoro melihat peluang tersebut sebagai upaya membantu mengembangkan SDM Indonesia agar mampu berkompetisi dengan SDM bangsa lain di era pasar bebas 2015 ini. Pembekalan mahasiswa dengan kemampuan wirausaha yang mandiri dan penguasaan teknologi terkini serta profesional di bidang animasi adalah target lulusan yang akan dibentuk Universitas Dian Nuswantoro melalui prodi Animasi ini. Program Studi Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro dengan karakteristik kewirusahaan dan penguasaan Teknologi Informasinya akan mengembangkan kemampuan mahasiswanya untuk menghasilkan karya-karya animasi berkualitas yang didukung dengan fasilitas  penyiaran film animasi (stasiun TV Kampus Udinus) dan bidang animasi game yang kian meningkat pertumbuhannya.

Dengan kemampuan tersebut, diharapkan akan bermunculan rumah produksi animasi di Indonesia yang dapat menghasilkan animasi berkualitas yang setara dengan produksi animasi di negara lain saat ini. Selanjutnya sebagai bentuk pengabdian diri kepada masyarakat, bangsa dan negara, program studi Animasi juga menjadikan budaya berbangsa dalam wujud pelestarian budaya lokal sebagai materi pendukung berkebangsaan yang harus dimiliki oleh setiap lulusan dalam setiap karya-karya animasinya.

Dengan keberadaan program studi Sarjana Terapan Animasi ini, Universitas Dian Nuswantoro ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi pada bidang industri kreatif di Indonesia.

Wassalammu’alaikum wr. wb.

 

INFO DAN PENGUMUMAN

Info Akademik
Pengumuman Program Studi
Kalender Akademik

VISI

“Menjadi program studi animasi kelas dunia pada tahun 2025 yang berintegritas dan mampu menghasilkan lulusan cakap karya, teknologi dan wirausaha”

MISI

1. Menegakkan Tridharma Perguruan Tinggi.

2. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional dan bermutu.

3. Menjalin kerja sama antar lembaga di tingkat nasional dan internasional.


AKREDITASI

a.  Memiliki pengetahuan teoritis-konseptual dan ketrampilan analisis di bidang animasi.

b. Menguasai prinsip-prinsip animasi dan mampu mengimpementasikannya dalam pembuatan film animasi maupun animasi game.

c. Menguasai dasar perancangan animasi seperti olah gambar, teknik komputer grafis, dan perangkat komputer terkini di bidang animasi.

d.  Menguasai dasar manajemen dan pengembangan animasi di dalam pembuatan film animasi maupun animasi game.

1.  Sebagai Animator

Meliputi profesi sebagai seniman papan cerita (storyboard artist), pengatur/perancang kunci animasi (Animator keyframe), pembuat animasi inbetween (Animator inbetweener), seniman pembuat karakter/model dwimatra (2D artist), seniman pembuat karakter/model trimatra (3D artist), perancang tokoh/karakter (character designer), perancang tekstur animasi (texture artist), penanggung jawab gerakan animasi 2D (2D animator), penanggung jawab gerakan animasi 3D (3D animator)

2.  Art Director

Meliputi profesi sebagai penulis skenario (script writer), sutradara animasi (animation director),

3.  Sebagai seniman animasi game (game animation artist),

Meliputi profesi perancang game tingkat madya (game designer), perancang tampilan game (game interface designer), juga dapat mencakup kemampuan di profesi animator dan art director pada nomor sebelumnya dalam aplikasi bidang animasi game.

4.  Enterpreneur dalam industri kreatif animasi

Meliputi profesi wirausaha di perusahaan Animasi (Animation Company)Production House, dan Creative Agency.

Mengacu pada Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 tentang deskripsi jenjang kualifikasi KKNI, kualifikasi prodi Sarjana Terapan animasi ini pada level enam (6). Lulusan diharapkan menjadi seorang teknisi/analis animasi yang mempunyai kompetensi dalam mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah bidang animasi. Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka diperlukan capaian pembelajaran sebagai berikut :

1.   Setiap lulusan program studi Sarjana Terapan Animasi memiliki sikap sebagai berikut:

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang baik, serta bermoral keagamaan yang baik
  • Bangga dan cinta tanah air, serta memiliki Jiwa Nasionalisme berkebangsaan dan berkewarganegaraan Indonesia
  • Berwawasan dan memiliki jiwa Pancasila.
  • Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Mampu bekerja sama dalam tim dan berkemampuan manajemen diri yang baik.
  • Berjiwa sosial tinggi, profesional dan mampu menerapkan keahlian dan keilmuannya yang berdaya guna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
  • Menghargai pendapat atau temuan orang lain yang orisinil serta beretika dalam profesi

2.   Setiap lulusan program studi Sarjana Terapan Animasi memiliki kemampuan umum sebagai berikut:

  • Mampu berpikir logis, kritis, dan inovatif dalam berkarya di bidang animasi sesuai dengan standar kompetensi
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berkarya dan menyusunnya dalam sebuah hasil kerja yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
  • Mampu mengembangkan diri dan jaringan kerjasama di bidang animasi serta berjiwa wirausaha.
  • Bertanggung jawab terhadap karya animasi dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Berwawasan dan memiliki penguasaan teknologi terkini di bidang animasi.
  • Memiliki rasa estetis yang tinggi dan memiliki wawasan budaya Indonesia khususnya budaya lokal Indonesia.

3.  Disamping kemampuan umum, setiap lulusan program studi Sarjana Terapan Animasi memiliki kemampuan khusus, sebagai berikut:

  • Menguasai teknik animasi yang baik dalam pembuatan film animasi maupun animasi game.
  • Memiliki kemampuan dalam perencanaan, implementasi, dan pengembangan animasi dalam dunia kerja dan bisnis.
  • Mampu menyelesaikan masalah di bidang animasi dengan memberi usulan penyelesaian berdasarkan data yang tersedia.
  • Mampu berkomunikasi yang baik dalam pengembangan jaringan kerjasama di lingkup bidang animasi maupun di luar bidang animasi.

4. Setiap lulusan program studi Sarjana Terapan Animasi sekurang-kurangnya memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut;

  • Memiliki pengetahuan teoritis-konseptual dan ketrampilan analisis di bidang animasi.
  • Menguasai prinsip-prinsip animasi dan mampu mengimpementasikannya dalam pembuatan film animasi maupun animasi game.
  • Menguasai dasar perancangan animasi seperti olah gambar, teknik komputer grafis, dan perangkat komputer terkini di bidang animasi.
  • Menguasai dasar manajemen dan pengembangan animasi di dalam pembuatan film animasi maupun animasi game.

AKTIVITAS

DOSEN

No Nama NIDN Pendidikan Terakhir Jabatan
1 SUGIYANTO, M.Kom0630047401Universitas Dian NuswantoroLektor
2Dr. KHAFIIZH HASTUTI, M.Kom0604097902UdinusLektor
3 DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd0626107902Univ. Muhamadiyah SurakartaTenaga Pengajar
4 NUR ROKHMAN, S.Sn, M.Kom0617058701Udinus SemarangTenaga Pengajar

MATAKULIAH

Kode MTK Nama Mata Kuliah T/P SKS Smt Silabus RPKPS
A17.1B103 PENGANTAR ANIMASI T 2 1 Ada Ada
A17.1B604 Sertifikasi I P 4 6 Ada Ada
A17.1B704 Sertifikasi II P 4 7 Ada Ada

PENELITIAN MAHASISWA

No Nama Alumni Judul Skripsi Wisuda Ke Abstrak

PENELITIAN DOSEN

No Judul Ketua Peneliti Tahun
1 RULE-BASED EXPERT SYSTEMS UNTUK KOMPOSISI MUSIK GAMELAN JAWA KHAFIIZH HASTUTI 2017
2 Sistem Informasi Pengelolaan Dokumen Tangible Cultural Hetitage KHAFIIZH HASTUTI 2014
3 SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN TANGIBLE CULTURAL HERITAGE KHAFIIZH HASTUTI 2014
4 IbM Kelurahan Kembangarum Semarang Dalam Memanfaatkan Internet Yang Aman, Sehat dan Berbudaya KHAFIIZH HASTUTI 2014
5 IbM Madrasah Aliyah (MA) Al Ashor Gunungpati Semarang SUGIYANTO 2014
6 Komparasi Algoritma Klasi1asi Data Mining Untuk Prediksi Mahasiswa Non Aktif KHAFIIZH HASTUTI 2013
7 PURWARUPA TANGIBLE CULTURAL HERITAGE DOCUMENTATION BERBASIS DATABASE MULTIMEDIA KHAFIIZH HASTUTI 2013
8 Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Prediksi Mahasiswa Non Aktif KHAFIIZH HASTUTI 2013
9 Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan Kuliah Berbasis Profil dan Minat Siswa untuk Mengantisipasi Kesalahan Pemilihan Jurusan Calon Mahasiswa Baru KHAFIIZH HASTUTI
10 Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan Kuliah Berbasis Profil dan Minat Siswa untuk Mengantisipasi Kesalahan Pemilihan Jurusan Calon Mahasiswa Baru KHAFIIZH HASTUTI

Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)