PROGRAM STUDI
Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
KHAMADI S.Sn, M. Ds
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Prodi DKV mendapat ijin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor : 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.
VISI & MISI
Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
Visi
Mengembangkan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang unggul di bidang Multimedia Kreatif dan kewirausahaan dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan dan kearifan masyarakat.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang berkualitas dan berwawasan global berbasis kreatifitas pada pengembangan teknologi multimedia dan kewirausahaan;
2. Melaksanakan penelitian di bidang desain komunikasi visual dan multimedia kreatif yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan tetap berpegang pada kearifan budaya lokal;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan keilmuan desain komunikasi visual dan multimedia kreatif dalam memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat dan industri;
4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan industri kreatif.
AKREDITASI
Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
PROFIL LULUSAN
Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
Graphic Designer
Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.
Photographer
Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.
Copy Writer
Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.
Illustrator
Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.
Art Director
Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll
Creativepreneur
Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
Kurikulum
Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | F14.27102 | Nirmana | 3 | 1 |
2 | F14.27303 | Creative Writing | 2 | 1 |
3 | F14.27103 | Gambar Teknik | 2 | 1 |
4 | F14.27307 | Teknik Presentasi | 2 | 1 |
5 | U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
6 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
7 | F14.27101 | Tipografi | 2 | 1 |
8 | F14.27104 | Pengantar DKV | 2 | 1 |
9 | F14.27106 | Sketsa | 2 | 1 |
10 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
11 | F14.27202 | Menggambar I | 3 | 2 |
12 | F14.27204 | Sejarah DKV | 2 | 2 |
13 | F14.27203 | Komputer Grafis I | 2 | 2 |
14 | F14.27201 | Tipografi Aplikatif | 2 | 2 |
15 | F14.27207 | Tinjauan Desain | 2 | 2 |
16 | F14.27408 | Metode Produksi Grafika I | 2 | 2 |
17 | F14.27205 | Strategi Komunikasi | 2 | 2 |
18 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 2 |
19 | F14.27206 | Estetika | 2 | 2 |
20 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 2 |
21 | F14.27505 | Metode Produksi Grafika II | 2 | 3 |
22 | F14.27504 | Kritik Desain | 2 | 3 |
23 | F14.27306 | Psikologi Persepsi | 2 | 3 |
24 | F14.27302 | Menggambar II | 3 | 3 |
25 | F14.27605 | Creative Entrepreunership | 2 | 3 |
26 | F14.27304 | Komputer Grafis II | 2 | 3 |
27 | F14.27305 | Fotografi I | 3 | 3 |
28 | F14.27301 | Desain Komunikasi Visual I | 6 | 3 |
29 | F14.27404 | Ilustrasi | 2 | 4 |
30 | C12.02207 | Budaya dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang | 2 | 4 |
31 | F14.27406 | Metodologi Desain | 2 | 4 |
32 | F14.27405 | Fotografi II | 3 | 4 |
33 | C11.38601 | Subtitling | 2 | 4 |
34 | B11.6405 | Pemasaran Digital | 3 | 4 |
35 | F14.27604 | Multimedia | 2 | 4 |
36 | F14.27401 | Desain Komunikasi Visual II | 6 | 4 |
37 | F14.27602 | Pemodelan 3D | 2 | 4 |
38 | F14.27402 | Desain Web | 2 | 4 |
39 | F14.27403 | Sinematografi | 2 | 4 |
40 | E125908 | Pengembangan Produk Berbasis Budaya | 3 | 4 |
41 | A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | 3 | 4 |
42 | F14.27710 | Kajian Budaya | 2 | 5 |
43 | N201705 | Pendidikan Agama | 2 | 5 |
44 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 5 |
45 | F14.27502 | Visual Storytelling | 2 | 5 |
46 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 5 |
47 | F14.27503 | Audio Visual | 4 | 5 |
48 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 5 |
49 | F14.27607 | Media Interaktif | 2 | 5 |
50 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 5 |
51 | F14.27716 | Desain Produk | 2 | 5 |
52 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 5 |
53 | F14.27507 | Teori Periklanan | 2 | 5 |
54 | F14.27606 | Dasar Pemrograman Multimedia | 2 | 5 |
55 | F14.27613 | Dasar Pemrograman Game | 2 | 5 |
56 | F14.27712 | Projek Animasi 3D | 4 | 5 |
57 | N201706 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
58 | F14.27501 | Desain Komunikasi Visual III | 6 | 5 |
59 | F14.27612 | Teori Animasi | 2 | 5 |
60 | F14.27715 | Pemasaran dan Perilaku Konsumen | 2 | 5 |
61 | F14.27614 | Interaksi Manusia & Komputer | 2 | 5 |
62 | F14.27611 | Manajemen Skenario Animasi | 2 | 5 |
63 | F14.27609 | Bahasa Visual | 2 | 6 |
64 | N201707 | Pancasila | 2 | 6 |
65 | F14.27608 | Komunikasi Visual Periklanan | 4 | 6 |
66 | F14.27711 | Projek Animasi 2D | 4 | 6 |
67 | F14.27615 | Fotografi Desain | 3 | 6 |
68 | F14.27601 | Desain Komunikasi Visual IV | 6 | 6 |
69 | F14.27713 | Game Design Development | 2 | 6 |
70 | F14.27603 | Animasi 2D | 4 | 6 |
71 | F14.27610 | Komunikasi Grafis | 4 | 6 |
72 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
73 | F14.27616 | Publising | 2 | 6 |
74 | F14.27714 | Pemrograman Game | 4 | 6 |
75 | F14.27707 | Portofolio Industri | 4 | 7 |
76 | F14.27709 | Desain Ornamen | 2 | 7 |
77 | F14.27706 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
78 | F14.27717 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
79 | F14.27718 | Portofolio Industri | 4 | 7 |
80 | F14.27719 | Manajemen Desain Industri | 2 | 7 |
81 | F14.27720 | Etika Profesi Industri | 2 | 7 |
82 | F14.27702 | Kerja Praktek | 2 | 7 |
83 | F14.27705 | Etika Profesi | 2 | 7 |
84 | F14.27708 | Visual Merchandising | 4 | 7 |
85 | F14.27703 | Bimbingan Karir | 2 | 7 |
86 | F14.27704 | Manajemen Desain | 2 | 7 |
87 | F14.27701 | Kolokium | 4 | 7 |
88 | F14.27801 | Tugas Akhir | 8 | 8 |