PROGRAM STUDI

Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

Khamadi, S.Sn., M.Ds.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang DKV. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karier Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.

Seperti yang diketahui, Program Studi DKV FIK Udinus mendapat izin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor: 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.

Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.

Salam,

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri

Khamadi, S.Sn., M.Ds.

VISI & MISI

Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

Visi

Mengembangkan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang unggul di bidang Multimedia Kreatif dan kewirausahaan dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan dan kearifan masyarakat.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang berkualitas dan berwawasan global berbasis kreatifitas pada pengembangan teknologi multimedia dan kewirausahaan; 

2. Melaksanakan penelitian di bidang desain komunikasi visual dan multimedia kreatif yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan tetap berpegang pada kearifan budaya lokal; 

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan keilmuan desain komunikasi visual dan multimedia kreatif dalam memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat dan industri; 

4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan industri kreatif.

    AKREDITASI

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    Graphic Designer

    Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.

    Photographer

    Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.

    j

    Copy Writer

    Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.

    Illustrator

    Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.

    Art Director

    Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll

    Creativepreneur

    Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    Kurikulum

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 F14.37105 Penulisan Kreatif 2 1
    2 F14.37104 Sketsa 3 1
    3 F14.37102 Nirmana 3 1
    4 AF201704 Dasar-Dasar Komputasi 2 1
    5 U201704 Pengantar Teknologi Informasi 2 1
    6 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 1
    7 F14.37106 Keterampilan Presentasi 2 1
    8 F14.37101 Tipografi 2 1
    9 F14.37103 Pengantar Desain Komunikasi Visual 2 1
    10 F14.37203 Grafis Komputer 2 2
    11 F14.37202 Gambar Bentuk & Figur 4 2
    12 AF201703 Technopreneurship 2 2
    13 F14.37205 Estetika Desain 2 2
    14 F14.37201 Tipografi Aplikatif 2 2
    15 F14.37206 Tinjauan Desain 2 2
    16 F14.37207 Reprografika 4 2
    17 F14.37204 Strategi Komunikasi 2 2
    18 F14.37307 Desain Publikasi 3 3
    19 F14.37306 Desain Antarmuka / Pengalaman Pengguna 3 3
    20 F14.37302 Fotografi Dasar 3 3
    21 F14.37303 Psikologi Persepsi 2 3
    22 F14.37301 Desain Informasi 4 3
    23 F14.37305 Ilustrasi 3 3
    24 F14.37304 Kritik Desain 2 3
    25 F14.37404 Fotografi Pencahayaan Buatan 3 4
    26 F14.37403 Audiovisual Dasar 2 4
    27 F14.37406 Pemodelan 3D 4 4
    28 F14.37405 Metodologi Desain 2 4
    29 F14.37401 Desain Identitas Visual 4 4
    30 F14.37402 Desain Web 2 4
    31 F14.37407 Multimedia 3 4
    32 F14.37507 Proyek Media Imersif 4 5
    33 F14.37508 Proyek Desain Produk 4 5
    34 F14.37509 Proyek Game 4 5
    35 F14.37501 Desain Persuasi Sosial 4 5
    36 F14.37510 Proyek Desain AI Generatif 4 5
    37 F14.37502 Penceritaan Visual 4 5
    38 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 5
    39 F14.37503 Produksi Audiovisual 4 5
    40 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 5
    41 F14.37504 Teori Periklanan 2 5
    42 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 5
    43 F14.37505 Fotografi Komersial 3 5
    44 F14.37506 Proyek Tata Visual Produk 4 5
    45 F14.37602 Grafis Bergerak 4 6
    46 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    47 F14.37606 Proyek Animasi 4 6
    48 N201707 Pendidikan Pancasila 2 6
    49 F14.37601 Desain Persuasi Komersial 4 6
    50 F14.37604 Proyek Grafis Lingkungan 4 6
    51 F14.37605 Proyek Desain Kemasan 4 6
    52 F14.37603 Proyek Konten Kreatif 4 6
    53 AF201702 Literasi Informasi 2 6
    54 N201702 Bahasa Inggris 2 7
    55 F14.37703 Bimbingan Karier 2 7
    56 F14.37701 Kolokium 4 7
    57 F14.37708 Manajemen Desain Industri 2 7
    58 F14.37705 Etika Profesi 2 7
    59 F14.37707 Portofolio Industri 4 7
    60 F14.37702 Kerja Praktek 2 7
    61 F14.37706 Kuliah Kerja Industri 4 7
    62 N201706 Pendidikan Kewarganegaraan 2 7
    63 F14.37709 Etika Profesi Industri 2 7
    64 F14.37704 Manajemen Desain 2 7
    65 F14.37801 Tugas Akhir 6 8
    66 F14.37802 Pameran 2 8