PROGRAM STUDI

Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

Khamadi, S.Sn., M.Ds.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang DKV. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karier Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.

Seperti yang diketahui, Program Studi DKV FIK Udinus mendapat izin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor: 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.

Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.

Salam,

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri

Khamadi, S.Sn., M.Ds.

VISI & MISI

Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

Visi

Mengembangkan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang unggul di bidang Multimedia Kreatif dan kewirausahaan dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan dan kearifan masyarakat.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan desain komunikasi visual yang berkualitas dan berwawasan global berbasis kreatifitas pada pengembangan teknologi multimedia dan kewirausahaan; 

2. Melaksanakan penelitian di bidang desain komunikasi visual dan multimedia kreatif yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan tetap berpegang pada kearifan budaya lokal; 

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan keilmuan desain komunikasi visual dan multimedia kreatif dalam memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat dan industri; 

4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan industri kreatif.

    AKREDITASI

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    Graphic Designer

    Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.

    Photographer

    Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.

    j

    Copy Writer

    Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.

    Illustrator

    Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.

    Art Director

    Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll

    Creativepreneur

    Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    Kurikulum

    Program Studi Desain Komunikasi Visual Kediri – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 F14.27102 Nirmana 3 1
    2 F14.27303 Creative Writing 2 1
    3 F14.27103 Gambar Teknik 2 1
    4 F14.27307 Teknik Presentasi 2 1
    5 U201704 Pengantar Teknologi Informasi 2 1
    6 AF201704 Dasar Dasar Komputasi 2 1
    7 F14.27101 Tipografi 2 1
    8 N201702 Bahasa Inggris 2 1
    9 F14.27104 Pengantar DKV 2 1
    10 F14.27106 Sketsa 2 1
    11 AF201702 Literasi Informasi 2 2
    12 F14.27206 Estetika 2 2
    13 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 2
    14 F14.27202 Menggambar I 3 2
    15 F14.27204 Sejarah DKV 2 2
    16 F14.27203 Komputer Grafis I 2 2
    17 F14.27201 Tipografi Aplikatif 2 2
    18 F14.27207 Tinjauan Desain 2 2
    19 F14.27408 Metode Produksi Grafika I 2 2
    20 F14.27205 Strategi Komunikasi 2 2
    21 F14.27301 Desain Komunikasi Visual I 6 3
    22 F14.27505 Metode Produksi Grafika II 2 3
    23 F14.27504 Kritik Desain 2 3
    24 F14.27306 Psikologi Persepsi 2 3
    25 F14.27302 Menggambar II 3 3
    26 F14.27605 Creative Entrepreunership 2 3
    27 F14.27304 Komputer Grafis II 2 3
    28 F14.27305 Fotografi I 3 3
    29 F14.27404 Ilustrasi 2 4
    30 F14.27406 Metodologi Desain 2 4
    31 F14.27405 Fotografi II 3 4
    32 F14.27604 Multimedia 2 4
    33 F14.27401 Desain Komunikasi Visual II 6 4
    34 F14.27602 Pemodelan 3D 2 4
    35 F14.27402 Desain Web 2 4
    36 F14.27403 Sinematografi 2 4
    37 F14.27503 Audio Visual 4 5
    38 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 5
    39 F14.27607 Media Interaktif 2 5
    40 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 5
    41 F14.27716 Desain Produk 2 5
    42 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 5
    43 F14.27507 Teori Periklanan 2 5
    44 F14.27606 Dasar Pemrograman Multimedia 2 5
    45 F14.27613 Dasar Pemrograman Game 2 5
    46 F14.27712 Projek Animasi 3D 4 5
    47 F14.27501 Desain Komunikasi Visual III 6 5
    48 F14.27612 Teori Animasi 2 5
    49 F14.27614 Interaksi Manusia & Komputer 2 5
    50 F14.27715 Pemasaran dan Perilaku Konsumen 2 5
    51 N201706 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 5
    52 F14.27611 Manajemen Skenario Animasi 2 5
    53 F14.27710 Kajian Budaya 2 5
    54 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 5
    55 F14.27502 Visual Storytelling 2 5
    56 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 5
    57 F14.27608 Komunikasi Visual Periklanan 4 6
    58 F14.27711 Projek Animasi 2D 4 6
    59 F14.27615 Fotografi Desain 3 6
    60 F14.27601 Desain Komunikasi Visual IV 6 6
    61 F14.27713 Game Design Development 2 6
    62 F14.27603 Animasi 2D 4 6
    63 F14.27610 Komunikasi Grafis 4 6
    64 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    65 F14.27616 Publising 2 6
    66 F14.27714 Pemrograman Game 4 6
    67 F14.27609 Bahasa Visual 2 6
    68 N201707 Pancasila 2 6
    69 F14.27709 Desain Ornamen 2 7
    70 F14.27706 Kuliah Kerja Industri 4 7
    71 F14.27717 Kuliah Kerja Industri 4 7
    72 F14.27718 Portofolio Industri 4 7
    73 F14.27719 Manajemen Desain Industri 2 7
    74 F14.27720 Etika Profesi Industri 2 7
    75 F14.27702 Kerja Praktek 2 7
    76 F14.27705 Etika Profesi 2 7
    77 F14.27703 Bimbingan Karir 2 7
    78 F14.27708 Visual Merchandising 4 7
    79 F14.27704 Manajemen Desain 2 7
    80 F14.27701 Kolokium 4 7
    81 F14.27707 Portofolio Industri 4 7
    82 F14.27801 Tugas Akhir 8 8