PROGRAM STUDI
Desain Komunikasi Visual – S1
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1
Ir. SITI HADIATI NUGRAINI M.Kom, Ph.D.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Prodi DKV mendapat ijin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor : 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.
Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Iklan Kreatif, Multimedia Kreatif, dan Teknologi Game. Prodi DKV menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat berkembang dan mampu berekspansi dan mengeksplorasi ide-ide kreatif serta ide-ide baru dalam bidang desain komunikasi visual. Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, serta menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidangnya. Bidang desain komunikasi visual untuk mahasiswa.
Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah berkarya di berbagai bidang antara lain studio/biro desain, rumah produksi, multimedia, dan sebagai profesional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, dan animator.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Ketua Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D
VISI & MISI
Program Studi Desain Komunkasi Visual – S1
Visi
Menjadi Program Studi pilihan utama dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan teknologi multimedia di Indonesia, yang unggul dan berjiwa entrepreneurship pada tahun 2026
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.
2. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.
3. Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.
AKREDITASI
Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1
PROFIL LULUSAN
Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1
Graphic Designer
Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.
Photographer
Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.
Copy Writer
Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.
Illustrator
Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.
Art Director
Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll
Creativepreneur
Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1
Kurikulum
Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | U201704 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
3 | A14.27104 | PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | 2 | 1 |
4 | A14.27102 | NIRMANA | 3 | 1 |
5 | AF201704 | DASAR-DASAR KOMPUTASI | 2 | 1 |
6 | A14.27307 | TEKNIK PRESENTASI | 2 | 1 |
7 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
8 | A14.27103 | GAMBAR TEKNIK | 2 | 1 |
9 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
10 | A14.27101 | TIPOGRAFI | 2 | 1 |
11 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
12 | A14.27106 | SKETSA | 2 | 1 |
13 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
14 | A14.27303 | CREATIVE WRITING | 2 | 1 |
15 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
16 | A14.27202 | MENGGAMBAR 1 | 3 | 2 |
17 | A14.27204 | SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | 2 | 2 |
18 | A14.27407 | TINJAUAN DESAIN | 2 | 2 |
19 | A14.27203 | KOMPUTER GRAFIS 1 | 2 | 2 |
20 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 2 |
21 | A14.27408 | METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 | 2 | 2 |
22 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 2 |
23 | A14.27206 | ESTETIKA | 2 | 2 |
24 | A14.27201 | TIPOGRAFI APLIKATIF | 2 | 2 |
25 | A14.27205 | STRATEGI KOMUNIKASI | 2 | 2 |
26 | A14.27505 | METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 | 2 | 3 |
27 | A14.27301 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 | 6 | 3 |
28 | A14.27305 | FOTOGRAFI 1 | 3 | 3 |
29 | A14.27306 | PSIKOLOGI PERSEPSI | 2 | 3 |
30 | A14.27605 | CREATIVE ENTREPRENEURSHIP | 2 | 3 |
31 | A14.27304 | KOMPUTER GRAFIS 2 | 2 | 3 |
32 | A14.27302 | MENGGAMBAR 2 | 3 | 3 |
33 | A14.27504 | KRITIK DESAIN | 2 | 3 |
34 | A14.27405 | FOTOGRAFI 2 | 3 | 4 |
35 | A14.27604 | MULTIMEDIA | 2 | 4 |
36 | C11.38601 | Subtitling | 2 | 4 |
37 | A14.27402 | DESAIN WEB | 2 | 4 |
38 | A14.27602 | PEMODELAN 3D | 2 | 4 |
39 | A14.27401 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 | 6 | 4 |
40 | A14.27404 | ILUSTRASI | 2 | 4 |
41 | E125908 | Pengembangan Produk Berbasis Budaya | 3 | 4 |
42 | A14.27406 | METODOLOGI DESAIN | 2 | 4 |
43 | A14.27403 | SINEMATOGRAFI | 2 | 4 |
44 | A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | 3 | 4 |
45 | C12.02207 | Budaya dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang | 2 | 4 |
46 | B11.6405 | Pemasaran Digital | 3 | 4 |
47 | A14.27611 | MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI | 2 | 5 |
48 | A14.27708 | VISUAL MERCHANDISING | 4 | 5 |
49 | A14.27613 | DASAR PEMROGRAMAN GAME | 2 | 5 |
50 | A14.27507 | TEORI PERIKLANAN | 2 | 5 |
51 | N201706 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
52 | A14.27709 | DESAIN ORNAMEN | 2 | 5 |
53 | A14.27501 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 | 6 | 5 |
54 | A14.27606 | DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA | 2 | 5 |
55 | A14.27715 | PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN | 2 | 5 |
56 | A14.27502 | VISUAL STORYTELLING | 2 | 5 |
57 | A14.27612 | TEORI ANIMASI | 2 | 5 |
58 | A14.27712 | PROYEK ANIMASI 3D | 4 | 5 |
59 | A14.27614 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2 | 5 |
60 | A14.27503 | AUDIO VISUAL | 4 | 5 |
61 | A14.27710 | KAJIAN BUDAYA | 2 | 5 |
62 | A14.27716 | DESAIN PRODUK | 2 | 5 |
63 | A14.27607 | MEDIA INTERAKTIF | 2 | 5 |
64 | A14.27608 | KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN | 4 | 6 |
65 | A14.27711 | PROYEK ANIMASI 2D | 4 | 6 |
66 | A14.27603 | ANIMASI 2D | 4 | 6 |
67 | A14.27714 | PEMROGRAMAN GAME | 4 | 6 |
68 | A14.27610 | KOMUNIKASI GRAFIS | 4 | 6 |
69 | A14.27713 | GAME DESIGN DEVELOPMENT | 2 | 6 |
70 | A14.27609 | BAHASA VISUAL | 2 | 6 |
71 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 6 |
72 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
73 | A14.27707 | PROYEK INTERAKTIF | 4 | 6 |
74 | A14.27601 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 | 6 | 6 |
75 | A14.27706 | NEW MEDIA | 2 | 6 |
76 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
77 | A14.27616 | PUBLISHING | 2 | 6 |
78 | A14.27704 | BIMBINGAN KARIER | 2 | 7 |
79 | A14.27701 | KOLOKIUM | 4 | 7 |
80 | A14.27719 | MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI | 2 | 7 |
81 | A14.27720 | ETIKA PROFESI INDUSTRI | 2 | 7 |
82 | A14.27702 | KERJA PRAKTEK | 2 | 7 |
83 | A14.27718 | PORTOFOLIO INDUSTRI | 4 | 7 |
84 | A14.27717 | KULIAH KERJA INDUSTRI | 4 | 7 |
85 | A14.27705 | ETIKA PROFESI | 2 | 7 |
86 | A14.27703 | MANAJEMEN DESAIN | 2 | 7 |
87 | A14.27801 | TUGAS AKHIR | 8 | 8 |