PROGRAM STUDI

Desain Komunikasi Visual – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

Dr. Sugiyanto, M.Kom.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Prodi DKV mendapat ijin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor : 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.

Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Iklan Kreatif, Multimedia Kreatif, dan Teknologi Game. Prodi DKV menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat berkembang dan mampu berekspansi dan mengeksplorasi ide-ide kreatif serta ide-ide baru dalam bidang desain komunikasi visual. Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, serta menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidangnya. Bidang desain komunikasi visual untuk mahasiswa.

Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah berkarya di berbagai bidang antara lain studio/biro desain, rumah produksi, multimedia, dan sebagai profesional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, dan animator.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Dr. Sugiyanto, M.Kom.

VISI & MISI

Program Studi Desain Komunkasi Visual – S1

Visi

Menjadi Program Studi pilihan utama dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan teknologi multimedia di Indonesia, yang unggul dan berjiwa entrepreneurship pada tahun 2026

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

2. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

3. Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.

    AKREDITASI

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    Graphic Designer

    Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.

    Photographer

    Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.

    j

    Copy Writer

    Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.

    Illustrator

    Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.

    Art Director

    Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll

    Creativepreneur

    Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    Kurikulum

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 1
    2 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 1
    3 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 1
    4 A14.37101 Tipografi 2 1
    5 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 1
    6 A14.37104 Sketsa 3 1
    7 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 1
    8 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 1
    9 A14.37106 Keterampilan Presentasi 2 1
    10 N2017056 PENDIDIKAN AGAMA KONG HU CHU 2 1
    11 U201704 Pengantar Teknologi Informasi 2 1
    12 CF201701 Pengantar Teknologi Informasi 0 1
    13 A14.37102 Nirmana 3 1
    14 A14.37103 Pengantar Desain Komunikasi Visual 2 1
    15 AF201704 Dasar Dasar Komputasi 2 1
    16 A14.37105 Penulisan Kreatif 2 1
    17 A14.37202 Gambar Bentuk & Figur 4 2
    18 A14.37203 Grafis Komputer 2 2
    19 A14.37201 Tipografi Aplikatif 2 2
    20 A14.37204 Strategi Komunikasi 2 2
    21 A14.37206 Tinjauan Desain 2 2
    22 A14.37207 Reprografika 4 2
    23 AF201703 Technopreneurship 2 2
    24 A14.37205 Estetika Desain 2 2
    25 A14.37303 Psikologi Persepsi 2 3
    26 A14.37305 Ilustrasi 3 3
    27 A14.37304 Kritik Desain 2 3
    28 A14.37302 Fotografi Dasar 3 3
    29 A14.37301 Desain Informasi 4 3
    30 A14.37306 Desain Antarmuka / Pengalaman Pengguna 3 3
    31 A14.37307 Desain Publikasi 3 3
    32 A14.37405 Metodologi Desain 2 4
    33 A14.37404 Fotografi Pencahayaan Buatan 3 4
    34 A14.37402 Desain Web 2 4
    35 A14.37401 Desain Identitas Visual 4 4
    36 A14.37407 Multimedia 3 4
    37 A14.37403 Audiovisual Dasar 2 4
    38 A14.37406 Pemodelan 3D 4 4
    39 A14.37501 Desain Persuasi Sosial 4 5
    40 A14.37505 Fotografi Komersial 3 5
    41 A14.37502 Penceritaan Visual 4 5
    42 A14.37503 Produksi Audiovisual 4 5
    43 A14.37508 Proyek Desain Produk 4 5
    44 A14.37510 Proyek Desain AI Generatif 4 5
    45 A14.37509 Proyek Game 4 5
    46 A14.37507 Proyek Media Imersif 4 5
    47 A14.37506 Proyek Tata Visual Produk 4 5
    48 A14.37504 Teori Periklanan 2 5
    49 A14.37605 Proyek Desain Kemasan 4 6
    50 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    51 A14.37603 Proyek Konten Kreatif 4 6
    52 A14.37602 Grafis Bergerak 4 6
    53 A14.37601 Desain Persuasi Komersial 4 6
    54 N201707 Pendidikan Pancasila 2 6
    55 AF201702 Literasi Informasi 2 6
    56 A14.37606 Proyek Animasi 4 6
    57 A14.37604 Proyek Grafis Lingkungan 4 6
    58 N201706 Pendidikan Kewarganegaraan 2 7
    59 N201702 Bahasa Inggris 2 7
    60 A14.37702 Kerja Praktek 2 7
    61 A14.37706 Kuliah Kerja Industri 4 7
    62 A14.37701 Kolokium 4 7
    63 A14.37704 Manajemen Desain 2 7
    64 A14.37705 Etika profesi 2 7
    65 A14.37709 Etika profesi Industri 2 7
    66 A14.37708 Manajemen Desain Industri 2 7
    67 A14.37703 Bimbingan Karier 2 7
    68 A14.37707 Portofolio Industri 4 7
    69 A14.37801 Tugas Akhir 6 8
    70 A14.37802 Pameran 2 8