PROGRAM STUDI
Teknik Informatika – S1
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Teknik Informatika – S1
SRI WINARNO Ph.D
Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang teknik informatika, khususnya di bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karir Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.
Berkaitan dengan tuntutan tersebut, Program Studi Teknik Informatika menawarkan fasilitas terbaik untuk membangun karir lulusan sebagai: data scientist junior, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer dan technopreneur. Kurikulum kami memberikan pengetahuan dalam teori dan praktek. Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.
Salam,
Ketua Program Studi Teknik Informatika
Sri Winarno, Ph.D
VISI & MISI
Program Studi Teknik Informatika – S1
Visi
“Menjadi Program Studi yang Unggul di Bidang Informatika, Khususnya Bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Cerdas, yang Berjiwa Technopreunership dan Berwawasan Internasional pada Tahun 2023”
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang informatika yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.
2. Meningkatkan program penelitian di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas yang berkualitas dan berkelanjutan.
3. Meningkatkan program pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.
4. Menjalin kerjasama yang berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa, dosen, dan organisasi.
PROFIL LULUSAN
Program Studi Teknik Informatika – S1
Software Engineer
Pemrogram profesional yang menerapkan proses sistematis untuk memahami kebutuhan pengguna, bekerja dengan pengguna dalam merancang dan menulis program sebagai bagian dari tim pengembangan perangkat lunak, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah praktis.
Junior Data Scientist
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu mengidentifikasi pengetahuan, sehingga mendukung peningkatan operasi organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif.
AI Developer
Profesional yang meneliti dan mengembangkan program untuk meniru proses berpikir dan menalar otak secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan dalam bidang tertentu.
Network Engineer
Profesional yang merencanakan pemasangan atau perluasan jaringan komputer, melakukan konfigurasi kompleks pada server, hub, router, dan perangkat jaringan komputer lainnya, menulis skrip atau program untuk mengotomatiskan operasi jaringan.
System Administrator
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola pengoperasian sistem komputer atau jaringan dengan banyak pengguna sehingga dapat berjalan dengan andal dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Game Developer
Profesional yang merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Teknik Informatika – S1
Kurikulum
Program Studi Teknik Informatika – S1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | A11.54302 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | 1 |
2 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
3 | A11.54314 | PEMROGRAMAN BERBASIS WEB | 2 | 1 |
4 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
5 | A11.54403 | ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER | 3 | 1 |
6 | N2017056 | PENDIDIKAN AGAMA KONG HU CHU | 2 | 1 |
7 | U201704 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
8 | A11.64103 | DASAR PEMROGRAMAN | 4 | 1 |
9 | A11.64102 | FISIKA | 4 | 1 |
10 | A11.64104 | KETERAMPILAN INTERPERSONAL | 2 | 1 |
11 | A11.64101 | KALKULUS | 3 | 1 |
12 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 |
13 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
14 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
15 | A11.54101 | KALKULUS 1 | 4 | 1 |
16 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
17 | A11.54105 | DASAR PEMROGRAMAN | 4 | 1 |
18 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
19 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 2 |
20 | A11.54404 | BASIS DATA | 3 | 2 |
21 | A11.54207 | RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL | 2 | 2 |
22 | A11.54408 | Pemrograman Web Lanjut | 2 | 2 |
23 | A11.54405 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3 | 2 |
24 | A11.54406 | LOGIKA INFORMATIKA | 3 | 2 |
25 | A11.64203 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | 2 |
26 | A11.54206 | ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN | 4 | 2 |
27 | A11.64204 | ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA | 4 | 2 |
28 | A11.54102 | FISIKA 1 | 4 | 2 |
29 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 2 |
30 | A11.64202 | ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER | 3 | 2 |
31 | A11.64205 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 3 | 2 |
32 | A11.64201 | MATRIKS DAN RUANG VEKTOR | 3 | 2 |
33 | A11.54306 | STRUKTUR DATA | 4 | 3 |
34 | A11.64305 | PEMROGRAMAN BERBASIS WEB | 2 | 3 |
35 | A11.54506 | SISTEM INFORMASI | 3 | 3 |
36 | A11.64304 | BASIS DATA | 4 | 3 |
37 | A11.54504 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK LANJUT | 3 | 3 |
38 | A11.64306 | SISTEM OPERASI | 3 | 3 |
39 | A11.54608 | PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK | 3 | 3 |
40 | A11.54505 | SISTEM BASIS DATA | 3 | 3 |
41 | A11.54821 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL | 3 | 3 |
42 | A11.54303 | MATRIKS DAN RUANG VEKTOR | 3 | 3 |
43 | N201706 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 3 |
44 | A11.64303 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3 | 3 |
45 | A11.54501 | JARINGAN KOMPUTER | 3 | 3 |
46 | A11.64302 | LOGIKA INFORMATIKA | 3 | 3 |
47 | A11.54508 | STRATEGI ALGORITMA | 3 | 3 |
48 | A11.64301 | PROBABILITAS DAN STATISTIK | 3 | 3 |
49 | A11.64404 | PEMROGRAMAN WEB LANJUT | 2 | 4 |
50 | A11.54507 | SISTEM OPERASI | 3 | 4 |
51 | A11.64402 | JARINGAN KOMPUTER | 3 | 4 |
52 | A11.54806 | DATA MINING | 3 | 4 |
53 | A11.64405 | PEMBELAJARAN MESIN | 3 | 4 |
54 | A11.54301 | PROBABILITAS & STATISTIK | 3 | 4 |
55 | A11.64401 | OTOMATA DAN TEORI BAHASA | 3 | 4 |
56 | A11.54402 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 4 | 4 |
57 | A11.64403 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 4 | 4 |
58 | A11.54605 | KECERDASAN BUATAN | 3 | 4 |
59 | A11.64407 | RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL | 3 | 4 |
60 | A11.54401 | OTOMATA DAN TEORI BAHASA | 3 | 4 |
61 | A11.64406 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 4 |
62 | A11.54845 | PROYEK PERANGKAT LUNAK | 3 | 4 |
63 | A11.54205 | ETIKA PROFESI | 2 | 5 |
64 | A11.54202 | FISIKA 2 | 4 | 5 |
65 | AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | 2 | 5 |
66 | A11.64502 | PENAMBANGAN DATA | 3 | 5 |
67 | A11.54703 | MANAJEMEN PROYEK | 3 | 5 |
68 | A11.64505 | KECERDASAN BUATAN | 3 | 5 |
69 | A11.64504 | MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI | 3 | 5 |
70 | A11.64501 | SISTEM TERDISTRIBUSI | 3 | 5 |
71 | A11.64506 | KRIPTOGRAFI | 3 | 5 |
72 | A11.54503 | KOMPUTER GRAFIK | 3 | 5 |
73 | A11.64503 | SISTEM INFORMASI | 3 | 5 |
74 | A12.66603 | PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI | 3 | 6 |
75 | A11.64604 | ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK | 3 | 6 |
76 | A11.64609 | KOMPUTASI AWAN | 3 | 6 |
77 | A12.66621 | ANALITIKA MEDIA SOSIAL | 4 | 6 |
78 | A11.64607 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL | 3 | 6 |
79 | A11.64606 | KOMPUTER GRAFIK | 3 | 6 |
80 | A14.27608 | KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN | 4 | 6 |
81 | A11.54606 | KRIPTOGRAFI | 3 | 6 |
82 | A11.64608 | SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI | 3 | 6 |
83 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
84 | A11.64610 | SISTEM TERTANAM | 3 | 6 |
85 | A11.54603 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 3 | 6 |
86 | A11.64601 | KOMPUTASI NUMERIK | 3 | 6 |
87 | A11.54607 | METODOLOGI PENELITIAN | 2 | 6 |
88 | A11.64611 | KEAMANAN SISTEM DAN SIBER | 3 | 6 |
89 | A11.54201 | KALKULUS 2 | 4 | 6 |
90 | A11.64602 | PENGEMBANGAN STARTUP DIGITAL | 2 | 6 |
91 | A11.64603 | REKAYASA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK | 3 | 6 |
92 | A11.54609 | SISTEM TERDISTRIBUSI | 3 | 6 |
93 | A11.64605 | PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK | 3 | 6 |
94 | A11.54814 | OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN | 3 | 6 |
95 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 6 |
96 | A11.54834 | WIRELESS AND MOBILE COMPUTING | 3 | 6 |
97 | A11.54829 | SOFTWARE REQUIREMENT ENGINEERING | 3 | 6 |
98 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 6 |
99 | A11.54838 | RISET OPERASI | 3 | 6 |
100 | A11.54836 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL LANJUT | 3 | 6 |
101 | A11.64714 | KOMPUTASI KUANTUM | 3 | 7 |
102 | A11.64713 | ANALISIS DATA | 3 | 7 |
103 | A11.64702 | METODOLOGI PENELITIAN | 2 | 7 |
104 | A11.64703 | BENGKEL KODING | 2 | 7 |
105 | A11.54702 | KERJA PRAKTEK | 2 | 7 |
106 | A11.64704 | TUGAS AKHIR 1 | 2 | 7 |
107 | A11.54701 | BIMBINGAN KARIR | 2 | 7 |
108 | A11.64717 | LINGKUNGAN CERDAS DAN INTELIJEN | 3 | 7 |
109 | A11.54815 | PEMODELAN DAN SIMULASI | 3 | 7 |
110 | A11.64707 | PEMROGRAMAN SISI SERVER | 3 | 7 |
111 | A11.54705 | TUGAS AKHIR 1 | 2 | 7 |
112 | A11.64712 | PENGLIHATAN KOMPUTER DAN ANALISIS CITRA | 3 | 7 |
113 | A11.54823 | SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI | 3 | 7 |
114 | A11.64716 | FORENSIK DIGITAL | 3 | 7 |
115 | A11.54837 | GAME PROGRAMMING | 3 | 7 |
116 | A11.64715 | MANAJEMEN JARINGAN | 3 | 7 |
117 | A11.54812 | METODE NUMERIK | 3 | 7 |
118 | A11.64705 | JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK | 3 | 7 |
119 | A11.54835 | NETWORK MANAGEMENT | 3 | 7 |
120 | A11.64708 | PEMROSESAN BAHASA ALAMI BERBASIS TEKS | 3 | 7 |
121 | A11.64710 | PEMROGRAMAN GAME | 3 | 7 |
122 | A11.54828 | SOFTWARE QUALITY AND TESTING | 3 | 7 |
123 | A11.64709 | PEMROSESAN BAHASA ALAMI BERBASIS UCAPAN | 3 | 7 |
124 | A11.64711 | PENGEMBANGAN GAME | 3 | 7 |
125 | A11.64718 | INTERNET OF THINGS | 3 | 7 |
126 | A11.64706 | PEMROGRAMAN SISI KLIEN | 3 | 7 |
127 | A11.64701 | KERJA PRAKTEK | 2 | 7 |
128 | A11.64802 | ETIKA PROFESI | 2 | 7 |
129 | A11.54801 | TUGAS AKHIR 2 | 4 | 8 |
130 | A11.64803 | TUGAS AKHIR 2 | 4 | 8 |
131 | A11.64801 | BIMBINGAN KARIR | 2 | 8 |