PROGRAM STUDI

Teknik Informatika – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Teknik Informatika – S1

SRI WINARNO Ph.D

Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang teknik informatika, khususnya di bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karir Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.

Berkaitan dengan tuntutan tersebut, Program Studi Teknik Informatika menawarkan fasilitas terbaik untuk membangun karir lulusan sebagai: data scientist junior, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer dan technopreneur. Kurikulum kami memberikan pengetahuan dalam teori dan praktek. Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.

Salam,

Ketua Program Studi Teknik Informatika

Sri Winarno, Ph.D

VISI & MISI

Program Studi Teknik Informatika – S1

Visi

“Menjadi Program Studi yang Unggul di Bidang Informatika, Khususnya Bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Cerdas, yang Berjiwa Technopreunership dan Berwawasan Internasional pada Tahun 2023”

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang informatika yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.

2. Meningkatkan program penelitian di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas yang berkualitas dan berkelanjutan.

3. Meningkatkan program pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.

4. Menjalin kerjasama yang berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa, dosen, dan organisasi.

 

    AKREDITASI

    Program Studi Teknik Informatika – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Teknik Informatika – S1

    Software Engineer

    Pemrogram profesional yang menerapkan proses sistematis untuk memahami kebutuhan pengguna, bekerja dengan pengguna dalam merancang dan menulis program sebagai bagian dari tim pengembangan perangkat lunak, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah praktis.

    Junior Data Scientist

    Profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu mengidentifikasi pengetahuan, sehingga mendukung peningkatan operasi organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif.

    AI Developer

    Profesional yang meneliti dan mengembangkan program untuk meniru proses berpikir dan menalar otak secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan dalam bidang tertentu.

    Network Engineer

    Profesional yang merencanakan pemasangan atau perluasan jaringan komputer, melakukan konfigurasi kompleks pada server, hub, router, dan perangkat jaringan komputer lainnya, menulis skrip atau program untuk mengotomatiskan operasi jaringan.

    System Administrator

    Profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola pengoperasian sistem komputer atau jaringan dengan banyak pengguna sehingga dapat berjalan dengan andal dan memenuhi kebutuhan pengguna.

    Game Developer

    Profesional yang merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Teknik Informatika – S1

    Kurikulum

    Program Studi Teknik Informatika – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 AF201704 Dasar Dasar Komputasi 2 1
    2 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 1
    3 A11.54101 KALKULUS 1 4 1
    4 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 1
    5 A11.54105 DASAR PEMROGRAMAN 4 1
    6 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 1
    7 A11.54302 MATEMATIKA DISKRIT 3 1
    8 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 1
    9 A11.54314 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB 2 1
    10 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 1
    11 A11.54403 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER 3 1
    12 N2017056 PENDIDIKAN AGAMA KONG HU CHU 2 1
    13 U201704 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 2 1
    14 A11.64103 DASAR PEMROGRAMAN 4 1
    15 A11.64102 FISIKA 4 1
    16 A11.64104 KETERAMPILAN INTERPERSONAL 2 1
    17 A11.64101 KALKULUS 3 1
    18 N201701 Bahasa Indonesia 2 1
    19 A11.54206 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 4 2
    20 A11.64204 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA 4 2
    21 A11.54102 FISIKA 1 4 2
    22 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 2
    23 A11.64202 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER 3 2
    24 A11.64205 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 3 2
    25 A11.64201 MATRIKS DAN RUANG VEKTOR 3 2
    26 N201707 PENDIDIKAN PANCASILA 2 2
    27 A11.54404 BASIS DATA 3 2
    28 A11.54207 RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL 2 2
    29 A11.54408 Pemrograman Web Lanjut 2 2
    30 A11.54405 REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 2
    31 A11.54406 LOGIKA INFORMATIKA 3 2
    32 A11.64203 MATEMATIKA DISKRIT 3 2
    33 A11.54505 SISTEM BASIS DATA 3 3
    34 A11.54821 PENGOLAHAN CITRA DIGITAL 3 3
    35 A11.54303 MATRIKS DAN RUANG VEKTOR 3 3
    36 N201706 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 3
    37 A11.64303 REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 3
    38 A11.54501 JARINGAN KOMPUTER 3 3
    39 A11.64302 LOGIKA INFORMATIKA 3 3
    40 A11.54508 STRATEGI ALGORITMA 3 3
    41 A11.64301 PROBABILITAS DAN STATISTIK 3 3
    42 A11.54306 STRUKTUR DATA 4 3
    43 A11.64305 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB 2 3
    44 A11.54506 SISTEM INFORMASI 3 3
    45 A11.64304 BASIS DATA 4 3
    46 A11.54504 REKAYASA PERANGKAT LUNAK LANJUT 3 3
    47 A11.64306 SISTEM OPERASI 3 3
    48 A11.54608 PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK 3 3
    49 A11.54401 OTOMATA DAN TEORI BAHASA 3 4
    50 A11.64406 SISTEM BASIS DATA 2 4
    51 A11.54845 PROYEK PERANGKAT LUNAK 3 4
    52 A11.64404 PEMROGRAMAN WEB LANJUT 2 4
    53 A11.54507 SISTEM OPERASI 3 4
    54 A11.64402 JARINGAN KOMPUTER 3 4
    55 A11.54806 DATA MINING 3 4
    56 A11.64405 PEMBELAJARAN MESIN 3 4
    57 A11.54301 PROBABILITAS & STATISTIK 3 4
    58 A11.64401 OTOMATA DAN TEORI BAHASA 3 4
    59 A11.54402 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 4 4
    60 A11.64403 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 4 4
    61 A11.54605 KECERDASAN BUATAN 3 4
    62 A11.64407 RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL 3 4
    63 A11.64502 PENAMBANGAN DATA 3 5
    64 A11.54703 MANAJEMEN PROYEK 3 5
    65 A11.64505 KECERDASAN BUATAN 3 5
    66 A11.64504 MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI 3 5
    67 A11.64501 SISTEM TERDISTRIBUSI 3 5
    68 A11.64506 KRIPTOGRAFI 3 5
    69 A11.54503 KOMPUTER GRAFIK 3 5
    70 A11.64503 SISTEM INFORMASI 3 5
    71 A11.54205 ETIKA PROFESI 2 5
    72 A11.54202 FISIKA 2 4 5
    73 AF201703 TECHNOPRENEURSHIP 2 5
    74 A11.54609 SISTEM TERDISTRIBUSI 3 6
    75 A11.64603 REKAYASA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK 3 6
    76 A11.64605 PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK 3 6
    77 A11.54814 OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN 3 6
    78 AF201702 Literasi Informasi 2 6
    79 A11.54834 WIRELESS AND MOBILE COMPUTING 3 6
    80 A11.54829 SOFTWARE REQUIREMENT ENGINEERING 3 6
    81 N201702 Bahasa Inggris 2 6
    82 A11.54838 RISET OPERASI 3 6
    83 A11.54836 PENGOLAHAN CITRA DIGITAL LANJUT 3 6
    84 A12.66603 PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI 3 6
    85 A11.64604 ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK 3 6
    86 A12.66621 ANALITIKA MEDIA SOSIAL 4 6
    87 A11.64609 KOMPUTASI AWAN 3 6
    88 A11.64607 PENGOLAHAN CITRA DIGITAL 3 6
    89 A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN 4 6
    90 A11.54606 KRIPTOGRAFI 3 6
    91 A11.64606 KOMPUTER GRAFIK 3 6
    92 A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN 3 6
    93 A11.64608 SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI 3 6
    94 A11.54603 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 3 6
    95 A11.64610 SISTEM TERTANAM 3 6
    96 A11.54607 METODOLOGI PENELITIAN 2 6
    97 A11.64601 KOMPUTASI NUMERIK 3 6
    98 A11.54201 KALKULUS 2 4 6
    99 A11.64611 KEAMANAN SISTEM DAN SIBER 3 6
    100 A11.64602 PENGEMBANGAN STARTUP DIGITAL 2 6
    101 A11.64715 MANAJEMEN JARINGAN 3 7
    102 A11.54812 METODE NUMERIK 3 7
    103 A11.64705 JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK 3 7
    104 A11.54835 NETWORK MANAGEMENT 3 7
    105 A11.64710 PEMROGRAMAN GAME 3 7
    106 A11.54828 SOFTWARE QUALITY AND TESTING 3 7
    107 A11.64708 PEMROSESAN BAHASA ALAMI BERBASIS TEKS 3 7
    108 A11.64711 PENGEMBANGAN GAME 3 7
    109 A11.64709 PEMROSESAN BAHASA ALAMI BERBASIS UCAPAN 3 7
    110 A11.64718 INTERNET OF THINGS 3 7
    111 A11.64706 PEMROGRAMAN SISI KLIEN 3 7
    112 A11.64802 ETIKA PROFESI 2 7
    113 A11.64701 KERJA PRAKTEK 2 7
    114 A11.64714 KOMPUTASI KUANTUM 3 7
    115 A11.64713 ANALISIS DATA 3 7
    116 A11.64702 METODOLOGI PENELITIAN 2 7
    117 A11.54702 KERJA PRAKTEK 2 7
    118 A11.64703 BENGKEL KODING 2 7
    119 A11.64704 TUGAS AKHIR 1 2 7
    120 A11.54701 BIMBINGAN KARIR 2 7
    121 A11.64717 LINGKUNGAN CERDAS DAN INTELIJEN 3 7
    122 A11.54815 PEMODELAN DAN SIMULASI 3 7
    123 A11.64707 PEMROGRAMAN SISI SERVER 3 7
    124 A11.54705 TUGAS AKHIR 1 2 7
    125 A11.64712 PENGLIHATAN KOMPUTER DAN ANALISIS CITRA 3 7
    126 A11.54823 SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI 3 7
    127 A11.64716 FORENSIK DIGITAL 3 7
    128 A11.54837 GAME PROGRAMMING 3 7
    129 A11.54801 TUGAS AKHIR 2 4 8
    130 A11.64803 TUGAS AKHIR 2 4 8
    131 A11.64801 BIMBINGAN KARIR 2 8